PanduanBs
Home » Android » Cara Mengganti Tema Gelap (Dark Mode) di WhatsApp

Cara Mengganti Tema Gelap (Dark Mode) di WhatsApp

Cara Mengganti Tema Gelap (Dark Mode) di WhatsApp

Tema Gelap WhatsApp – Haii, Selamat datang kembali di situs PANDUANBS. Kali ini kita mau berbagi tutorial lagi nih, tutorial simpel tapi beberapa orang masih ada yang belum tau. Tutorial kita kali ini yaitu “Cara Mengganti Tema Gelap ( Dark Mode ) di WhatsApp”. Sebagian besar orang tentunya sudah tidak asing dengan WhatsApp, WhatsApp merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita untuk bertukar pesan tanpa menggunakan biaya seperti SMS, karena WhatsApp merupakan aplikasi yang menggunakan paket data internet dalam penggunaannya. Melalui WhatsApp kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto, dll.

WhatsApp Dark Mode

Nah, pada tanggal 5 Maret 2020 lalu WhatsApp di Indonesia telah resmi mengeluarkan mode tampilan baru yaitu dark mode. Untuk versi android, WhatsApp yang telah memiliki pilihan tema darkmode yang dapat digunakan oleh pengguna android 9 dan android 10, sedangkan untuk iOS terdapat pada iOS 13.

Kenapa harus pake Tema Gelap (Dark Mode)?

Dark mode merupakan tema yang mengubah tampilan suatu aplikasi menjadi gelap. Beberapa tujuan diciptakannya darkmode ini terutama pada aplikasi WhatsApp adalah tampilan dark mode diklaim dapat membuat layar ponsel tidak memakan daya yang berlebih hal ini dikarenakan warna piksel memiliki korelasi pada penggunaan daya, piksel yang lebih gelap memakan energi yang jauh lebih sedikit daripada piksel yang lebih terang. Tampilan darkmode ini juga dapat mengurangi ketegangan mata bagi penggunanya apabila berada di lingkungan yang rendah cahaya.

Cara Mengubah Tema Gelap

Oke langsung aja ke cara untuk mengaktifkan fitur darkmode ini.

Bagi pengguna android 9, untuk dapat mengaktifkan fitur darkmode ini perlu melakukan langkah-langkah seperti dibawah ini :

1. Buka Aplikasi WhatsApp

Buka aplikasi WhatsApp yang telah kalian miliki, pastikan aplikasi yang kalian miliki saat ini merupskan aplikasi versi terbaru yakni versi 2.20.64. Jika belum yang terbaru, kalian dapat memperbaruinya terlebih dahulu di playstore.

2. Klik tombol titik tiga

Setelah membuka WhatsApp tampilannya akan seperti ini. Pada bagian pojok kanan atas terdapat tombol titik tiga, pilih tombol tersebut.

3. Pilih Setting atau Setelan

Kemudian pilih menu “setting” untuk pengguna basa inggris atau “setelan” untuk pengguna bahasa Indonesia.

4. Pilih Chat

Tampilan dalam menu setting akan seperti berikut, kemudian kita pilih pada bagian Chat.

5. Pilih Tema

Setelah itu pada bagian tampilan terdapat tema.

6. Pilih Dark atau Gelap

Untuk mengubah tampilan menjadi dark mode maka kita ubah tema tersebut dengan cara mengekliknya lalu pilih tema menjadi gelap atau dark.

7. Boom! Tema Sudah Berubah

Tampilan WhatsApp mu akan secara otomatis berubah seperti berikut.

Sedangkan bagi pengguna android 10 serta iOS dapat mengaktifkan fitur mode gelap atau darkmode ini melalui pengaturan sistem, atau dengan cara seperti berikut. yang kurang lebih sama dengan proses pada android 9.

Untuk Pengguna Android 10.

  1. Buka aplikasi WhatsApp yang telah kalian miliki, pastikan aplikasi yang kalian miliki saat ini meruskan aplikasi versi terbaru yakni versi 2.20.64. Jika belum yang terbaru, kalian dapat memperbaruinya terlebih dahulu di playstore.
  2. Buka menu setting atau pengaturan pada ponsel anda
  3. Pilih display
  4. Kemudian pilih night mode
  5. Lalu untuk mengaktifkannya kita perlu mengubah night mode menjadi ‘on’

Untuk Pengguna IOS.

  1. Buka aplikasi WhatsApp, pastikan anda telah memiliki dan menginstall aplikasi WhatsApp dengan versi paling baru yakni versi 2.20.30. Jika belum maka anda dapat melakukan update aplikasi melalui appstore.
  2. Kemudian buka menu setting pada ponsel anda
  3. Pilih display dan brightness
  4. Kemudian pilih ‘Dark Mode’

Nah jadi seperti itu cara untuk mengaktifkan fitur darkmode pada whatsapp, hal ini bergantung pada versi android/iOS yang kalian miliki. Sekian tutorial yang dapat kalian berikan, semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam memperoleh informasi-informasi terbaru yang belum kalian ketahui. Jangan lupa tinggalkan komentar atau saran agar kami dapat mengembangkan artikel dengan lebih baik lagi.

Stay safe, stay healthy, stay happy dan tetap di rumah aja. Don’t forget, “See you in another article”.

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.