PanduanBs
Home » News » [Open Source] 7 Aplikasi Populer Gratis perekam layar laptop atau komputer windows ,linux, dan mac

[Open Source] 7 Aplikasi Populer Gratis perekam layar laptop atau komputer windows ,linux, dan mac

PanduanBS Open Broadcaster Software OBS

Aplikasi Populer Gratis Screen Recorder (Rekam Layar) Laptop – HAi sobat PANDUANBS. Apa kabarnya? semoga tetap baik walaupun sedang melakukan PSBB dirumah aja. Kali ini saya akan membagikan 7 Aplikasi yang Poluler dan Gratis perekam layar laptop atau komputer untuk para pengguna windows, linux, dan juga mac.

Sudah kita ketahui bersama bahwa penggunaan layar sudah tidak terelakkan dalam kehidupan kita sehari hari. mulai dari smartphone (ponsel cerdas), televisi, bahkan komputer pribadi kamu. Rekaman layar memainkan peran penting di sini. Ini telah menjadi alat penting untuk berbagi pengetahuan apakah itu untuk bisnis, pendidikan, atau hiburan.

Kamu bisa merekam apa pun yang ada di layar Kamu, kemudian mengonversinya menjadi video yang layak untuk dibagikan melalui berbagai sosial media seperti Facebook, Youtube, Instagram dll. Namun, seluruh proses pembuatan video dan membaginya dapat menjadi sulit jika jenis perangkat lunak perekam layar yang tepat tidak diterapkan.

Berikut 7 Aplikasi Gratis perekam layar laptop atau komputer windows ,linux, dan mac yang PANDUANBS rekomendasikan untuk kamu.

1. ShareX – Windows

ShareX adalah aplikasi open source yang memungkinkan kamu untuk menangkap dan merekam layar dan membagikannya hanya dengan satu klik. Share x terkenal dengan fungsi perekamannya yang cepat dan fitur fitur dapat diakses dengan mudah. ShareX juga memiliki versi portable yang tidak merepotkan untuk menginstall di perangkat laptop kamu.

ShareX Perekam Layar

Fitur ShareX:

  1. Memungkinkan merekam layar penuh.
  2. Memiliki fitur rekaman layar secara otomatis
  3. Memiliki banyak tools perekam layar yang canggih
  4. Disini kamu dapat mengunggah file langsung dengan berbagai metode
  5. Tidak Ada watermark dari ShareX

Inti dari ShareX

Indinya adalah ShareX adalah aplikasi perekam layar gratis. Kamu tidak perlu khawatir adanya watermark, dan tidak ada batasan waktu jika Kamu menggunakan ShareX untuk screenshot dan merekam video.

2. OBS Studio – Windows, Linux, dan Mac

OBS Studio adalah aplikasi rekam layar open source yang benar – benar gratis. Tanpa ada batasan apapun yang berkaitan dengan jumlah dan banyak video yang kamu rekam. OBS Studio merupakan perekam layar terbaik untuk gamer. Para gamer banyak yang menggunakan perekam layar OBS Studio untuk membuat kontennya. Atau hanya sekedar untuk bahan analisis dan evaluasi oermainannya di kemudian nanti.

Obs Studio Screen Recorder

Fitur OBS Studio

  1. Menghasilkan kualitas video yang tinggi dengan transisi khusus
  2. Kamu dapat menggunakan berbagai filter canggih, koreksi warna, dan alat masking gambar
  3. User Interface yang mudah dipahami dan dikonfigurasai
  4. Memiliki fitur mode dark
  5. Memiliki mixer audio yang canggih dengan kemampuan penghapusan noise

Inti dari OBS Studio

OBS Studio adalah aplikasi screen recorder yang dapat digunakan pada Windows, Linux, dan Mac OS 10.11+. Kamu juga dapat menggunakakan secara offline ada bahkan digunakan untuk streaming secara langsung.

3. Cam Studio – Windows

Cam studio adalah aplikasi screen recorder ( perekam layar) yang memiliki kemampuan untuk merekap aktivitas layar kamu beserta audionya. Dikutip dari website cam studio “CamStudio dapat merekam semua aktivitas layar dan audio di komputer Kamu dan membuat file video AVI standar industri dan menggunakan SWF Produser bawaannya dapat mengubah AVI tersebut menjadi video Streaming Flash (SWF) yang ramping, rata-rata, dan ramah bandwidth.”

camstudio.org

Fitur Cam Studio

  1. Buat video dengan teks dan keterangan layar
  2. Personalisasi video kamu dengan film web cam
  3. Termasuk lossles codec yang membantu membuat video eksplisit dengan ukuran file kecil
  4. Memfasilitasi untuk menyesuaikan kursor saat merekam video
  5. Bisa menangkap layar secara penuh atau hanya sebagian layar

Inti dari Cam Studio

Kamu dapat mendownload CamStudio secara gratis karena aplikasinya yang open source. Cam studio mudah untuk digunakan dan dipelajari dalam hitungan menit. Kamu dapat membuat video berkualitas tinggi untuk penggunaan pribadi atau komersial. Tidak Ada royalti atau biaya tersembuyi yang terkait dengan aplikasi cam studio.

4. VirtualDub – Windows

VirtualDub adalah aplikasi perekam layar video untuk platform windows 32 bit dan 64 bit. Kamu juga bisa memproses banyak file dan menyesuaikan menggunakan filter video pihak ketiga. VirtualDub dapat memproses file AVI, tetapi juga dapat membaca file MPEG-1 dan juga gambar BMP.

VirtualDub

Fitur VirtualDub

  1. VirtualDub menyederhanakan operasi jenis linier terjepat pada video
  2. Kamu dapat menambah / menghapus / mengedit trek audio tanpa mengganggu videonya.
  3. Tersedia beberapa filter video seperti blur, emboss, mempertajam, membalik, mengubah ukuran, memutar, kecerahan / kontras, dll. Untuk meningkatkan kualitas video.
  4. Tata letak yang sederhana menjangkup keterangan, bilah menu, panel info, dan bilah status.
  5. Terintegrasi dengan decoder MPEG-1 dan Motion-JPEG

Inti dari VirtualDub

VirtualDub merupalakan aplikasi screen recorder yang dapat disesuaikan sepenuhnya, yang bahkan memungkinkan Kamu untuk menambahkan filter menggunakan SDK filter. Aplikasi yang Open Source, Kamu dapat mencobanya dan menentukan apakah hasilnya sesuai dengan kebutuhanmu atau tidak.

5. FreeSeer – Windows, Linux, dan Mac

Freeseer merupakan aplikasi perekam layar open source secara gratis, linstas platform yang artinya dapat digunakan pada platform Windows, Linux, maupun pada mac. FreeSeer bisa digunakan untuk pemula serta profesional yang dapat menangkap semua layar destop dengan mudah. Aplikas Freeseer biasanya digunakan untuk merekap presentasi destop selama konferensi, sesi pelatihan, dan juga perkuliahan.

Freeseer Aplikasi Perekam Layar

Fitur FreeSeer

  1. Mudah digunakan untuk pemula hingga profesional
  2. Artarmuka sederhana yang difokuskan pada perekaman
  3. Memiliki Talk Editor yang memungkinkan Kamu untuk menambahkan pembicaraan secara manual
  4. Terdapat Plugin Freeseer pengembang dapat dengan mudah menulis plugin mereka sendiri untuk menambahkan fitur baru
  5. Konfigurasikan input audio dan video Kamu, output, simpan lokasi, dan banyak lagi.

Inti dari FreeSeer

FreeSeer adalah aplikasi screen recorder perekam layar yang ramah dengan pengguna pemula hingga profesional. Antarmuka sederhana dan terdapat plugin yang bisa menambahkan fitur sesuai keingnan kita.

6. SimpleScreenRecorder – Linux

SimpleScreenRecorder merupakan aplikasi yang berbasis pada linux yang khusus dibuat untuk merekam permainan dan program aplikasi. Simple screen recorder memiliki antarmuka yang sangat sederhana dan menarik bagi pemula dan memiliki banyak fitur canggih.

Simple Screen Recording

Fitur SimpleScreenRecorder

  1. Dilengkapi antar muka pengguna berbasis grafis Qt
  2. Lebih cepat daipada perekam layar lainnya
  3. Mengizinkan untuk melakukan streaming langsung
  4. Sinkronisasi audio dan video yang tepat dimungkinkan
  5. Secara otomatis mengurangi frame rate video jika komputer terlalu lambat

Inti dari SimpleScreenRecorder

SimpleScreenRecorder adalah perangkat lunak perekam layar yang sangat kaya akan fitur. Selain itu, ini gratis dan open source sehingga Kamu dapat mencoba menggunakannya dengan berbagai pengaturan yang dapat disesuaikan.

7. RecordMyDestop – Linux

Yang satu ini juga untuk operating system linux. RecordMyDestop merupakan salah satu perekam video yang mudah digunakan dan efektif yang dipisahkan menjadi dua bagian utama: satu adalah baris perintah aktif yang dapat digunakan untuk penyandian dan juga menangkap sedangkan yang kedua adalah antarmuka canggih yang membuat semuanya mudah digunakan.

Fitur RecordMyDestop

  1. User Interface yang jelas dan mudah digunakan
  2. Dapat merekam video dan input audio dengan jelas
  3. Konfigurasi kualitas video dan audio
  4. memilih window tertentu untuk direkam

Inti dari RecordMyDestop

Aplikasi opensource dan gratis digunakan pada operasi sitem linux. User Interface mudah untuk digunakan dan dipahami pengguna yang baru pemula. Dan Aplikasi RecordMyDestop merpakan Alat yang sempurna untuk melakukan semua tugas dasar.

Itulah 7 Rekomedasi Aplikasi yang Poluler digunakan untuk merekapam layar destop laptop atau komputer pada sistem operasi Windows, Linuk, dan Mac. Jika kamu terdapat saran menggunakan aplikasi lain bisa tulis di kolom komentar.

Termakasih Sobat PANDUANBS sudah mengunjungi dan membaca Artikel “[Open Source] 7 Aplikasi Populer Gratis perekam layar laptop atau komputer windows ,linux, dan mac“. Apabila ada pertanyaan kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan membantu kamu.

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.