PanduanBs
Home » Bisnis » Cara Budidaya Tanaman Sayuran dengan Kantong Plastik Polybag dan Tips Perawatannya

Cara Budidaya Tanaman Sayuran dengan Kantong Plastik Polybag dan Tips Perawatannya

Budidaya tanaman merupakan salah satu trend yang muncul di tengah pandemi Covid-19 ini. Budidaya tanaman yang menjadi trend yaitu budidaya tanaman sayuran. Tanaman sayuran merupakan tenaman yang sangat bermanfaat bagi nutrisi tubuh kita dalam menambah imun. Imun dalam tubuh tentunya sangat dibutuhkan disaat pandemi ini. Bagi kamu yang berdomisili di lingkungan yang kurang lahan dan tetap ingin melakukan budidaya tanaman sayuran tenang saja. PANDUANBS bakalan ngasih infonya nih. Kita bisa melakukan budidaya tanaman sayuran dengan kantong plastik polybag. Ngga hanya itu dong pastinya, tapi juga tips perawatannya loh. Yuk simak sampai selesai yaa tips budidaya dan perawatannya.

Budidaya tanaman adalah berbagai macam kegiatan pengembangan dan pemanfaatan sumber daya alam nabati yang dilakukan oleh manusia dengan menggunakan modal, teknologi ataupun dengan sumber daya lainnya untuk menghasilkan suatu produk berupa barang yang bisa memenuhi kebutuhan manusia. Nah disini kita akan menggunakan media kantong plastik Polybag untuk penanaman sayuran.

Manfaat atau Keuntungan dengan Polybag

menanam sayuran di polybag

1. Tanaman tidak mengenal musim

Kondisi kantong plastik polybag yang pada saat penanaman sayuran diberi air menjadikan tanaman sayuran yang ditanam di polybag tidak mengenal musim. Untuk itu kita tak perlu mengkhawatirkan akan perubahan musim yang terjadi.

2. Biaya Murah

Jika dibandingkan dengan menanam di lahan yang memerlukan biaya dan tempat lebar, polybag memberikan penawaran biaya yang lebih murah lohh.

3. Tahan Karat

Polybag yang berbahan utama plastik menjadikan tahan karat akan air hujan atau pada saat penyiraman. Tanaman sayuran yang sangat bermanfaat bagi tubuh tentunya harus ditanam dengan baik. Tanpa adanya perkaratan akan membuat tanaman menjadi lebih sehat.

4. Ringan

Menanam menggunakan polybag akan menjadikan tanaman mudah dipindahkan. Hal tersebut karena polybag yang berbahan ringan.

5. Baik untuk drainase

Selain murah dan mudah didapatkan, polybag merupakan bahan yang baik untuk drainase sehingga tanaman dapat tumbuh subur seperti di lahan.

Video Panduan Penanaman Benih di Polybag

Langkah-Langkah Menanam Benih di Polybag

1 Siapkan bahan berikut

  • Benih Tanaman
  • Polybag
  • Tanah yang subur
  • Air

2 Lubangi Polybag

polybag

Lubangi Polybag sesuai dengan jumlah benih yang akan dimasukkan. Satu kantong polybag dapat menampung 3 sampai 5 benih. Sehingga kita dapat melubangi polybag dengan 3 sampai 5 lubang.

3 Masukkan tanah

menanam di polybag

Langkah selanjutnya yaitu masukkan tanah ke dalam polybag dengan kapasitas 3/4 dari ukuran polybag. Kita dapat menggunakan tanah yang subur yaa dan yang cocok dengan penanaman media polybag.

4 Siram dengan air

penanaman sayuran dengan polybag

Tanah yang sudah kita masukkan ke dalam polybag kemudian disiram dengan air secukupnya hingga tanah tersiram merata. Kita tidak perlu terlalu banyak atau terlalu sedikit menyiramkannya.

5 Masukkan Benih

penanaman sayuran dengan polybag

Masukkan benih tanaman sayuran yang kita inginkan sebanyak 3 sampai 5 benih. Masukkan benih secara merata yaa.

6 Tambahkan Tanah

penanaman sayuran dengan polybag

Tambahkan sedikit tanah lagi sampai benih tertutup dengan tanah hingga merata. Tidak perlu banyak-banyak, cukup sampai berata menutupi benih saja yaa.

7 Simpan di tempat yang teduh

Setelah semuanya selesai, kita dapat letakkan di tempat yang teduh dengan pencahayaan yang cukup. Tidak perlu terlalu banyak terkena matahari atau terlalu gelap yang akan menghambat pertumbuhan tanaman.

Tips Perawatan

1 Siram secara rutin pagi dan sore

Jangan lupa siram tanaman secara rutin pagi dan sore hari yaa supaya tanaman tidak kering, terlebih jika sayuran

2 Berikan pupuk organik tiap seminggu sekali

Tiap seminggu sekali, kita dapat memberikan pupuk organik pada tanaman

3 Letakkan di tempat yang terkena sinar matahari

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita dapat meletakkan tanaman dengan terkena pencahayaan sinar matahari

4 Hindari hujan setelah 3 hari

Tiga hari setelah bibt ditanam, maka akan tumbuh tanaman muda. Tanaman muda ini hindarkan dari hujan supaya tidak mati. Karena hujan yang deras akan rawan menjadikan tanaman mudah mati.

Beitulah tata cara menanam tanaman sayuran dalam media tanam polybag. Mudah bukan? Yuk kita coba tanam sayuran di teras rumah kita menggunakan polybag. Jangan lupa bagikan info ini ke teman, tetangga atau kerabat kita untuk juga melakukan cocok tanam sayuran media polybag yaa.

Kamu bisa melihat tutorial tersebut di Channel YouTube PANDUANBS lhooo. Yuk cek channel PANDUANBS dan subscribe untuk menambah konton tutorial bagi kita semua.

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.