PanduanBs
Home » Blogging » Cara Mudah Meningkatkan SEO pada Artikel

Cara Mudah Meningkatkan SEO pada Artikel

Cara Mudah Meningkatkan SEO pada Artikel PanduanBS

Sebagai seorang blogger, penulis konten, dan sejenisnya pasti selalu mencari cara bagaimana membuat web atau blog yang SEO Friendly. Semua orang yang mempunyai blog atau web pasti ingin blog nya berada di halaman pertama mesin pencari. Dengan masuknya blog atau web di halaman pertama mesin mencari, intensitas pengunjung akan bertambah.

Langkah atau cara untuk mewujudkan hal tersebut disebut dengan Search Engine Optimization (SEO). Blog atau web yang SEO Friendly selain akan muncul di halaman pertama mesin pencari, juga akan menambah pengunjung serta pembaca konten. Selain itu, blog atau web tersebut akan dipercayai oleh mesin pencari dan semua orang sebagai penyedia konten yang berkualitas.

Berikut ini, panduanbs akan sertakan langkah-langkah untuk meningkatkan SEO pada blog atau web kita. Berikut langkah-langkahnya.

Judul pada WordPress
Judul pada WordPress dari pixabay.com

Judul

Judul adalah sebuah hal yang sangat penting. Judul sebuah artikel atau web harus singkat, padat, dan jelas. Selain itu, peran judul dalam artikel adalah sebagai deskripsi singkat terkait isi artikel kita. Judul yang baik adalah judul yang bisa merepresentasikan isi dari artikel yang kita buat. Berikut ini langkah-langkah membuat judul yang SEO Friendly.

1. Gunakan kata kunci sebagai judul.

Kata kunci yang relavan dengan isi postingan harus ada di dalam judul, tidak boleh tidak ada. Misalkan kita hendak membuat postingan tentang SEO maka kata kunci SEO harus ada di judul utama artikel yang dibuat.

2. Kata kunci sebaiknya diletakan di awal judul.

Beberapa pakar SEO mengatakan bahwa judul SEO yang baik adalah judul dengan kata kunci utama di depannya. Walaupun tidak berada di awal judul sebenarnya tidak apa-apa asalkan tidak berada di akhir judul tersebut.

3. Judul artikel sebaiknya kurang dari 71 karakter.

Beberapa mesin pencari memang memiliki jumlah yang berbeda. Rata-rata adalah 71 karakter. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa judul harus singkat, padat, dan jelas.

4. Judul utama sebaiknya kurang dari 60 karakter.

Kalimat penting atau kata kunci sebaiknya kurang dari 60 karakter dari 71 karakter tersebut. Maksudnya seperti ini, misalkan kita punya judul dengan panjang 71 karakter, maka 60 karakter utamanya adalah poin pertama dari judul dan artikel yang kita buat.

5. Gunakan judul yang mengundang pengunjung.

Pembuatan judul yang menarik haruslah dilakukan supaya pengunjung tertarik dengan artikel kita. Inilah mengapa bahwa judul adalah point penting dalam hal Search Engine Optimization.

Baca juga : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Nama Nama Domain.

Analisis SEO
Analisis SEO dari pixabay.com

Artikel

Setelah kita berbicara tentang judul artikel harus seperti apa supaya Seo Friendly, sekarang kita akan bahas bagaimana membuat artikel yang SEO Friendly. Dalam pembuatan artikel tentu hal pertama adalah harus sesuai dengan judulnya. Isi artikel harus langsung ke poin utama, tidak harus bertele-tele yang menyebabkan pengunjung bosan. Berikut ini adalah tips menulis artikel yang SEO Friendly.

1. Artikel panjang dan isinya dalam.

Panjang artikel memang tergantung poin apa yang akan kita bahas. Jika artikel kita panjang, usahakan isinya dalam, jelas, dan terperinci. Panjangnya artikel karena kontennya panjang dan berbobot, jangan karena banyak hal yang tidak penting lainnya. Jika artikelnya pendek, pastikan isinya berbobot, jelas, dan langsung ke poin utamanya.

2. Tambahkan media dalam artikel.

Penggunaan media itu penting dalam artikel. Usahakan jangan mengisi artikel yang isinya full teks semua. Berilah media baik itu gambar, video, dan sebagainya supaya pembaca tidak bosan. Paling tidak, dalam satu artikel ada minimal satu gambar atau media yang dimasukkan.

3. Gunakan tag ‘alt’ pada setiap gambar atau media.

Hal ini yang biasanya tidak diperhatikan, padahal penting fungsinya. Penggunaan alt pada media akan meningkatkan SEO pada mesin pencari walaupun ini tidak terlalu berpengaruh pada pembaca, tapi berpengaruh pada Mesin Pencari.

4. Masukkan kata kunci sekitar 3%-%5 dari isi artikel.

Kita harus bisa menyelipkan artikel dengan kata kunci utama kita. Tentu kita harus menentukan kata kunci apa yang akan kita tekankan pada postingan kita. Namun, harus diperhatikan juga bahwa tidak boleh memasukkan kata kunci terlalu banyak atau terlalu sering. Hal ini malahan akan berakibat tidak baik pada web kita.

5. Perhatikan penggunaan variasi huruf.

Variasi huruf seperti tebal, miring, dan garis bawah harus diperhatikan juga. Jangan gunakan terlalu berlebihan. Gunakan variasi tersebut untuk menekankan suatu kata yang penting, bisa diterapkan pada kata kunci utama juga.

6. Gunakan elemen h1,h2,h3.

Elemen tersebut merupakan elemen sub heading yang bisa diartikan sebuah sub judul dari artikel kita. Gunakan h1 untuk judul utama, dan h2 serta h3 untuk sub judul artikel kita.

7. Gunakan link internal.

Link internal adalah link yang menuju blog atau web kita sendiri. Contohnya adalah link menuju postingan lain yang relavan. Penggunaan link internal akan menambah page views serta bisa membuat pengunjung berlama-laa dalam membaca artikel kita.

8. Gunakan link eksternal.

Bedanya dengan link internal, link eksternal adalah link yang mengarah ke luar blog atau web tersebut. Link eksternal bisa mengarah ke situs-situs lain yang sudah memiliki nilai SEO yang tinggi.

9. Tambahkan kesimpulan.

Kesimpulan berisi uraikan singkat tentang apa saja yang telah dibahas dalam artikelnya. Hal ini juga penting untuk menambah kepuasan pengunjung.

Tips SEO
Tips SEO. sumber gambar dari pixabay.com

Tambahan

Selain judul ada artikel, ada dua hal lagi yang bisa dilakukan dalam optimasi mesin pencari. Dua hal tersebut adalah sebagai berikut.

1. Optimasi URL permalink.

Contoh permalink
Contoh Permalink

URL Permalink adalah url yang menuju ke artikel kita sendiri. Gunakan url yang singkat, padat, dan jelas tidak  boleh terlalu panjang. Dibeberapa layanan blogging kita bisa mengatur permalink ini. Jika website kita kita bisa mengatur permalink sesuai apa yang kita inginkan.

2. Optimasi META Description.

contoh meta description
contoh meta description

Mungkin ini bagian yang dilewati. Meta description adalah sebuah kalimat deskripsi yang nantinya akan muncul di mesin pencari. Ini merupakan kilasan sekilas tentang isi artikel yang kita buat. Dibeberapa penyedia layanan blog seperti wordpress.com dan blogger.com sudah ada fitur untuk mengatur hal ini.

Baca juga : Apa Perbedaan Domain dan Hosting?

Kesimpulan

Dalam hal optimasi di mesin pencari kita harus benar-benar memperhatikan Judul, isi artikel, dan URL dari postingan atau artikel yang kita buat. Hendaknya seluruh elemen itu mengandung kata kunci utama supaya cepat terindeks oleh mesin pencari seperti google, bing, dan sebagainya. Selalu perhatikan hal-hal sepele dalam penulisan seperti salah satunya variasi huruf. Buatlah web atau blog yang membuat pengunjung nyaman membaca dan nyaman berada di blog atau web kita.

Itulah uraian singkat dari panduanbs, semoga apa yang kami berikan bermanfaat bagi kita semua dan dapat diterapkan pada blog atau web pribadi masing-masing. Sampai berjumpa di postingan selanjutnya.

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.