PanduanBs
Home Β» Android Β» Cara Mengisi inaRISK Personal Melalui Aplikasi inaRISK di Android

Cara Mengisi inaRISK Personal Melalui Aplikasi inaRISK di Android

Semakin tingginya angka kasus virus COVID-19 banyak masyarakat yang merasa ragu untuk tetap menjalankan aktivitasnya, banyak juga masyarakat yang merasa aman-aman saja dari penyebaran virus COVID-19 di daerah tempat tinggalnya. Padahal, WHO telah memberikan info bahwa penyebaran virus COVID-19 tidak hanya terjadi melalui barang atau benda yang terkena paparan virus namun juga melalui udara. Bahkan virus COVID-19 ini sangat kecil dan tidak mudah dilihat penyebarannya.

Masyarakat berlomba lomba untuk cari tahu kesehatannya, namun banyak juga yang rela melakukan rapid test dengan biaya yang mahal untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Tapi, masyarakat yang kekurangan finansial secara ekonomi tidak mudah mengetahui kondisi kesehatannya terhadap virus COVID-19, yang seperti itu lebih banyak tentunya mengingat angka kemiskinan di Indonesia yang lebih tinggi.

Video Tutorial

Ternyata, di rumah pun kita dapat melakukan penilaian mandiri terkait dengan perlu atau tidak melakukan rapid test tersebut melalui aplikasi inaRISK lho… Yuk simak PANDUANBS bakal ngasi info dan tutorial buat kamu nih.

Aplikasi inaRISK Personal

inaRISK Personal merupakan aplikasi yang berisi tentang infromasi tingkat bahaya suatu wilayah dan dilengkapi dengan rekomendasi aksi untuk melakukan antisipasinya secara partisipatif.

Aplikasi yang dibuat oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini memfasilitasi masyarakat untuk mengetahui tingkat risiko terhadap suatu bencana. Bebagai macam jenis bencana yang ada dalam aplikasi tersebut yaitu, COVID-19, Tsunami, Gempa Bumi, Banjir, Letusan Gunung Api dan lain sebagainya yang dapat dilihat sesuai likasi Melalui aplikasi ini, kita bisa mengisi beberapa pertanyaan sesuai kategori mulai dari ketegori pribadi, keluarga hingga desa.

Fitur – Fitur inaRISK Personal

  • Peta digital yang ditampilkan dalam gradasi warna yang berbeda sesuai tingkat kajian yang diinginkan
  • Terdapat informasi bencana sesuai wilayah yang dikaji
  • Memberikan saran solusi dan penanganan bencana sesuai yang dikaji
  • Menyajikan cara pencegahan dan langkah penyelamatan yang harus dilakukan
  • Pendataan mandiri resiko bencana

Fitur fitur aplikasi inaRISK yang tentunya bermanfaat buat kita niih, apalagi sekarang serba teknologi iyaa kan? Buat yang sekarang masih ada di wilayah zona merah tentunya bermanfaat sekali untuk uji coba dan melihat peta pesebaran COVID-19 di rumah aja. Ini dia tutorial penggunaan aplikasi inaRISK

Tutorial isi inaRISK Personal

1 Download aplikasi inaRISK Personal

Pertama yang harus kita lakukan yaitu punya aplikasi inaRISK Personal di android kita. Kita dapat mendunduh aplikasi inaRISK Personal di Google Play Store.

2 Buka Aplikasi inaRISK Personal

Halaman utama aplikasi inaRISK Personal akan langsung menampilkan lokasi tempat kita berada. Kita juga dapat melihat lokasi sesuai keinginan kita melalui fitur pencarian lokasi seperti gambar.

3 Pilih layer “Bahaya COVID-19”

Untuk melihat pemetaan zona bahaya wilayah penyebaran virus COVID-19 kita klik layer “Bahaya COVID-19”. Peta dalam aplikasi inaRISK Personal akan memberikan tampilan penyebaran COVID-19 dalam gradasi warna sesuai tingkatannya (Zona Merah, Kuning, dan Hijau) seperti pada gambar

4 Pilih Kelas Bahaya “COVID-19”

Selanjutnya, akan muncul pemilihan kelas bahaya sesuai peta kita. Kemudian, kita pilih kelas bahaya COVID-19 seperti gambar berikut

5 Pahami dan Ikuti Saran

Setelah kita memilih kelas bahaya COVID-19 akan muncul saran yang diberikan aplikasi inaRISK Personal sesuai tingkat penyebaran virus COVID-19 di lingkungan kita. Berikut contoh yang diberikan aplikasi inaRISK Personal terhadap lingkungan yang memiliki tingkat penyebaran COVID-19 Tinggi atau berada dalam Zona Merah. Untuk itu kita pahami dan ikuti saran mitigasinya yaa supaya aman dari paparan virus COVID-19 πŸ™‚

6 Penilaian Risiko Pribadi

Untuk melakukan penilaian risiko pribadi secara mandiri melalui aplikasi inaRISK Personal gampang banget nih. Kita kembali pilih ke layer Info Bahaya dan pilih kelas bahaya COVID-19.

7 Mulai Penilaian

Nah ini dia, kita bisa memulai penilaian diri dengan pilih perintah “Mulai Penilaian” seperti gambar

8 Lengkapi Form

Di tahap ini, kita harus mengkapi form yang sudah disediakan yaitu Form Biodata, Potensi Tertular di Luar Rumah, Potensi Tertular di Dalam Rumah, dan Daya Tahan Tubuh. Diisi dengan jujur dan teliti yaa supaya kita dapat mengetahui hasilnya dengan baik dan tepat demi kesehatan kita sendiri hehe

9 Save

Pilih save untuk mengakhiri dan menyimpan data dalam sesi pengisian form.

10 Hasil Pengisian

Setelah pengisian data disimpan, kita akan diberikan hasil penilaian risikonya. Terdapat beberapa rekomendasi untuk kita agar diikuti demi kesehatan dan pencegahan penyebaran virus COVID-19 ini.

Kita dapat mengetahui Rumah Sakit rujukan terdekat apabila kita ingin mengecek kesehatan dan pemulihan kondisi kesehatan kita. Klik lihat peta untuk mengetahui posisi kita terhadap Rumah Sakit terdekat.

Hasil penilaian risiko yang telah kita inputkan tadi dapat kita lihat lagi pada halaman awal aplikasi inaRISK Personal, pilih menu “COVID-19” kemudian kilk pada “Penilaian Risiko Personal”

Kesimpulan

Itulah tutorial penggunaan aplikasi inaRISK Personal, mudah kan? Dengan adanya aplikasi ini tentunya membantu kita dalam pencegahan penyebaran virus COVID-19 sesuai dengan tempat dimana kita berada, tak hanya itu kita juga dapat melakukan penilaian pribadi untuk membantu penentuan kita sebelum melakukan rapid test.

Kita juga dapat melakukan pemetaan data untuk mengetahui risiko terhadap COVID-19 kepada keluarga dan rekan atau tetangga terdekat kita. Yuk bantu sebarin info ini demi kesehatan bersama, dan demi memutus rantai penyebaran COVID-19 di lingkungan kita, nggak mau kan kondisi ini terus menerus terjadi? Bantu Indonesia dengan memutus penyebaran COVID-19 yaa!!

Tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan yang berlaku. Semoga kita semua dapat mengondisikan tubuh tetap sehat dan dapat melakukan aktivitas seperti biasa lagi. Terima kasih buat kamu yang sudah membantu memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dan membantu percepatan penanganan COVID-19. See you!

12 comments

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.