PanduanBs
Home » Bisnis » Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Wajib Kamu Coba

Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Wajib Kamu Coba

Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Wajib Kamu Coba

Saat ini kita tahu bersama, bahwa mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Jumlah pengangguran yang banyak. Hal itu akibat pencari pekerjaan lebih banyak dari lowongan. Maka menjadi wirausahaa adalah salah satu solusi yang dapat kita lakukan. Kali ini PanduanBs akan berbagi kepada pembaca contoh Usaha Kecil Untung Besar yang Wajib kamu coba.

Namun sebelumnya ada sebuah quote yang waib teman-teman hayati sebelum memulai usaha. Quote ini wajib ditanamkan karena dalam proses usaha akan selalu ada rintangan. Jika kamu mendapatkan rintangan tersebut maka bangkitlah dengan lebih kuat.

Rugi dalam berbisnis bisa menjadi pemicu semangat untuk terus maju

Quote tersebut memiliki arti bahwa, jika kelak kamu memutuskan untuk berbisnis, maka jangan pernah takut untuk rugi. Walaupun kamu pasti mencoba sekaras mungkin untuk tidak rugi. Tapi jangan panik, jika usahamu gagal dankamu harus merugi, jangan stop begitu saja, evaluasi dan bangun lagi karena rugi akan memicumu untuk menjadi jauh-jauh lebih baik dari sebelumnya.

Usaha Kecil yang Memberikan Untung Besar

Contoh Usaha Kecil Untung Besar

1. Bisnis Katering Rumahan

Bisnis Katering Rumahan
Bisnis Katering Rumahan

Adalah bisnis yang tidak akan tergerus oleh waktu. Namun perlu diketahui bahwa bisnis ini saat ini semaking menjamur. Artinya persaingan akan semakin banyak pula. Meski begitu bukan berarti bahwa orang baru tidak bisa berkecimpung pada bisni ini.

Bisnis katering dapat dikatakn sebagai sebuah bisnis yang tidak memerlukan terlalu banyak modal. Namun dengan modal kecil kamu bisa meraup banyak keuntungan. Dengan modal di bawah 5 juta saja kamu sudah bisa memulai bisnis ini dengan keuntungan per order hingga mencapai ratusan ribu rupiah.

Untuk memberikan pemahaman yang lebih rinci. Anda bisa memperhatikan studi kasus bisnis ini.

Order nasi ayam dengan harga 20.000 rupiah per porsi sebanyak 100 boks.
Potensi hasil yang akan diperoleh yaitu 20.000 x 100 = 2jt Rupiah.
Jika modal membuat 100 boks nasi tersebut adalah 1,5 juta.
Maka sekali order kamu akan memperoleh penghasilan hingga 500rb

Hal tersebut adalah simulasi kasar tentang bisnis ini. Bisa jadi lebih banyak atau sedikit. Namun bisnis ini benar-benar menjanjikan jika kamu bisa mengelolanya dengan baik. Dengan sekali order mendapatkan keuntungan hingga 500rb rupiah, maka berapa banyak yang akan kamu dapatkan jika dalam 1 bulan kamu mendapatkan minimal 10 order, cukup besar bukan.

Untuk lebih memahami tentang bisnis katering, kamu bisa belajar lebih banyak di artikel berikut ini. Trik Jitu Sukses Bisnis Katering

2. Usaha Krupuk Rumahan

Usaha Kerupuk Rumahan Modal Kecil
Usaha Kerupuk Rumahan

Sebenarnya usaha krupuk identik dengan pengusaha-pengusaha besar. Mau bagaimana, usaha krupuk saat ini bisa menjadi usaha yang menjanjikan dan memberikan keuntungan yang besar. Meski begitu usaha kerupuk bukan berarti tidak bisa dimulai dengan modal sedikit. Ingat segala sesuatu yang ada di dunia ini berawal dari hal-hal kecil menuju besar.

Untuk memulai usaha kerupuk rumahan, kamu tidak perlu membuat pabrik yang besar dengan alat-alat dan mesin yang mahal juga. Awalilah dengan membeli kerupuk-kerupuk mentah yang belum digoreng.

Usai membeli kerupuk mentah, gorenglah kerupuk dengan baik atau kamu juga bisa .menambahkannya dengan inovasi pada rasa di kerupuk tersebut. Kemudian kemas dan pasarkan dengan baik. Baca tips memasarkan kerupuk rumahan 

3. Usaha Konter Pulsa Modal Kecil

Usaha Konter modal kecil
Usaha Konter modal kecil

Kenapa sekarang banyak sekali konter pulsa yang menjamur? Jawabnya jelas karena usaha ini menjanjikan. Namun kenapa juga saya sering melihat konter pulsa di sekitar rumah saya tutup. Jawabnya yaitu bermacam bisa jadi mereka tidak mendapatkan keuntungan yang mereka cari, bosan, ingin berpindah usaha lainnya. Atau berbagai macam jawaban lainnya.

Tutup tidaknya suatu usaha, kembali lagi pada individu bagaimana dia bisa mengembangkan bisnisnya atau tidak. Namun berbicara bisnis konter pulsa maka pengalaman dari beberapa teman saya mereka mendapatkan untung yang cukup besar dan mengawalinya dengan modal kecil.

Ingat, mengawali dengan modal kecil.

Untuk mengawali usaha ini, teman saya memulai dengan menyiapkan perlengkapan dan bahan untuk jualan pulsa.

Diantaranya :

  • Etalase konter
  • Aksesoris konter
  • MMT atau spanduk konter
  • Kartu perdana
  • Aksesorik HP, dan
  • Aplikasi jualan pulsa, listrik, PDAM, dan lain-lain seperti Kudo, Paytren, dan sebagainya. Ohh ya teman saya pakai aplikasi Kudo.

Untuk menyiapkan bahan-bahan diatas sejatinya tidaklah sulit dan mahal. Kamu bisa mendapatkan di tempat tempat yang bisa dengan mudah di cari. Dari semuanya biaya untuk membelinya juga tidak mahal. Dengan modal berkisar dibawah 5 juta kamu bisa mendapatkan semuanya.

Setelah menyiapkan seluruh bahan dan perlengkapan jualan maka langkah selanuutsel yaitu memasarkan. Dalam proses pemasaran jadinya penjual yang ramah.

Promosi terus menerus adalah kunci dari usaha ini di awal. Yup, kamu baru mau mencoba membuka usaha ini maka teruslah melakukan promosi

4. Usaha Cucian Motor

Keuntungan bisnis cuci motot
Bisnis cuci motor

Usaha selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu usaha cucian motor. Apakah cucian motor memiliki prospek yang baik. Jawabannya adalah Ya.

Ini adalah bisnis jasa, dimana modal kamu tidak akan habis dalam waktu singkat. Artinya yang kamu berikan adalah pelayanan. Apakah bisnis ini bisa tergolong dalam bisnis yang dapat dilaksanakan dengan modal kecil? Maka jawabannya adalah ya.

Kamu tidak memerlukan modal besar untuk bisa membuka usaha ini. Apalagi jika kamu sudah memiliki tempat distrategis di area rumah kamu. Maka kamu tidak memerlukan biaya sewa tempat.

Saya punya teman yang menjalankan bisnis ini. Dia memulainya dengan membuka jasa cuci motor di rumahnya. Untuk memulai bisnis ini dia tidak banyak modal untuk membeli alat alat canggih. Cukup kompresor dan lap serta sabun yang tidak membuat dia mengeluarkan dana lebih dari 2jt rupiah.

Selanjutnya dia menginvestasikan beberapa uangnya untuk memperbaiki area depan rumahnya sehingga menjadi tempat cucian motor.

Biaya untuk cuci 1 motor adalah 8ribu rupiah.

Jika dalam 1 hari dia mendapat pelanggan sekitar 15 maka dalam 1 bulan dia mendapatkan pemasukan 8rb × 15 × 30 yaitu dikisaran angka 3.6juta

Angka yang cukup besar bukan, dialokasi yang tidak tergolong rame.

Ohh iya, jika 1 tempat cuci motor dia menghasilkan angka segitu, lanjut cerita dia membuka beberapa cabang cucian sepeda motor dan mobil, yang membuat omsetnya bertambah berkali kali lipat.

5. Usaha Angkringan

Usaha makanan memang tidak ada matinya. Asalkan makanan yang kamu jual enak terlebih harganya miring pasti tempat makan kamu bakal rame. Tidak beda dengan usaha angkringan. Usaha ini tergolong pada usaha makanan namun dengan modal yang dibilang kecil.

Meski modalnya kecil jangan salah usaha ini bisa memberi keuntungan pada kamu hingga jutaan rupiah per bulannya.

Saya pernah bertanya kepada pemilik angkringan di depan asrama tempat saya tinggal. Berapa keuntungan yang dia peroleh setiap harinya dari usaha kucingnya.

Dari pertanyaan saya tersebut dia menjawab bahwa usahanya bisa memberikan keuntungan bersih hingga 200rb rupiah setiap harinya. Angka yang fantastis untuk tempat kucingnya di pinggir jalan yang terlihat kecil.

Jika dalam 1 hari dia dapat 200rb maka dalam 1 bulan dengan rincian 25 hari kerja maka dia sudah mendapatkan keuntungan bersih hingga 5jt. Lumayan saya pikir.

Oleh sebab itu saya menilai bahwa usaha angkringan dapat tergolong sebagai usaha dengan modal kecil yang bisa memberikan hasil besar.

Itulah beberapa usaha modal kecil yang bisa memberikan kamu banyak keuntungan. Jadi kenapa tidak di coba.

1 comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.