PanduanBs
Home » News » Jangan Jadi Korban! Berikut Cara Cek Rekening Penipu

Jangan Jadi Korban! Berikut Cara Cek Rekening Penipu

Cek Penipu Cek rekening dulu sebelum melakukan transaksi online

Bisakah cek nomor rekening apakah penipu atau tidak? Kini belanja merupakan hal terpenting untuk memenuhi hasrat keinginan kita yang tak terbatas ini. Dengan adanya jaringan internet yang semakin meluas, bahkan media sosial yang beralih fungsi menjadi toko online. Hingga beberapa aplikasi yang sekarang trend menjadi sarana pelapak untuk menawarkan barang atau jasa mereka di situs belanja online.

Tak sedikit orang yang belanja di situs perbelanjaan online tersebut. Kini belanja online telah memiliki banyak peminat. Hal tersebut dikarenakan banyak yang menawarkan diskon besar-besaran, voucher gratis ongkir, harga lebih murah dibanding beli langsung ke toko. Tapi apadaya, rasa percaya kita terkadang lemah jika sudah tergiur tawaran yang menarik.

Baca juga: Cara melacak nomor HP Penipu

Dibalik tawaran yang besar tersebut terkadang banyak oknum yang menyalahgunakannya untuk berbuat curang. Mereka menawarkan produk diskon, namun setelah pembeli mengirimkan uang yang harus dibayar eh malah barang tidak datang. Masih banyak lagi kecurangan yang lain.

Buat teman-teman yang hobi berbelanja online wajib sekali nih tau bukti rekening penjual tersebut asli atau palsu. Jangan sampai kita menjadi korban mereka para penipu yaaa, hehehe. Pada artikel yang lalu PANDUANBS telah memberikan cara Jangan Mau Ditipu! Berikut Cara Cek Akun Istagram Palsu atau Asli. Nah sekarang kita akan membahas bagaimana cara cek rekening Olshop Penipu. Berikut penjelasannya….

Cara Cek Rekening Olshop Penipu

1. Cara Pertama : Melalui Situs cekrekening.id

Halaman website Cek Rekening dot Id
Situs cekrekening.id

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia memberikan situs layanan kepada masyarakatnya untuk mengecek rekening online shop supaya kita tidak menjadi korban penipuan. Di situs tersebut kita dapat mengeceknya dengan melakukan hal berikut:

  • Buka situs cekrekening.id
  • Pilih Bank
  • Masukkan nomor rekening
  • Ceklis kotak “Saya bukan robot”
  • Klik tombol hijau bertuliskan “PERIKSA REKENING
Cara cek rekening penipu atau tidak
Cek rekening
Hasil cek rekening penipu
Hasil cek rekening

Dalam situs tersebut kita juga dapat mengecek segala penipuan yang pernah melakukan penipuan, misalnya investasi palsu, NARKOBA, terorisme dan kejahatan lainnya. Tak hanya mengecek, kamu juga bisa melakukan lapor nomor rekening yang sudah melakukan penipuan supaya terdata oleh KOMINFO. Dalam situs ini, kita tak perlu memiliki akun terlebih dahulu, karena situs cekrekening.id ini terbuka bagi siapa saja.

Baca juga: Cara cek akun instagram asli atau palsu

2. Cara Kedua : Melalui Situs Kredibel.co.id

Halaman landingpage Kredible
Situs kredibel.co.id

Selain menggunakan situs dari KOMINFO, kita juga dapat menggunakan situs kredibel.co.id ini. Kamu dapat melakukan pengecekan disini dan dapat melaporkan nomor rekening yang telah menipumu supaya tidak ada lagi korban. Situs ini akan mengidentifikasi apakah seseorang berpotensi melakukan penipuan atau tidak, berdasarkan keluhan dan laporan pengguna yang pernah bertransaksi dengan orang tersebut. Disini kamu juga dapat mengetahui rekam jejak si pemilik nomor rekening berdasarkan laporan maupun ulasan pembeli. Namun, jika kamu ingin menggunakan situs ini, harus melakukan daftar akun terlebih dahulu. Berikut cara penggunaannya:

  • Buka situs kredibel.co.id
  • Masukkan nomor rekening pada kotak bertuliskan “Masukkan nomor rekening bank”
  • Klik kotak berwarna oranye bertuliskan “Check

Atau jika kita hanya mendapatkan info nomor telepon penjual, kita dapat mengeceknya dengan memasukkan nomor telepon penjual. Caranya sebagai berikut:

  • Ubah “Rekening” menjadi “Telepon
  • Masukkan nomor telepon ke kotak bertuliskan “Masukkan nomor telepon”
  • Klik kotak berwarna oranye bertuliskan “Check
Cek rekening penipu online Kredible
Cek telepon penipu online
Cara cek rekening penipu online di kredible
Cek rekening
Hasil cek rekening penipu online di kredible
Hasil cek rekening

Nahh, gimana? Masih ragu untuk belanja online? Udah ada situs terpercaya seperti ini kita bisa cek lhooo. Jadi, tetap waspada yaa jika belanja online, selalu cek riwayat penjualannya , rekening hingga nomor telepon. Jangan sampai kamu jadi korban. Yuk bagikan ke teman, keluarga dan tetangga kamu, supaya tidak ada lagi kasus penipuan lagi. Jangan lupa jika kamu mengalami penipuan, silahkan laporkan ke situs KOMINFO yaaa. Terima kasih, semoga bermanfaat 🙂

Jangan lupa untuk membaca cara melacak nomor hp penipu.

Subscribe chanel YouTube PANDUANBS untuk tutorial dan info menarik lainnya yang dikelas melalui video. Dijamin makin paham deh! Klik tombol di bawah yaa….

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.