PanduanBs
Home » News » Cara Menggabungkan 2 atau Lebih File PDF yang Berbeda

Cara Menggabungkan 2 atau Lebih File PDF yang Berbeda

Menggabungkan 2 File PDF yang Berbeda – Halo kembali lagi dengan kami di PANDUANBS, gimana kabar kalian? Semoga selalu diberi kesehatan di masa-masa pandemi seperti ini yaa. Masih pada betah pada #dirumahaja kan? Ga usah keluyuran dulu, itung-itung bantu pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona ini, hehe.

Jadi kali ini PANDUANBS akan bagikan tutorial bagi kalian yang bingung ketika memiliki dua maupun banyak file pdf yang harus dikirim satu per satu atau malah disuruh dijadiin satu biar kirimnya gampang. Nah kalian ga usah pada bingung, karena kami di sini akan bagikan caranya yang sangat gampang. Cekidoott!!!

Sebenernya ada banyak cara yang bisa kalian lakukan buat menggabungkan 2 atau lebih file PDF yang berbeda, tapi kami di sini akan bagikan buat kalian cara yang paling gampang dan paling mudah dimengerti.

Video Tutorial Menggabungkan File PDF

A. Melalui Situs smallpdf

Cara yang pertama ini kita memanfaatkan fitur yang ada pada situs smallpdf.com.

1. Kunjungi Situs smallpdf

Langkah pertama, kita cukup kunjungi website untuk menggabungkan file pdf dengan klik smallpdf. Nantinya akan muncul halaman situs seperti gambar dibawah ini.

2. Pilih File yang akan digabungkan

Setelah itu pilih file pdf yang ingin digabungkan, atau bisa drag and drop ke dalam kotak berwarna ungu. Kemudian klik open seperti pada gambar di bawah ini. Kamu bisa memilih 2 atau lebih file yang bersamaan.

3. Tunggu Proses Upload

Lalu tunggu file yang telah dipilih tadi untuk diupload ke dalam situs itu. Proses upload ini bergantung pada ukuran file yang kalian upload serta kecepatan internet yang kalian pakai, jadi kalau lama harap bersabar hehe.

4. Klik tulisan Merger

Langkah selanjutnya kita tinggal klik tulisan Merge PDF pada kotak ungu untuk memproses penggabungan file pdf yang telah diupload tadi.

5. Tunggu Proses Penggabungan File PDF

Setelah kita klik Merge PDF, nantinya file yang tadi sudah diupload untuk digabungkan akan diproses agar bisa menjadi satu, tampilannya akan menjadi seperti ini.

6. Download File PDF yang telah digabungkan

Langkah terakhir, kita tinggal download saja file pdf yang sudah digabungkan, dengan cara klik tombol download. Di situ juga terdapat beberapa pilihan downloadnya, yang pertama kita bisa langsung download untuk disimpan ke penyimpanan/device kita, lalu yang kedua kita bisa menyimpannya ke dalam akun Dropbox kita, dan yang terakhir yaitu pilihan untuk menyimpan ke dalam akun Google Drive kita. Tinggal pilih sesuai kebutuhan yang diinginkan dan file akan tersimpan sesuai dengan pilihan tersebut.

Setelah di download, kalian bisa cek dan buka file pdf yang sudah digabungkan tadi. Taraa, file pdf yang telah diupload tadi sudah menjadi satu.

B. Melalui Situs ilovepdf

Cara yang kedua ini kita memanfaatkan fitur yang ada pada situs ilovepdf.com, sebenarnya hampir sama dengan situs smallpdf.com.

1. Kunjungi Website ilovepdf

Langsung saja langkah pertamanya kita buka dulu situsnya ilovepdf.com

2. Open File yang akan digabungkan

Kemudian pilih file pdf yang ingin digabungkan, atau bisa drag and drop ke situs tersebut. Lalu klik open.

3. Tunggu File selesai terupload

Selanjutnya tunggu file terupload dan akan muncul tampilan seperti ini:

4. Klik Merger PDF

Setelah itu tinggal klik merge pdf yang ada pada kotak merah di pojok kanan bawah agar proses penggabungan file pdf bisa dilakukan. Nantinya akan muncul tampilan proses penggabungan seperti ini:

5. Download File PDF yang sudah digabungkan

Langkah terakhir kita tinggal download file yang sudah digabungkan tadi. Klik download merged file yang ada pada kotak merah untuk mendownload filenya.

Di situ terdapat 4 pilihan lain yang bisa kita gunakan,

1. Save to Google Drive

yang pertama yaitu save to google drive yaitu kita bisa menyimpan file yang sudah digabungkan ke dalam akun google drive kita.

2. Share Download Link

yang kedua ada share download link or scan qr yaitu kita bisa membagikan link untuk mendownload file pdf yang sudah kita gabung atau scan qr yang digunakan untuk mendownload file tersebut.

3. Save to Dropbox

lalu yang ketiga ada save to dropbox yaitu kita bisa menyimpan file pdf yang sudah digabungkan ke dalam akun dropbox kita.

4. Delete it now

kemudian yang terakhir ada pilihan delete it now yang digunakan untuk menghapus file pdf yang sudah kita gabungkan di situs tersebut.

Setelah di download, kalian bisa cek dan buka file pdf yang sudah digabungkan tadi. Taraa, file pdf yang telah diupload tadi sudah menjadi satu.

Nah kurang lebih seperti itulah cara menggabungakn dua atau lebih filie pdf yang berbeda, caranya sangat mudah bukan? Sebenarnya masih banyak lagi situs yang bisa kita gunakan untuk menggabungkan dua ataulebih file pdf yang berbeda, contohnya seperti situs combinepdf, pdf2go, sodapdf, atau yang lainnya yang bisa kalian cari sendiri di google. Caranya sendiri kurang lebih hampir sama dengan cara yang sudah PANDUANBS jelaskan di atas, kita hanya perlu mengupload filenya, lalu nanti akan diproses untuk digabungkan, dan kita tinggal mendownload file pdf yang sudah digabungkan.

Terimakasih buat kamu yang telah berkunjung di PANDUANBS (Panduan Bisa untuk Kita Semua), Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, atau Kamu memiliki ide untuk kami memberikan tutorial yang lain silahkan tulis pada kolom komentar. Dan yang terakhir Ayo support PANDUANBS dengan cara berdonasi melalui klik atau kunjungi sponsor yang ada pada website PANDUANBS. Terimakasih dan selamat Mencoba. 😊

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.