PanduanBs
Home » Android » Cara Edit Foto Instagram Kekinian Line art dan Blur

Cara Edit Foto Instagram Kekinian Line art dan Blur

picsart bisa gantikan photoshop

Mau foto kamu di instagram kelihatan kekinian. Tidak perlu aplikasi photoshop yang rumit. Cukup dengan picsart di hp kamu bisa edit foto instagram kekinian. Adanya berbagai macam editor foto yang dapat kita gunakan secara gratis semakin menambah kreatifitas kita dalam menjadikan feed Instagram makin keren. Salah satu aplikasi editor foto gratis yang telah banyak diunduh pengguna android atau ois yaitu PicsArt.

PicsArt merupakan salah satu aplikasi editor foto dan video khusus smartphone. PicsArt telah diunduh lebih dari 1 miliar kali sampai saat ini. Aplikasi ini menyediakan kita berbagai pilihan tools menarik yang dapat mengubah foto atau video kita menjadi lebih keren. Jadi jangan sampai lewatkan kesempatan tutorial dari PANDUANBS yaaa….

Pada tutorial sebelumnya, kita telah mencoba Tutorial Edit Foto Adobe Lightroom Bikin Feed Instagram Kamu Makin OKE. Kali ini PANDUANBS akan memberikan tutorial edit foto menggunakan PicsArt dengan berbagai tools yang disediakan secara gratis. Pastinya nanti akan menambah followers di Instagram kamu nih hehehe. Yuk simak edit foto instagram kekinian sampai selesai yaa.

Tutorial Edit Foto Intagram Kekinian Menggunakan PicsArt

1. Unduh Aplikasi

PicsArt aplikasi edit foto instagram kekinian
Download PicsArt

Pertama yang harus kita lakukan supaya dapat mengedit foto menggunakan PicsArt yaitu kita harus memiliki aplikasi ini di ponsel kita yaaa. Silahkan unduh PicsArt melalui Play Store atau yang lainnya. Kamu juga dapat langsung klik tombol di bawah ini lho…

2. Buka dan Tambahkan Foto

Selanjutnya, setelah aplikasi terpasang di smartphone kita buka aplikasi dan tambahkan foto. Pilih tools berlambangkan simbol tambah “+” di bagian bawah tengah tampilan. Seperti gambar di bawah ini.

Pilih foto yang akan diedit foto instagram kekinian
Tambahkan Foto

3. Gunakan Beberapa Tools

Silahkan selanjutnya kita dapat berkreasi dengan berbagai banyak tools yang sudah disediakan PicsArt untuk mengedit foto. Tools tersebut diantaranya adalah:

A. Filter

PicsArt memberikan banyak sekali pilihan filter untuk kita sebagai penggunanya, mulai dari FLTR (hanya untuk pro), FX, CANVAS, SKETSA, BURAM, ARTISTIK, MAGIS dan lain sebagainya. Pertama kita akan coba filter kekinian yang mungkin kamu pernah melihat hasilnya di beberapa postingan media sosial teman kamu.

1. Filter Sketsa

Untuk mengedit foto dengan menggunakan filter sketsa, kita buka tools Efek -> pilih Sketsa -> klik SKTCH1. Sehingga akan menghasilkan foto sebagai berikut

Pilih efek foto instagram kekinian
Pilih Efek
Pilih SKTCH1 foto instagram kekinian
Pilih SKTCH1
2. Tambahkan Filter dan Hapus Sebagian

Dalam PicsArt, kita dapat memberikan filter namun hanya di bagian yang kita inginkan saja. Atau dapat menghapus area yang ingin tidak dikenakan filter pilihan kita. Caranya sebagai berikut:

  • Tambahkan filter sesuai keinginan kita
  • Pilih simbol penghapus pada bagian atas
  • Kemudian hapus bagian yang tidak ingin kita kenakan filter
Pilih efek edit foto instagram kekinian
Pilih Efek
Hapus sebagian foto instagram kekinian
Hapus sebagian

B. Potong Foto

PicsArt memberikan fasilitas potong foto menjadi sangat beragam. Misalnya crop biasa sesuai kotak foto, menghilangkan latar belakang, potong foto sesuai bentuk hingga potong foto secara bebas. Misalnya ditutorial ini kita beri contoh untuk memotong foto “Orang” atau akan menghilangkan latar belakang foto. Caranya sebagai berikut:

  • Pilih ikon dengan bertuliskan “Alat
  • Kemudian pilih perintah “Potong Gambar
  • Pilih “Orang” supaya mendeteksi orang atau bagian tubuh kita
  • Tunggu hingga proses selesai
  • Pilih “Hapus” jika masih terdapat area gambar yang terkena seleksi
  • Klik Simpan
Pilih potong gambar instagram kekinian
Pilih potong gambar
Pilih orang foto instagram kekinian
Pilih orang
Pendeteksi Orang aplikasi picsart
Pendeteksi orang
Hasil dari pendeteksi orang aplikasi picsart
Hasil

C. Kuas

Tools kuas pada PicsArt digunakan untuk kita sebagai penghias foto jika diinginkan. Disini kita dapat berkreasi sesuai apa yang kita buat, misalnya garis, kuas pensil, spidol dan objek yang lain. Kita coba yuk beri kuas garis ke foto berikut, caranya yaitu:

  • Pilih tools “Kuas” pada bagian bawah tampilan, jika belum terlihat bisa geser ke kiri tools yang ada
  • Pilih ikon kuas garis di bagian bawah tampilan urutan kedua
  • Kemudian lukiskan di area foto sesuai dengan keinginan kita
Pilih kuas aplikasi picsart edit foto instagram kekinian
Pilih kuas
Garis aplikasi picsart edit foto instagram kekinian
Pilih garis

D. “Fit” Foto Sesuai Ukuran

Jika terdapat foto kita yang belum sesuai ukuran Instagram yang diinginkan, kita dapat menjadikan foto sesuai ukuran lohh. PicsArt menyediakan beberapa ukuran diantaranya yaitu, postingan instagram, cerita instagram, 1:1, 3:4 dan lain sebagainya. Selain itu kita bebas memilih warna atau gambar yang menjadi latar supaya foto kita sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Caranya sebagai berikut:

  • Pilih tools ikon foto dengan tuliskan “Fit” pada bagian bawah tampilan
  • Gunakan rasio yang kita inginkan
  • Sesuaikan warna, latar, gambar atau bayangan
Pilih fit aplikasi picsart edit foto instagram kekinian
Pilih Fit
Rasio aplikasi picsart edit foto instagram kekinian
Sesuaikan rasio
Latar Belakang aplikasi picsart edit foto instagram kekinian
Gunakan latar yang diinginkan

E. Beri Hiasan “Penyebaran”

Seperti yang sering kita jumpai di beberapa postingan media sosial teman kita, pasti ada foto yang unik dengan menambahkan penyebaran serpihan foto. Gimana sih itu caranya? Nah sebenarnya, edit foto seperti itu dapat dilakukan di PicsArt lohh. Caranya gini nih:

  • Pilih tools “Alat” di bagian bawah tampilan
  • Klik “Penyebaran
  • Seleksi bagian foto yang ingin diberi efek penyebaran
  • Kita dapat mengatur Regang, Ukuran, Arah Pudar dan Mode penyebarannya
Penyebaran aplikasi picsart edit foto instagram kekinian
Pilih penyebaran
Pilih Seleksi tempat yang akan dijadikan effek aplikasi picsart edit foto instagram kekinian
Seleksi
Hasil untuk foto instagram kekinianmu
Hasil

Kesimpulan

Nahh itulah tutorial dari beberapa tools yang ada di aplikasi PicsArt, tentunya ngga hanya tools diatas saja yang terdapat dalam PicsArt. Masih banyak sekali tools yang dapat edit foto instagram mu lebih kekinian. Salah satunya yang dapat kamu jadikan refrensi yaitu edit feed instagram lebih keren menggunakan aplikasi canva. Kamu juga bisa membuat feed instagram mu lebih rapi dengan edit foto instagram kotak-kotak.

Yuk ikut bagikan tutorial ini ke temen-temen terdekat kamu supaya mereka juga dapat mencoba yaaa. Semoga bermanfaat! Terima Kasih 🙂

Yuk Subscribe YouTube chanel PANDUANBS untuk tutorial yang lebih jelas melalui video, dijamin mudah diikuti hehehe… Klik tombol di bawah yaaa…

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.