PanduanBs
Home » Pendidikan » Cara Mudah Buat Daftar Pustaka dan Sitasi Secara Otomatis

Cara Mudah Buat Daftar Pustaka dan Sitasi Secara Otomatis

Cara Mudah Buat Daftar Pustaka dan Sitasi Secara Otomatis

Pada artikel kali ini, PANDUANBS akan sedikit memberitahu kamu bagaimana cara mensitasi serta cara buat daftar pustaka pada jurnal dengan cara yang sangat mudah pastinya. Untuk kamu yang belum tau sitasi jurnal, akan panduanbs jelaskan secara ringkas. Jadi, sitasi jurnal adalah cara kita untuk memberitahu pembaca bahwa bagian-bagian tertentu dari yang kita tulis merupakan berasal dari sumber yang ditulis penulis lain. Lalu tujuannya apa? Tujuan dilakukannya sitasi yaitu untuk menjunjung kejujuran akademik/intelektual dan menghindari plagiarisme. Nah udah tau kan sekarang apa itu sitasi jurnal.

Tapi untuk melakukan sitasi ada aturanya. Tapi jangan khawatir, PANDUANBS akan membagikan cara menilis sitasi jurnal dengan menggunakan aplikasi yang tentunya mudah untuk digunakan. Nah, dalam melakukan sitasi serta membuat daftar pustaka ini kita akan menggunakan aplikasi Mendeley.

Baca juga: Cara download file di scribd secara gratis.

APA SIH MENDELEY ITU?

Dikutip dari laman web wikipedia, Mendeley adalah program komputer dan web yang dikembangkan Elsevier untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian, mencari data penelitian, dan bekerja sama secara daring. Mendeley menggabungkan Mendeley Desktop, perangkat lunak manajemen referensi dan PDF, dengan Mendeley Android and iOS dan Mendeley Web, jejaring sosial peneliti.

Baca juga: 5 media presentasi menarik dan tidak membosankan.

Jadi nih Sobat PANDUANBS, Mendeley juga merupakan sebuah academic social network, dengan demikian pengguna bisa saling berbagi dengan rekan sesama mahasiswa atau peneliti lainnya di penjuru dunia terkait dengan referensi yang digunakan. Pengguna juga dapat mencari berbagai penelitian terbaru untuk selanjutnya dapat dijadikan referensi dalam karya ilmiah. Bahkan, pengguna juga bisa menggunakan fasilitas Web Importer di dalam Mendeley, agar dapat mengimpor berbagai macam referensi dari berbagai situs indexing karya ilmiah terkemuka (misalnya Google Scholar) secara otomatis. Waah canggih banget kan ya 🥰

Fitur Aplikasi Mendeley Offline

Kamu juga dapat menggunakan Mendeley sebagai sebuah aplikasi desktop yang terinstal secara offline di komputer. Aplikasi ini, disebutnya dengan nama Mendeley Desktop. Keren kan, tapi kalo offline kita bisa apa? Ada banyak beberapa hal yang dapat dilakukan pada Mendeley Desktop, diantaranya:

  • Melakukan ekstraksi informasi detail (nama penulis, judul, nama judul, dan lain-lain) dari setiap referensi yang ditambahkan ke dalam Mendeley.
  • Mencari referensi dengan cepat berdasarkan kata kunci pencarian tertentu. Dengan catatan, setiap referensi sudah pernah ditambahkan ke dalam Mendeley milik pengguna. Jika belum, maka pencarian dapat dilakukan secara online, dengan catatan ada koneksi internet di komputer.
  • Membuat catatan tambahan (note) atau menandai (tag) setiap dokumen referensi yang pengguna miliki.
  • Membuat Daftar Pustaka secara otomatis berdasarkan berbagai format, misalnya APA, Harvard, IEEE, dan lainnya.
  • Melakukan pengacuan secara otomatis ketika menulis karya ilmiah di Microsoft Word.

Wah kamu sudah tau banyak tentang aplikasi mendeley, Selamat ya!😉. Kali ini panduanbs akan memperkenalkan kamu bagaimana cara penggunaan aplikasi mendeley untuk membuat daftar pustaka dan sitasi jurnal secara otomatis.

Penggunaan Aplikasi Mendeley

Supaya kamu tidak bingung dalam penggunaanya, yuk kita kenalan dulu dengan interface aplikasi mendeley. Gampang kok tidak sudah.

Baca juga : Cara Menggunakan Zotero untuk Sitasi di Google Docs.

Pengenalan Interface Aplikasi Mendeley

1. Buka Aplikasi Mendeley

Pertama-tama kita buka dulu aplikasi Mendeley nya. Nah kalo udah dibuka tampilannya akan seperti gambar yang ada di bawah ini.

Aplikasi mendeley cara buat daftar pustaka
Aplikasi Mendeley

2. Bagian utama

Pada bagian tengah atau bagian utama merupakan file-file referensi yang telah kita tambahkan sebelumnya.

Halaman Bagian Utama aplikasi mendeley cara buat daftar pustaka
Bagian Utama

3. Menu Detail (sisi kanan)

Kemudian pada bagian kanan terdapat menu detail, menu detail ini berfungsi untuk menampilkan informasi dari referensi yang telah kita masukkan sebelumnya. Caranya hanya dengan mengeklik salah satu referensi maka detail akan memunculkan informasi dari referensi tersebut.

Menu Detail (Sisi Kanan)
Menu Detail (Sisi Kanan)

4. Penambahan File

Kita dapat menambah file dengan cara memilih menu file – add file – pilih dokumen atau file yang ingin kamu tambahkan sebagai referensi kemudian klik open.

Penambahan File Artikel di Mendeley cara buat daftar pustaka
Penambahan File

5. Mendeteksi Detail Artikel

Setelah itu file tersebut dapat langsung terbuka dalam pdf dan langsung dapat mendeteksi bagian-bagian informasi dari artikel tersebut seperti judul, pengarang, volume, tahun, abstrak, dll.

Mendeteksi detail Artikel
Mendeteksi detail Artikel

6. Pemberian Tags Artikel

Pada bagian bawah detail informasi artikel tersebut terdapat kolom tags yang dapat kita isi untuk melabeli artikel tersebut, misalnya artikel tersebut merupakan artikel antologi.

Pemberian Tag Artikel
Pemberian Tags Artikel

7. Penambahan note (catatan)

Kita juga dapat menambahkan note dengan cara memilih menu notes yang berada di sebelah detail

Penambahan note (catatan) cara buat daftar pustaka
Penambahan note (catatan)

8. Penambahan dokumen secara manual

Kita juga dapat menambahkan dokumen secara manual dengan cara klik file – add entry manually.

Penambahan dokumen secara manual cara buat daftar pustaka
Penambahan dokumen secara manual

9. Pilih type dokumen

Pilih tipe dari dokumen yang akan kamutambahkan pada kolom type.

Pilih type dokumen
type dokumen

10. Save dokumen secara manual

Kemudian isi seluruh kolom yang telah tersedia kemudian klik save

Save dokumen secara manual
Save dokumen secara manual

11. Ekstensi yang dapat di Import

Bebarapa ekstensi yang dapat kita import antara lain.

Ekstensi yang dapat di import
Ekstensi yang dapat di import

Melakukan Sitasi

Sekarang untuk melakukan sitasi hal yang perlu kita lakukan pertama kali adalah :

1. Inastall Ms Word plugin

Memastikan bahwa pada aplikasi Mendeley telh terinstall microsoft word yaitu dengan melihat pada menu tools apabila terdapat tulisan “uninstall ms word plugin” maka ms word telah terinstal. Namun apabila terdapat tulisan “install ms word plugin” maka kalian harus menginstall nya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan karena kita hendak melakukan sitasi pada Ms. Word.

Install Ms Word Plugin cara buat daftar pustaka
Install Ms Word Plugin

2. Buka Microsoft Word

Kemudian buka aplikasi microsoft word milik kamu.

Aplikasi ms word

3. Masukkan kutipan sitasi ke ms word

Pilih tab references pada Ms. Word. Tulis kutipan atau kalimat yang akan kalian sitasi kemudian pilih Insert Citation pada tab references. Masukkan sumber dari dokumen yang telah kita tambahkan pada Mendeley tadi, kemudian kita pilih file nya lalu klik oke.

Masukkan kutipan sitasi ke ms word
Masukkan kutipan sitasi ke ms word

4. Selesai

Kemudian akan muncul tanda sitasi. Kita dapat mengatur gaya dari sitasi tersebut dengan mengganti style nya.

Kutipan sitasi

Daftar Pustaka Otomatis

Untuk menambah daftar pustaka secara otomatis kita dapat melakukan hal berikut :

1. Insert Bibliography

Pilih Insert Bibliography. Maka data yang telah kita inputkan di Mendeley dan telah kita sitasi sebelumnya akan otomatis muncul.

Insert Bibliography
Hasil cara buat daftar pustaka otomatis di ms word dengan mendeley
Hasil cara buat daftar pustaka otomatis di ms word dengan mendeley

Kesimpulan

Gimana ? mudah kan ? semoga tutorial sederhana kami ini dapat sedikit membantu kamu. Selain di ms word, kamu juga dapat menggunakan google docs untuk mebambahkan sitai secara otomatis. Kalau kamu memiliki ide untuk kami memberikan tutorial yang lain silahkan tulis pada kolom komentar atau halaman kontak. Selamat mencoba 😊

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.