PanduanBs
Home » Android » Cara Cek Spesifikasi Hp Android Paling Akurat 100%

Cara Cek Spesifikasi Hp Android Paling Akurat 100%

Cara Cek Spesifikasi Hp Android

Bagaimana cara cek spesifikasi hp android yang kamu miliki? Pada kesempatan kali ini, Tim PANDUANBS akan membagikan cara lengkap cek spesifikasi hp android paling lengkap hanya untuk kamu.

Saat ini kebutuhan hp sudahlah menjadi kebutuhan yang mendasar. Hampir setiap orang pasti sudah memiliki hp. Namun, sayangnya tidak semua orang memperhatikan spesifikasi hp yang ia miliki. Kebanyakan orang memiliki spesifikasi hp yang minim, namun meminta lebih dengan menginstall banyak aplikasi dan game. Dan jika hpnya lemot ia akan mengecap bahwa merek hpnya lah yang jelek. Maka beruntunglah kamu yang masih memperhatikan spesifikasi hp yang kamu miliki.

Kenapa Harus Cek Spesifikasi Hp?

Sudah Saya singgung sedikit di paragraf sebelumnya. Spesifikasi hp sangat berpengaruh dengan penggunaan para penggunanya. Kamu adalah penggunanya. Mau merek hp kamu samsung, xiomi, vivo, oppo, asus, dan lain sebagainya. Hp kamu akan merasa berat jika spesifikasi rendah namun digunakan untuk menjalankan tugas berat.

Contohnya jika kamu memiliki hp dengan spesifikasi RAM 2GB. Kemudian memainkan game dengan syarat minimal RAM 2GB (katakan saja game Bus Simulator Indonesia). Pasti akan biasa saja dan mungkin bisa jadi akan sedikit ngelag. Beda halya jika kamu memiliki hp dengan spesifikasi RAM 6GB, dijamin akan mulus bermain game.

Selain itu, jika kamu mau beli hp baru namun yang bekas. Kamu wajib untuk cek dulu bagaimana spesifikasi hp yang ditawarkan. Tidak mau kan kamu tertipu dengan cassing hp baru namun mesin lama. Atau tidak sesuai dengan spesifikasi seharusnya. Atau jika kamu penasaran dengan spesifikasi hp yang kamu miliki, karena itu merupakan hp pemberian.

Baca juga: Tips sebelum membeli laptop baru

Cara Cek Spek Hp

Sebenarnya banyak cara yang dapat kamu gunakan untuk mengecek spesifikasi hp yang kamu miliki atau akan kamu beli. Kurang lebih sama cara cek spesifikasi hp di merek hp samsung, xiomi, oppo, vivo, sony, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya kamu dapat menggunakan dua cara untuk mengecek spesifikasi hp. Yaitu dengan tanpa aplikasi tambahan, atau dengan aplikasi tambahan. Mari kita ulas semuanya satu per satu.

A. Cek Spesifikasi Hp Tanpa Aplikasi

Cara yang satu ini adalah yang paling mudah karena kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan. Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Perhatikan berikut ini.

1. Lewat Dus atau Kemasan Hp (Smartphone)

Cek spesifikasi hp dari Dus xiomi note 9 pro
Dus xiomi note 9 pro

Cara yang pertama adalah melalui kardus atau kemasan hp yang kamu miliki. Jika kamu membeli hp baru pasti akan mendapatkan kemasan atau dus dari hp tersebut. Sebetulnya disini sudah tertera spesifikasi singkat dari hp yang kamu beli.

Spesifikasi yang tertera pada kemasan, biasanya hanya menampilkan kapasitas RAM, ROM (storage), CPU, layar, kapasitas baterai, dan versi Android. Namun, menurut saya itu sudah lebih dari cukup jika hanya ingin mengetahui spesifikasi dasar dari perangkat hp.

2. Cek Spek Hp Melalui Halaman Tentang Ponsel

Cara kedua yaitu memlalui halaman tentang ponsel. Caranya juga sangat mudah. Silahkan kamu buka Pengaturan Android atau Setelan Android. Lalu kamu masuk ke menu About Phone atau Tentang Ponsel. Tara, kamu berhasil menemukan spesifikasi hp. Mulai dari kernel, versi OS, kapasitas RAM dan ROM, serta CPU yang digunakan.

Cara ini bisa kamu gunakan di semua merek hp android. Dari hp keluaran lama hingga hp keluaran terbaru. Hanya saja mungkin lokasi tentang ponselnya yang sedikit berbeda-beda. Kamu hanya cukup mencarinya lebih giat. Jika masih belum paham, kamu bisa menanyakan di kolom komentar.

3. Melalui Internet

Untuk melalui internet kamu tanyakan saja ke Mbah Google. Bisa dibilang ini adalah cara yang praktis. Di internet kamu bisa mencari segala informasi, termasuk mencari spesifikasi hp. Cara cek juga cukup mudah:

  1. Buka Mbah Google
  2. Masukkan Merek dan Tipe Hp yang kamu gunakan
  3. Setelah itu, kamu akan mendapati informasi spesifikasi hp yang kamu cari.

Contoh hasil pencaria poco x3 spesifikasi adalah sebagai berikut.

Cara cek spesifikasi hp di internet
poco x3 spesifikasi

4. Cek Spek Hp dengan Kode

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan kode IMEI HP android Kamu. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1.  Ketik *#06# di menu Telepon/Dial Up di Hp Android kamu. Maka kamu akan mendapatkan nomor imei seperti berikut. Biasanya nomor imei berjumlah 15 angka.

Cara cek spesfikasi hp dengan kode
Contoh Nomor IMEI

2. Buka website imei info. Kemudian tuliskan nomor imei pada form. lalu klik check.

Website Cek IMEI INFO
Website Cek IMEI INFO

3. Ketika berhasil maka kamu akan mendapati basic informasi seperti pada gambar dibawah ini.

Cek IMEI Samsung
Cek IMEI Samsung

B. Aplikasi Cek Spesifikasi Hp Android

Cara yang satu ini kamu diwajibkan untuk menginstal aplikasi pihak ketika. Namun dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, kamu akan mendapati data yang lebih akurat dan sesuai dengan device kamu sendiri.

Baca juga: Cara lacak nomor hp penipu

1. CPU-Z

CPU Z merupakan aplikasi paling populer untuk mengecek perangkat atau hp yang kamu miliki dan tentunya GRATIS.

CPU Z
CPU Z

Beberapa hal yang dapat kamu cek adalah sebagai berikut:

  • SoC (System On Chip) nama, arsitektur, kecepatan clock untuk setiap inti.
  • Sistem informasi: perangkat merek & model resolusi layar, RAM, penyimpanan .
  • Informasi baterai: tingkat, status, suhu, kapasitas.
  • Sensor, dan lain sebagainya

2. Droid Hardware Info

Droid Hardware Info
Droid Hardware Info

Dengan menggunakan Droid Hardware Info, kamu akan menemukan berbagai informasi yang lebih sepesifik dari hardware hp kamu. Kamu dapat mengetahui informasi perangkat, sistem, memori, kamera, suhu, baterai dan sensor rincian.

3. Device Info : View Device Information

Device Info : View Device Information

Device info merupakan aplikasi yang akan memberikan informasi lengkap tentang ponsel kamu. Tampilannya simple akan memudahkanmu dalam membaca informasi. Ditambah lagi degan adanya fitur darkmode akan memberikan kenyamanan di mata di saat malam hari. Device Info menyertakan informasi tentang CPU, RAM, OS, Sensor, Penyimpanan, Baterai, SIM, Bluetooth, Aplikasi yang Terpasang, Aplikasi Sistem, Layar, Kamera, Termal, dll.

4. AIDA64

cara cek spesifikasi hp dengan aida64
AIDA64

Yang terakhir kamu bisa cek spesifikasi hp dengan aplikasi aida64. Dengan AIDA64 kamu bisa melihat berbagai informasi diagnostik untuk ponsel, tablet, jam tangan pintar hingga TV. Beberapa yang bisa di cek adalah:

  • Deteksi CPU, pengukuran jam inti real-time
  • Dimensi layar, kerapatan piksel, dan informasi kamera
  • Pemantauan tingkat dan suhu baterai
  • WiFi dan informasi jaringan seluler
  • Properti Android OS dan Dalvik
  • SoC dan identifikasi model perangkat
  • Pemanfaatan memori dan penyimpanan
  • Detail OpenGL ES GPU, pengukuran jam GPU real-time
  • Daftar Vulkan, OpenCL, CUDA, PCI, USB
  • Polling sensor
  • Daftar aplikasi yang diinstal, codec dan direktori sistem
  • Modul Android Wear: aplikasi asli untuk jam tangan

Sangat lengkap ya, pada aplikasi aida secara default sudah bertemakan gelap. Para pecinta darkmode akan suka dengan aplikasi ini hehe.

Kesimpulan

Kamu dapat mengecek spesifikasi hp Android sendiri. Banyak pilihan yang dapat kamu gunakan untuk mengecek hp. Dapat cek spesifikasi hp menggunakan aplikasi atau tanpa apalikasi pihak ketiga. Semua tergantung kamu, sesuaikan saja dengan yang paling mudah dan kebutuhanmu. Jangan sampai kamu tidak tau spesifikasi hp sendiri namu sering kesal apabila memori hp penuh dan lain sebagainya. Untuk kasus memori hp sering penuh kamu bisa gunakan tips ini untuk mengatasi memori hp penuh.

Nah, itulah ulasan cara cek spesifikasi hp yang dapat saya sampaikan. Oh iya tidak untuk hp saja, kamu juga harus mengetahui tips cek sebelum membeli laptop baru atau bekas. Jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar. Jangan ragu-ragu ya. satu lagi, jangan lupa untuk subscribe dan berlangganan informasi terbaru dari PANDUANBS. Terima kasih :))

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.