PanduanBs
Home » News » 5 Media Presentasi yang Menarik dan Tidak Membosankan

5 Media Presentasi yang Menarik dan Tidak Membosankan

Media Presentasi yang Menarik dan Tidak Membosankan

Buat kamu para pelajar, mahasiswa, atau yang sudah terjun di dunia kerja tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya presentasi. Setiap pasti orang menginginkan media presentasi yang menarik. Presentasi adalah kegiatan menjelaskan atau menyajikan suatu materi di hadapan umum, menyampaikannya sehingga bisa dipahami. Buat yang udah terbiasa presentasi, tentu sudah nggak asing lagi dengan aplikasi yang namanya Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini sudah sangat sering kita jumpai di setiap presentasi, tapi kamu tau nggak sih? sebenarnya ada banyak aplikasi lain yang bisa jadi alternatif dari PowerPoint, biar presentasimu jadi lebih ciamik dan nggak ngebosenin. Berikut tim Panduanbs rangkum dalam 5 Media Aplikasi Presentasi yang menarik dan Tidak Membosankan.

1. Google Slide

Google Slide Media Aplikasi Menarik
Google Slide – pic from Glints

Rekomendasi yang pertama adalah Google Slide. Google Slide adalah platform presentasi besutan Google. Konsep dari Google Slide adalah aplikasi cloud, kelebihan dari aplikasi ini kamu nggak perlu khawatir dan nyimpan file presentasimu di penyimpanan lokal. Cukup terkoneksi ke internet dan masuk ke akun gmail kamu bisa langsung pakai Google Slide ini.

Sementara kekurangan dari Google Slide ini adalah sedikitnya tema default yang tersedia. Tapi tenang saja, kamu tetep bisa custom tema sesuai seleramu di Gooogle Slide ini. Kalau kamu pakai Google Slide lewat smartphone, sebaiknya download dulu aplikasinya di Playstore atau Appstore. Tapi kalau kamu pakai lewat desktop, kamu cukup langsung kunjungi situsnya langsung lewat browser. Kelebihan lain dari Google Slide adalah memungkinkan penggunanya untuk berkolaborasi. Jadi kamu bisa bikin presentasi bareng teman atau kelompokmu dalam satu file yang sama.

Kelebihan Google Slide

  1. Tidak perlu di simpan di penyimpanan lokal atau memori.
  2. Mudah dalam penggunaan, cukup sediakan gmail dan koneksi internet.
  3. Aplikasi ini gratis.
  4. Bisa melakukan kolaborasi secara realtime dengan pengguna lain dalam satu file.

Kekurangan Google Slide

  1. Harus menggunakan koneksi internet.
  2. Butuh instal aplikasi untuk penggunaan versi mobile atau smartphone.
  3. Hanya tersedia sedikit tema default.

2. Libre Office Impress

LibreOffice Media Presentasi Menarik
Libre Office – pic from wikipedia

Rekomendasi selanjutnya adalah aplikasi bernama Libre Office. Aplikasi ini merupakan bagian dari The Document Foundation. Tampilan dari Libre Office sangat mirip dengan Microsoft PowerPoint. Keunggulan dari Libre Office adalah software ini open-source dan bisa dipakai secara gratis dan legal. Aplikasi ini selalu melakukan update secara berkala untuk meningkatkan fitur-fitur yang tersedia. Libre Office dapat berjalan di Windows, Linux, Mac, Android, dan iOS.

Kelebihan Libre Office

  1. Tampilan mirip dengan Microsoft PowerPoint, sehingga pengguna yang terbiasa dengan PowerPoint akan lebih mudah beradaptasi untuk menggunakan.
  2. Libre Office merupakan aplikasi open-source sehingga bisa digunakan secara GRATIS dan legal.
  3. Karena sifatnya yang open-source, Libre Office memungkinkan customisasi oleh penggunanya.
  4. Bisa digunakan di berbagai platform OS (Windows, Linux, Mac, Android, dan iOS).

Kekurangan Libre Office

  1. Butuh instalasi sehingga cukup memakan memori atau penyimpanan lokal.

3. Canva

Presentasi lebih menarik dengan Canva
Canva – pic from Canva

Mungkin aplikasi Canva sudah nggak asing lagi buat sebagian dari kita. Ya, selain untuk ngedit file gambar, ternyata Canva juga bisa lho buat presentasi. Kalau kamu pakai Canva buat presentasi, sudah tersedia banyak templat yang siap pakai. Canva juga sudah membagi templatenya dalam beberapa kategori, seperti simple, business, dan modern.

Template yang sudah tersedia di Canva juga tergolong unik dan menarik. Selain itu, Canva juga menyediakan fitur upload untuk gambar guna menunjang presentasi kamu. Tapi memang Canva nggak sepenuhnya gratis, ada beberapa fitur yang berbayar. Buat pakai fitur-fitur lanjutan ini, kamu perlu berlangganan Canva Pro.

Kelebihan Canva

  1. Canva memiliki konsep seperti Google Slide, yaitu aplikasi cloud. untuk menggunakannya, kamu perlu koneksi internet.
  2. Nggak cuma menyediakan tools untuk presentasi. di dalam Canva juga ada tools untuk editing foto untuk sosial media dan untuk poster.
  3. Canva menyediakan banyak template siap pakai.

Kekurangan Canva

  1. Konsep aplikasi cloud yang diusung, mengharuskan penggunanya untuk terkoneksi ke internet.
  2. Meski menyediakan banyak fitur, untuk menggunakan fitur penunjang kamu harus berlangganan Canva Pro.

4. Prezi

Prezi Media Presentasi 3D unik
Prezi – Media Presentasi Unik

Sedikit berbeda dengan aplikasi presentasi yang lain, dengan Prezi kamu bisa membuat presentasi yang lebih menarik. Prezi menawarkan fitur non-linear dimana kamu bisa melakukan zoom in dan zoom out di presentasi kamu. Contohnya saat kamu bikin sebuah flow chart, kamu bisa zoom in dan zoom out tiap bagian dari flow chart tersebut. Sehingga penjelasan kamu dapat lebih baik dan jelas karena sudah di highlight melalui fitur zoom in dan zoom out dari Prezi.

Prezi juga mengusung aplikasi berbasis cloud, kamu perlu koneksi internet buat menggunakannya. Dengan Prezi, kamu juga bisa berkolaborasi dengan rekan atau kelompokmu dalam menyusun slide presentasi. Kamu bisa edit file presentasi secara online, kalau sudah selesai tinggal kamu download filenya dan presentasikan secara offline. Prezi juga menyediakan beragam template presentasi yang siap pakai.

Kelebihan Prezi

  1. Merupakan aplikasi cloud yang memungkinkan pengguna untuk saling berkolaborasi.
  2. Tersedia banyak template siap pakai.
  3. Memiliki fitur animasi zoom in dan zoom out, sehingga presentasi dapat lebih jelas.

Kekurangan Prezi

  1. Memerlukan koneksi internet saat ingin mengedit khusunya berkolaborasi.
  2. Fitur lanjutan mengharuskan untuk berlangganan aplikasi tersebut.
  3. Untuk melakukan presentasi, diperlukan spesifikasi device yang mumpuni. Umumnya karena file presentasi yang dihasilkan akan menampilkan animasi-animasi yang cukup berat, jika devicenya tidak memadai hal ini akan sangat menganggu jalannya presentasi.

5. SlideDog

Slidog - Media Presentasi menarik
Slidog – Media Presentasi

Rekomendasi terakhir untuk 5 Aplikasi Presentasi yang Menarik dan Tidak Membosankan adalah SlideDog. SlideDog merupakan aplikasi presentasi yang bisa kamu coba. SlideDog memiliki keunggulan yaitu mereka mengklaim dapat menggabungkan file presentasi dengan format berbeda yaitu Powerpoint, Prezi, PDF, Excel, hingga Word. Dengan keunggulannya ini, SlideDog sangat menunjang bagi kamu yang ingin melakukan presentasi dengan berbagai platform.

SlideDog juga punya fitur lain yaitu LiveChat dan Audience Feedback. Fitur LiveChat memungkinkan presenter berkomunikasi langsung dengan audience saat presentasi, termasuk menampung tanya jawab. Sedangkan Audience Feedback berguna agar presenter dapat mengetahui feedback dari audience tentang presentasi yang dilakukan.

Kelebihan SlideDog

  1. Dapat menggabungkan file presentasi dari berbagai format.
  2. Terdapat fitur LiveChat dan Audience Feedback.

Kekurangan SlideDog

  1. Untuk menggunakan SlideDog, pengguna diharuskan berlangganan per bulan atau membeli lisensi untuk selamanya.

Kesimpulan

Itulah 5 Media Aplikasi Presentasi yang Menarik dan Tidak Membosankan pilihan tim PANDUANBS. Setiap aplikasi tentu punya batasan dan kelebihan serta kekurangannya masing-masing. yang pasti, kamu bisa memaksimalkan fitur-fitur yang telah disediakan oleh aplikasi-aplikasi tersebut. Sehingga presentasi yang kamu lakukan dapat lebih keren dan berkesan. Jadi mau pakai aplikasi yang mana nih?

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.