PanduanBs
Home » Pendidikan » Cara Download Jurnal dan Artikel Internasional Gratis!

Cara Download Jurnal dan Artikel Internasional Gratis!

download-jurnal-dan-artikel-gratis-PanduanBS

Bagaimana cara download jurnal internasional secara gratis? Bagi para akademis tentunya tidak asing dengan kata “Jurnal” khususnya jurnal ilmiah. Bagi mahasiswa tingkat akhir ataupun seseorang dosen dan guru besar yang hendak melakukan penelitian pasti memiliki tuntutan untuk dapat menulis artikel serta mempublikasikan tulisannya ke dalam sebuah jurnal nasional maupun internasional. Jurnal juga biasanya menjadi sebuah referensi bagi seseorang dalam memulai menulis artikelnya.

Baca juga: 5 Media presentasi yang menarik dan tidak membosankan.

Apa itu jurnal ?

Jurnal merupakan publikasi ilmiah yang berisi kumpulan artikel yang dikeluarkan oleh seseorang yang berkompeten di bidangnya dan diterbitkan oleh suatu instansi atau lembaga. Jurnal pada umumnya berisi sejumlah referensi yang menjadi rujukan penulisan tiap artikel. Jenis artikel yang tertulis tidak sebatas laporan penelitian, namun bisa pula berupa review literatur.

Banyak situs yang telah menyediakan akses untuk pencarian jurnal, namun tidak semua situs menyediakan free access untuk mendownload jurnal tersebut. Sering kali jurnal yang memiliki kualitas yang baik dibandrol dengan harga yang tinggi. Hal tersebut tentunya cukup memberatkan bagi sebagian orang khususnya mahasiswa. Namun masih ada beberapa cara untuk tetap dapat mengakses jurnal berbayar tersebut, diantaranya adalah :

  • Memanfaatkan fasilitas yang telah ada dari kampus. Beberapa Universitas atau Perguruan Tinggi biasnya telah melakukan kerja sama terhadap suatu lembaga publikasi jurnal sehingga mahasiswanya dapat mengakses jurnal secara mudah.
  • Menggunakan situs-situs yang menyediakan Jurnal Open Access (Jurnal Terbuka) yang dapat digunakan untuk mendownload jurnal secara gratis.

Baca juga: Cara mudah download artikel di Scribd secara GRATIS.

Situs Jurnal Internasional Open Access

1. Emerald Insight

Emerald Insight download journal open access
Emerald Insight

Jurnal Open Access yang pertama adalah Emerald. Emerald merupakan penerbit terkemuka dunia dalam penelitian manajemen yang terdiri dari bidang multi disiplin ilmu yang terpublikasi sejak tahun 1994 sampai saat ini. Emerald adalah basis data bagi jurnal-jurnal ilmiah dan buku di bidang manajemen, bisnis, pendidikan, ilmu informasi, kesehatan, dan ilmu teknik.

2. Science Direct

Science Direct open access journal internasional
Science Direct

Selanjutnya ada Science direct. Science direct adalah situs web yang menyediakan akses berlangganan ke pangkalan data penelitian ilmiah dan medis. Situs ini mengandung lebih dari 12 juta konten dari 35.000 jurnal akademik dan 34.000 buku elektronik. Jurnal dalam situs ini terdapat empat kelompok bagian utama yaitu Physical Sciences and Engineering, Life Sciences, Health Sciences, dan Social Sciences and Humanities.

3. Directory of Open Access Journal

Directory of Open Access Journals DOAJ
DOAJ

Directory of Open Access Journal (DOAJ) adalah situs yang mendefinisikan jurnal akses terbuka sebagai jurnal ilmiah dan keilmuan yang memenuhi standar kualitas tinggi melalui kontrol kualitas editorial serta menggunakan model pendanaan yang tidak mengenakan biaya kepada pembaca atau institusi mereka untuk mengaksesnya.

4. Elsevier

Jurnal Internasional Elsevier
Elsevier

Berikutnya ada Elsevier. Elsevier adalah salah satu penyedia informasi ilmiah, teknis, dan medis terbesar di dunia dan perusahaan teknologi yang berdiri pada tahun 1880. Produk-produknya meliputi jurnal The Lancet dan Cell, koleksi jurnal elektronik ScienceDirect, seri jurnal Trends dan Current Opinion, dan pangkalan data sitiran daring Scopus.

5. Springer

Download Jurnal Internasional di Springer
Springer

Kemudian Spinger, Springer adalah perusahaan penerbitan global. Yang menerbitkan buku buku elektronik, dan jurnal tinjauan sejawat di terbitan-terbita sains, teknik, dan medis. Springer juga memiliki beberapa pangkalan data ilmiah termasuk SpringerLink, Springer Protocols, dan SpringerImages.

6. JSTOR

Jurnal Internasional JSTOR
JSTOR

Journal Storage (JSTOR) adalah sebuah perpustakaan digital yang berdiri pada tahun 1995. Koleksinya mencakup buku-buku dan sumber primer, serta terbitan jurnal terbaru. Perpustakaan digital ini menyediakan layanan pencarian teks lengkap untuk lebih dari seribu jurnal.

Baca juga: Cara mudah membuat daftar pustaka dan sitasi secara otomatis dengan mendeley.

Cara Download Jurnal Artikel Internasioanl Berbayar secara Gratis

Namun meskipun situs-situs tersebut open acces terkadang terdapat beberapa jurnal yang tetap berbayar. Nah gimana sih cara agar tetap bisa mendownload jurnal tersebut secara gratis? Kali ini tim PANDUANBS akan memberikan cara download jurnal internasional yang berbayar secara gratis beserta tutorial penggunaannya. Namun, perlu kamu tau bahwa artikel ini di buat semata-mata hanya untuk pengetahuan dan tidak bermaksud untuk membuat rugi pihak-pihak tertentu.

1. Daftar e-Resource Perpustakaan Nasional

Cara download jurnal internasional dari e-Resouces Perpustakaan Internasional
e-Resouces Perpustakaan Internasional
  • Login dengan akun anggota perpustakaan di laman e-resources.perpusnas.go.id
  • Setelah login akan muncul beberapa terbitan elektronik yang dapat di telusuri. Jika kamu ingin mencari jurnal yang anda inginkan maka anda cukup mengetikkannya pada kolom pencarian dengan menggunakan kata kunci atau nama jurnal yang anda ingin cari.
  • Klik Full Text Online untuk menuju laman jurnal dan klik Download Pdf untuk mendownload jurnal. Namun e-Resources sendiri tidak berlangganan seluruh penyedia jurnal seperti IEEE, ACM Digital Library

2. Download via Sci-hub

Cara download jurnal internasional melalui SCI HUB
SCI HUB

Sci-Hub adalah search engine atau mesin pencari secara online untuk mencari makalah, artikel dan jurnal penelitian lebih dari 64.500.000 jurnal.

Langkah-langkah download jurnal internasioal berbayar secara gratis melalui sci-hub:

  • Pilih jurnal yang kamu inginkan, perhatikan keterangan mengenai nomor DOI dari jurnal tersebut kemudian copy nomor tersebut
  • Buka website sci-hub (https://sci-hub.se/)
  • Paste nomor DOI dari jurnal yang telah kamu copy tadi pada kolom yang tersedia, lalu tekan enter.
  • Dan terakhir kamu tinggal mendownload jurnal tersebut secara gratis, full version dan sangat mudah

3. Download via Libgen.is (Library Genesis)

Download jurnal internasional melalui Library Genesis
Library Genesis
  • Buka situs jurnal open access yang biasa kamu gunakan.
  • Masukkan kata kunci atau topik untuk jurnal yang kamu inginkan.
  • Pilih jurnal internasional yang kamu inginkan dengan cara mengekliknya.
  • Copy kode DOI yang tertera pada jurnal.
  • Buka Library Genesis:Scientific Articles kemudian pastekan kode DOI pada kolom yang tersedia lalu tekan enter.
  • Klik tulisan pada bagian kiri.
  • Kemudian akan muncul idm downloader dan kalian hanya perlu klik start download.

4. Download via Scimagojr

Scimago Journal & Country Rank
Scimago Journal & Country Rank
  • Pilih jurnal atau artikel yang anda inginkan, salin kode DOI yang tertera
  • Kunjungi website scimagojr di gen.lin.scimag, salin kode DOI pada kolom pencarian kemudian akan muncul beberapa link yang tersedia untuk mendownload artikel tersebut secara gratis
  • Libgen contohnya, website akan mengarahkan ke halaman libgen kemudian klik tulisan GET yang ada pada bagian kanan. Paper akan otomatis terdownload dengan sendirinya

Kesimpulan

Kamu dapat download berbagai jurnal di mana saja. Kemudian, untuk mendownload jurnal atau artikel yang berbayar, kamu bisa menggunakan SCI HUB dengan menggunakan nomor DOI dari sebuah artikel. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan libgen.is seperti pada tutorial. Nah, walaupun kamu sudah bisa download jurnal internasional berbayar secara gratis. Semoga kamu dapat menggunakan sebaik-baiknya dalam dunia pendidikan dan riset.

Baca juga: Macam metode presentasi yang unik, metode yang digunakan obama.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk download jurnal internasional berbayar secara gratis. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat. Kemudian jika terdapat pertanyaan, kamu dapat menuliskannya di kolom komentar. Selanjutnya jangan lupa untuk subscribe PANDUANBS untuk medapatkan informasi terbaru mengenai berbagai tutorial pendidikan. Terimakasih, sampai jumpa di tulisan selanjutnya.

1 comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.