PanduanBs
Home » News » Jangan Sampai Ketipu !! Cara Cek Akun Istagram Penipu

Jangan Sampai Ketipu !! Cara Cek Akun Istagram Penipu

cara cek akun instagram palsu

Emangnya ada cara untuk cek akun instagram penipu? Sudah banyak olshop yang menjamah ke instagram. Ini menjadikan kesempatan untuk penipu mencari target. Pernah ngga sih kamu mendapatkan komentar di Instagram yang aneh aneh dari akun yang ngga kita kenal samasekali? Hmmm hati-hati yaa, bisa jadi itu akun Instagram PALSU. Komentar-komentar dari akun Instagram yang disinyalir itu adalah akun palsu ternyata bisa dicek loh. Mau tau caranya? Sebelum itu ada artikel menarik yaitu cara edit foto instagram kekinian line art dan effect partikel gitu.

Lanjut, yuk Simak penjelasannya dari PANDUANBS sampai habis supaya kita ngga ketipu. Aduhhh pasti ngga mau yakan kalau kamu itu kena tipu promosi, ajakan beli barang murah dan lain sebagainya di Instagram. Apalagi sekarang ini banyak kasus penipuan yang tejadi lewat media sosial, penculikan, perampasan harta hingga hipnotis. Kalangan muda yang lemah dan mayoritas menggunakan Instagram lah yang menjadi sasaran para penipu tersebut. Jangan sampai deh hal buruk itu terjadi sama diri kita.

Sebelumnya kita telah membahas tentang Cara Mengetahui Orang yang Unfollow Instagram Kamu. Nah kali ini PANDUANBS bakalan kasih tahu cara cek akun Instagram asli atau palsu. Supaya kita bisa tahu nih, akun yang sering muncul di kolom komentar, beranda, histori kita itu ASLI atau PALSU yaaa??

Sebelum itu baca juga : cara potong foto untuk membuat feed instagram lebih rapi

Cara Cek Akun Instagram PALSU atau ASLI

Cara 1: Melihat Profil

Contoh akun instagram
Contoh akun instagram

Ketika kamu menemukan akn Instagram yang meragukan atau tiba-tiba muncul di beranda kamu dan ngga kenal namanya. Langsung aja cek profil dari akun tersebut. Lihat apakah teman kamu juga memfollow akun tersebut? Jika tidakharap hati-hati dan cek kembali profilnya. Kita bisa melihat deskripsi akun, jumlah followers, jumlah post, dan jumlah following. Jika terdapat kejanggalan misalnya deskripsi yang tidak jelas, jumlah followers dan following tidak sinkron, dan data profil tidak lengkap lebih baik hapus akun tersebut dari following kita.

Cara 2: Identifikasi Spammer

Identifikasi Komentar di akun instagram
Identifikasi Komentar di akun instagram

Mengidentifikasi spammer kita dapat lakukan dengan cara melihat aktifitas komentarnya. Jika komentarnya selalu mengulang pesan dan foto yang sama, serta link ke sebuah website maka harus hati-hati yaa. Jenis komentarnya seperti memberi hadiah, menawarkan produk murah, hingga ajakan dengan iming-imingan hadiah menarik. Hal tersebut dapat dianggap akun palsu, jangan percaya deh sama yang udah kelihatan jelas seperti itu.

Cara 3: Gunakan Aplikasi

Gunakan aplikasi pihak ketiga untuk cara cek akun instagram penipu
Gunakan aplikasi pihak ketiga

Sekarang ini sudah banyak aplikasi untuk membantu kita dalam mendeteksi apakah akun Instagram PALSU atau ASLI loh. Kita dapat cek di Google Play Store atau iStore dengan keyword cek instagram spam atau sebagainya. Aplikasi tersebut biasanya akan mendeteksi followers dan following kita, apakah disana terdapat akun palsu. Jika iya maka akan menampilkan daftar akun yang disinyalir akun tersebut merupakan akun palsu.

Cara 4: Gunakan Search Engine

Cari akun di mbah google
Cari akun di mbah google

Search Engine merupakan salah satu mesin pencarian yang difasilitasi oleh Google. Kita dapat gunakan hal ini untuk mencari tahu kebenaran akan informasi yang tertera pada profil akun Instagram. Misalnya, pada akun Instagram yang kita curigai terdapat info nomor telepon atau nomor rekening, kita dapat menyimpannya kemudian coba deteksi di search engine. Biasanya, setelah kita masukkan data tersebut maka akan muncul beberapa kisah yang sudah tertipu oleh akun yang bersangkutan. Misalnya nomor WhatsApp pada profil akun.

Cara 5: Lihat dan Baca Jumlah Komentar

Lihat dan baca jumlah komentarnya
Lihat dan baca jumlah komentarnya

Akun Instagram PALSU, biasanya menghapus komentar terkait komentar tentang penipuan atau bahkan menhapus semua komentarnya. Beberapa kasus sudah sering terjadi jika korban penipu memberikan komentar tentang penipuan akun tersebut. Namun komentar justru langsung hilang. Jika terdapat komentar, kita perlu mengecek apakah jumlah komentar yang ada sesuai dengan komentar yang muncul pada postingan. Waspada dengan akun yang tidak terdapat komentar atau testimoni yang jelas yaa.

Cara 6: Cek Histori Username Akun Istagram

Orang yang membuat akun Instagram PALSU akan selalu mengganti nama akunnya supaya tidak ketahuan. Untuk itu, kita patut waspada juga akan hal ini. Supaya dapat mengetahui hal tersebut kita harus mengeceknya dengan cara berikut:

  • Buka atau kunjungi akun Instagram seseorang yang hendak kita ketahui apakah nama Instagramnya telah diganti atau tidak
  • Selanjutnya tekan tanda titik 3 pada pojok kanan atas, lalu pilih tentang akun ini
  • Setelah itu, kita lihat sendiri terkait informasi akun tersebut, dan disitulah kita tekan nama pengguna sebelumnya
  • Maka akan tampil riwayat perubahan nama pengguna yang dilakukan oleh pemilik Instagram tersebut, dan disitu tertera juga waktu perubahannya, baik tanggal, bulan dan juga tahunnya

Kesimpulan Cara Cek akun Instagram Penipu

Gimana? Mudah bukan? Yuk cek akun Instagram penipu yang kamu curigai itu PALSU atau ASLI. Kamu dapat melakukan blokir akun tersebut jika dirasa mengganggu dan terbukti penipuan atau PALSU. Laporkan saja akunnya!

Oh iya, bagi kamu yang pengan jadi selebgram bisa nih ikutin tutorial cara edit foto ala ala selebgram gitu. Caranya gampang banget, untuk pemula juga bisa banget dan tentunya cukup menggunakan hp smartphone saja.

Terima kasih sudah mengunjungi PANDUANBS panduan bisa untuk kita semua. Yuk Subscribe YouTube Chanel PANDUANBS untuk tutorial yang lebih menarik dan pastinya mudah dilakukan. Detail banget lagi kalau jelasin, hehe.

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.