PanduanBs
Home » Bisnis » Memulai Usaha di Dunia Digital

Memulai Usaha di Dunia Digital

Memulai Usaha di Dunia Digital

Halo sahabat bs, kali ini kami akan berbagi tips bagaimana langkah-langkah memulai bisnis atau usaha di dunia digital. Saat ini perkembangan teknologi yang sangat pesat merubah pola hidup masyarakat. Pola hidup paling mencolok khususnya adalah perubahan pola ekonomi. Jika dulu sebelum ditemukannya internet usaha masih berjalan secara konvensional atau tradisional. Saat ini pola usaha dan bisnis mulai dari lingkup kecil hingga besar telah masuk dalam dunia digital dan lebih moderen. Buat kalian yang bingung gimana ya cara membuka usaha atau bisnis digital khususnya di internet, yuk simak artikel berikut !

1. Memulai lewat hobi.

Hobi bisa jadi peluang mendatangkan rejeki Untuk kalian khususnya para pemula, yang ingin memulai bisnis atau usaha tapi harus dimulai darimana. Kalian bisa memulainya lewat hobi. Hobi apapun yang kalian tekuni, bila dijalani dan ditawarkan di internet khususnya bisa jadi akan menjadi sumber penghasilan. Sebagai contoh bila kalian hobi menggambar kalian bisa membuka jasa lukis dan menawarkannya di internet. Bila kalian hobi menulis kalian bisa melakukan blogging atau menjual artikel dan tulisan kalian. Bila kalian hobi fotografi kalian bisa membuka jasa foto. Dan masih banyak hobi lain yang bisa mendatangkan uang bila ditekuni secara maksimal. Menyenangkan bukan bila hobi kita juga mendatangkan uang.

2. Mendigitalisasi usaha yang telah ada.

Digitalisasi produk dan pemasaran menjadikan usaha lebih produktif Bila kalian sudah memiliki usaha sendiri namun masih berjalan secara konvensional. Kalian bisa melakukan digitalisasi terhadap usaha yang telah kalian jalani. Sebagai contoh bila kalian memiliki usaha dibidang makanan kalian bisa membuka web, atau melakukan promosi di berbagai media social. Kalian juga bisa berafiliasi dengaan startup-startup yang berkonsentrasi di bidang kuliner.

3. Menargetkan pasar yang ingin dijangkau.

menargetkan pelanggan dengan jelas menjadi kunci kesuksesan usaha

unknown

Bila ingin memulai suatu usaha, kalian juga perlu mempelajari target pasar kalian atau customer kalian. Posisikan diri kalian sebagai pelanggan, target pelanggan mana yang ingin kalian tuju. Sebagai contoh jika kalian menargetkan kalangan pemuda, kalian bisa membuat usaha dengan produk-produk yang sering digunakan anak muda. Contohnya yaitu kaos, sepatu dan produk fashion lain. Atau mungkin juga dari gaya hidup anak muda, kebanyakan anak muda senang dengan perayaan khusunya ulang tahun, kalian bisa membuat produk untuk hadiah ulang tahun atau bisnis lainnya.

4. Melakukan iklan dan promosi.

promosi mengambil peran penting untuk kesuksesan sebuah usaha

unknown

Setelah melakukan langkah-langkah awal tersebut di atas. Selanjutnya untuk memaksimalkan hasil kita bisa melakukan iklan dan promosi lewat internet. Saat ini internet menawarkan banyak pola promosi. Untuk melakukan iklan atau promosi ini dibutuhka strategi khusus agar iklan atau promosi yang kalian lakukan bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal. Sebagai contoh kalian bisa mempelajari pola-pola penggunaan media social. Kebanyakan orang membuka media social di jam-jam tertentu. Contohnya jam makan siang, kalian bisa melakukan atau memasang iklan di jam-jam tersebut. Strategi lain yaitu mempelajari pola trending topic dan top search di mesin pencari khususnya google. Di google juga menyediakan jasa iklan yaitu adword, sebelum menggunakan adword kalian bisa mempelajari bagaimana cara menggunakan adword dengan maksimal. Saran kami jangan sembarangan dalam mengiklan, karena bisa jadi iklan kita tidak menghasilkan keuntungan namun justru hanya membuat kantong kita menipis.Itulah beberapa langkah-langkah memulai bisinis atau usaha khususnya di dunia digital yaitu internet. Untuk memulai usaha kalian harus benar-benar mebulatkan tekad dan terus berusaha tanpa kenal putus asa, dan juga terus berdoa. Selamat mencoba

1 comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.