PanduanBs
Home » News » AUTO RAPI !! Cara Menggabungkan File Word Menjadi Satu

AUTO RAPI !! Cara Menggabungkan File Word Menjadi Satu

Auto nyatui beberapa file ms word

Giamana nih menggabungkan file word menjadi satu yang cepat dan auto rapi? Penggabungan file yang banyak pastinya kamu perlu waktu yang lama yaa? Biasanya pakai cara gimana sih? Copy Paste? Copy sana Paste sini Copy sana Paste sini gitu aja terus sampe pegel. Berulang kali harus bolak balik ke file yang mau digabungkan, gitu nggak sih? hehehe.

Beberapa kebanyakan dari kita pasti melakukan Copy Paste beberapa file yang akan digabungkan menjadi satu. Contohnya tugas kelompok ataupun skripsi. Skripsi menuntut kita untuk menulis penelitian dengan benar dan rapi. Namun, kita terkadang memisahkan file antara BAB supaya pengerjaan skripsi teratur dan urut.

Baca juga: Membagi kolom dalam satu halaman microsoft word

Setelah pengerjaan skripsi selesai sampai pada akhir BAB kita diminta untuk menggabungkan keseluruhannya. Begitu pula jika tugas kelompok yang dikerjakan individu lalu dijadikan satu file, repot kan jika anggota kelompok banyak. Lalu gimanasih cara menggabungkan beberapa file tersebut dengan cepat dan rapi?

PANDUANBS bakalan kasih tahu tutorialnya nih menggabungkan beberapa file Ms. Word dengan cepat ke dalam satu file. Sebelumnya kita telah membahas tentang Cara Membagi Layout Kolom dalam Satu Halaman di Microsoft Word. Tutorial tersebut dapat kita gunakan untuk membuat artikel penelitian skripsi kamu loh. Tapi, kali ini PANDUANBS akan memberikan tutorial Cara Menggabungkan Beberapa File Ms. Word dengan Cepat. Yuk simak sampai selesai!

Baca Juga: 8 Aplikasi yang cocok untuk video call untuk belajar dirumah hingga berbisnis

Cara Menggabungkan Beberapa File Ms. Word Menjadi Satu

Langkah ke 1 : Siapkan File

Sebelum ke tindakan menggabungkan, kita harus memiliki semua file yang akan digabungkan ke dalam satu file. Contohnya file skripsi berikut

Menyiapkan file word yang akan digabungkan
Siapkan file

Langkah ke 2 : Buka File Pertama

Selanjutnya, buka file Microsoft Word pertama yang akan menjadi halaman pertama pada file penggabungan. Misalnya disini kita buka dahulu file dengan nama “BAB I“.

Buka file yang pertama
Buka File Pertama

Langkah ke 3 : Pilih Page Layout > Breaks > Next Page

Sebelum ke perintah Page Layout > Breaks > Next Page kita harus scrol sampai akhir file yang pertama tadi. Kemudian ke menu Page Layout pilih Breaks kemudian klik Next Page karena kita akan pindah kek “BAB II“. Maka secara otomatis akan ke halaman selanjutnya tanpa kita beri perintah Enter.

Pilig page layout -> next page
Next Page

Langkah ke 4 : Insert > Object > Text from file

Setelah berada pada halaman selanjutnya, kita perlu tambahkan file “BAB II“. Caranya pilih menu Insert kemudian pilih Object klik tanda panah bawah dan pilih Text from file.

Pilih text from file
Pilih Text from file

Langkah ke 5 : Pilih BAB Selanjutnya

Kita setelah klik Text from file diarahkan pada file yang ada di perangkat komputer. Karna selanjutnya yaitu file “BAB II” maka kita pilih file tersebut untuk ditambahkan. Caranya pilih file kemudian klik “Insert

Insert file yang akan digabungkan
Insert file

Terakhir

Berhasil menggabungkan file word
Berhasil menggabungkan microsoft word

Selesai deh, file sudah berhasil digabungkan. Kita dapat lakukan hal yang sama ke file-file selanjutnya sampai selesai yaa. Gampang, rapi dan cepet banget kan? Udah ngga perlu repot-repot lagi tuh bolak balik buka file dan harus Copas terus sampai file selesai disatukan. Semoga membantu, Semangat!!! Selamat mencoba 🙂

Kesimpulan

Setelah mengetahui caranya, ternyata tidak sulit kan menggabungkan file word menjadi satu. Setelah ini tidak perlu khawatir lagi untuk menyatukan file word dari beberapa file yang terpisah. Ini juga ada artikel yang asangat menarik dan akan membantu kamu banget untuk mengolah data secara dinamis di microsoft word.

Terima kasih sudah membaca tutorial mengenai microsoft word. Yuk Subscribe chanel YouTube PANDUANBS untuk tutorial yang lebih praktis melalui tayangan video. Klik tombol di bawah yaa, terima kasih 🙂

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.