PanduanBs
Home » News » [Upgrade Skill] 7 Skill Yang Harus Kuasai Dikuasai Di Era New Normal

[Upgrade Skill] 7 Skill Yang Harus Kuasai Dikuasai Di Era New Normal

7 Skill Yang Harus Kuasai Dikuasai Di Era New Normal

Pasti dengan adanya kondisi yang mengharuskan kita melakukan segala sesuatu di rumah aja kita seringkali merasa bosan, iya ngga? Mau ngga mau semua kegiatan berubah secara drastis, kita pun juga harus siap dengan kondisi yang seperti ini. Bahkan, kita juga harus pandai pandai untuk mengatur gaya hidup baru sesuai kebijakan pemerintah. Ngga mau kan kalau gaya hidup kita bakal ketinggalan dengan yang lain, bahkan kita malah ngga update skill?

Skill yang dimiliki seseorang sekarang menjadi keunggulan dalam dirinya masing-masing, bahkan dalam dunia kerja kita juga perlu mempunyai skill yang jarang dimiliki oleh orang lain. Terlebih di era New Normal ini, kita harus berlomba-lomba untuk mengupgrade skill supaya ngga ketinggalan dan sesuai dengan New Normal sekarang ini nih.

Tenang yaa, jangan khawatir PANDUANBS bakalan kasi tips buat kita semua skill apa aja sih yang harus kita kuasai di era New Normal ini. Ada 7 skill yang bakal di bahas dan kita tentukan sendiri yaa skill mana yang sesuai dan cocok untuk diri kita kembangkan lebih lanjut, ini dia….

1 Menguasai Teknologi Digital

Menguasai Teknologi Digital

Di jaman yang serba modern seperti sekarang ini, masih mau ketinggalan teknologi? masih mau gaptek? sebaiknya jangan yaa hehe. Kita udah ngga jamannya lagi buat ngelakuin apapun serba tradisional, dimana mana sudah menggunakan teknologi. Jadi kita harus tau yaa soal teknologi. Tips menguasai teknologi digital yang bisa kita lakukan pertama yaitu media sosial yang kini banyak digandrungi para masyarakat dunia. Kuasai tools yang ada di media sosial, hingga penggunaannya.

2 Mempelajari Hal Baru dengan Cepat

2 Mempelajari Hal Baru dengan Cepat

Teknologi digital berkembang dengan sangat pesat, skill kita dalam mempelajari hal baru harus juga dengan cepat. Karna akan banyak hal yang terjadi di era New Normal ini secara cepat, secara cepat juga kita harus dapat mempelajari hal baru. Contohnya WFH (Work From Home) karna terbiasa dengan bekerja di kantor, kita dituntut untuk mempelajari aplikasi pertemuan online, rapat online, sistem informasi, video conference secara cepat dan tanggap. Kalau kita lambat dalam hal tersebut, haduhhh semua pekerjaan pasti lambat juga untuk diselesaikan.

3 Dapat Mengkolaborasikan Kegiatan Online dan Offline

3 Dapat Mengkolaborasikan Kegiatan Online dan Offline

Himbauan di rumah aja menjadikan kita harus melakukan kegiatan yang semula sering offline menjadi online. Contohnya yaitu sekolah yang harus dilaksanakan online dalam masa pandemi. Sejak era New Normal di publikasi ke media, beberapa kantor, toko, bahkan bimbingan belajar dahapt dilakukan offline sesuai protokol kesehatan. Dari adanya pandemi ini, kita mulai kebiasaan baru yang tidak hanya berkegiatan offline tapi juga online. Karenanya, kita harus mempunyai skill untuk dapat mengkolaborasikan kegiatan online dan offline secara baik.

4 Kreativitas

4 Kreativitas

Di era sekarang ini, soft skill kreativitas adalah segalanya. Seseorang yang memiliki kreativitas tinggi akan lebih unggul, terlebih jika kreativitas yang dimiliki tak banyak yang memiliki. Kreativitas muncul karena berbagai faktor yaitu, lingkungan, hobi, sampai kebiasaan sehari-hari. Untuk mengembangkan kreativitas tak cukup dengan waktu yang singkat, pengembangan kreativitas haruslah dengan pengalaman dan wawasan yang luas, bahkan waktu yang cukup lama

5 Kecerdasan Emosional

5 Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional dapat diasah dalam keadaan sehari-hari, contohnya dalam suatu permasalahan yang rumit, kecerdasan emosianal kita dilatih untuk menghadapi suatu masalah dengan cara yang seperti apa, negatif atau positifkah? Seseorang yang bisa mengontrol emosi negatifnya menjadi sesuatu yang positif atau bisa mendorongnya untuk terus fokus dalam menyelesaikan pekerjaannya dengan baik artinya dia memiliki kecerdasan emosional yang baik. Untuk itu kita dapat mengembangkan skill ini dengan perlahan menjadi pribadi yang lebih baik terhadap kondisi apapun.

6 Ketrampilan Mengatur Keuangan

6 Ketrampilan Mengatur Keuangan

Di kondisi Indonesia yang terdampak wabah virus Covid-19 ini menjadikan banyak pegawai swata diPHK, pegawai kantor dirumahkan. Sedangkan harga bahan sembako dipasaran semakin naik, biaya tambahan untuk membeli masker, hand satitizer , dan obat-obatan lainnya, juga pengeluaran bulanan yang terbilang naik dikarenakan hanya beraktivitas di rumah saja. Keadaan seperti itu yang menjadikan kita harus pandai dalam mengatur keuangan jangka panjang. Gimana tuh? Kita bisa memulai dengan menulis daftar kebutuhan yaa bukan keinginan, terutama kebutuhan pokok. Menentukan skala prioritas dan mulai menghemat pengeluaran, jika kita sudah pandai mengatur keuangan nantinya akan bermanfaat bagi kehidupan kita disaat berhadapan dengan kondisi yang seperti ini.

7 Berinovasi

7 Berinovasi

Skill yang satu ini ngga main-main manfaatnya, banyak sekali yang akan kita dapatkan jika kita memiliki skill berinovasi yang baik. Jika kita mempunyai skill inovasi yang baik dalam suatu pekerjaan, kita akan mendapatkan reward dari perusahaan dengan baik pula. Hal pertama yang harus kita lakukan untuk mengembangkan skill ini yaitu kita sebisa mungkin menyampaikan ide-ide yang kita punyai tanpa malu, meskipun ide tersebut terlihat tidak mungkin. Namun apasih yang tidak mungkin jika kita mau berusaha melakukan?? Nahh, skill berinovasi itulah yang harus didorong dengan keinginan yang kuat untuk mewujudkannya.

Itu dia 7 Skill yang perlu kita kembangkan di era New Normal seperti ini, untuk mengembangkan beberapa bahkan semua skill siatas kita perlu komitmen yang kuat untuk mencapainya. Selain komitmen, kita juga harus disiplin dalam menerapkan pengembangan skill tersebut, jangan malah mudah menyerah dengan keadaan yaa. Kita harus terus bangkit dalam kondisi seperti ini, karna ngga banyak orang yang dapat mengembangkan kemampuannya tanpa didasari keingin tahuan dan kemauan yang tinggi. Jadi, tetap semangatt!!

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.