PanduanBs
Home » Windows » Cara Membuat Sertifikat di Word dengan Data Dinamis

Cara Membuat Sertifikat di Word dengan Data Dinamis

Buat Data Dinamis microsoft word dengan data excel PanduanBS

Pasti repot membuat sertifikat di word satu persatu nulis nama orangnya. Ada cara mudahnya lo membuat sertifikat di word dengan data dinamis. Di zaman serba modern dan serba digital sekarang ini menjadikan manusia sebisa mungkin mencari cara sederhana dan cepat dalam melakukan suatu pekerjaan. Begitulah kegunaan hadirnya teknologi di tengah-tengah kehidupan manusia. Dalam mengerjakan suatu pekerjaan, kita tentunya tak lepas dari bantuan teknologi terkini. Iyaa kan? Baik di sekolah, kampus, kantor dan lain sebagainya pasti sudah memanfaatkan.

Baca juga: 8 Aplikasi Video Call Conference yang Cocok Digunakan untuk Proses Pembelajaran hingga Bisnis

Hal yang paling umum dalam penggunaan teknologi yaitu teknologi komputer. Hampir semua masyarakat dengan kondisi ekonomi menengah keatas memiliki komputer / PC / Laptop. Dengan menggunakan laptop kita dapat memanfaatkan banyak fitur atau aplikasi bawaan di dalamnya. Contohnya Microsoft, aplikasi yang disediakan Microsoft sangatlah beragam. Misalnya Microsoft Office. Yuk kita gunakan manfaat Microsoft Office yang belum banyak orang ketahui. Tapi, PANDUANBS bakalan kasih tau nih panduan untuk kita semua.

Baca juga: Cara menggabungkan file di word menjadi satu

Microsoft Office yang memberikan fasilitas Microsoft Office Word sebagai aplikasi pengolah kata dan Microsoft Office Excel sebagai pengolah angka. Ternyata kedua aplikasi ini dapat kita manfaatkan untuk mempercepat pekerjaan kita lohh. Contohnya bagi kita yang bertugas untuk membuat sertifikat suatu event dengan banyak peserta. Pastinya repot dong jika harus mengedit sertifikat secara satu persatu. Ini dia tutorial pemanfaatan membuat data dinamis di Word menggunakan data dari Excel.

Kegunaan atau Manfaat

  • Membuat nama di sertifikat secara otomatis
  • Menulis nama, alamat, dan data lainnya surat secara otomatis
  • Mengenerate ID Card secara otomatis

Langkah-langkah Membuat Sertifiakt di Word dengan Data Dinamis

Contoh penerapan kali ini, PANDUANBS memberikan contoh pembuatan sertifikat. Berikut tutorialnya….

1 Siapkan Data Nama Peserta

Langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu kita harus mempunyai beberapa data diri peserta untuk dibuatkan sertifikat. Misalnya nomor sertifikat, nama, dan peran dalam event. Kita bisa gunakan data sesuai dengan keperluan yang harus ada di dalam sertifikat. Contoh seperti gambar di bawah

Data yang akan diinputkan otomatis ke sertifikat di word
Data yang akan diinputkan otomatis ke sertifikat

2 Unduh Template Sertifikat

Selanjutnya, kita bisa mengunduh template sertifikat di Microsoft Office Word di PC/laptop. Pertama, buka dahulu aplikasi Ms Word kemudian klik pada menu “File – New” lalu ketik “certificate” pada kotak pencarian template. Pilih template sertifikat sesuai dengan keinginan kita, kemudian klik kotak perintah “download” untuk melanjutkan.

Pilih template sertifikat di word sesuai keinginan dan download
Pilih template sertifikat sesuai keinginan dan download

3 Ubah Teks Sertifikat

Setelah kita unduh template sertifikatnya, maka kita dapat mengubah teks yang ada. Kita ubah sesuai dengan keinginan kita yaa. Disini kita sebelumnya mempunyai data nomor sertifikat, nama dan peran.

Template sertifikat di word
Template sertifikat

Dalam template sertifikat yang kita gunakan sebagai contoh terdapat kolom “[name]” yang nantinya kita akan sesuaikan dengan data nama dari Ms Excel. Kemudian kolom “[date]” yang akan kita sesuaikan dengan data peran, dan tambahkan template untuk data nomor sertifikat.

Ubah template Sertifikat di word
Ubah template

4 Merge Data Dinamis

Selanjutnya kita akan menggunakan fitur yang ada dalam Ms Word dan Ms Excel untuk memasukkan data ke template sertifikat. Pertama gunakan perintah “Mail Merge” dalam menu Mailings kemudian pilih “Letters“. Lalu pilih Recipients sebagai sumber data-datanya. Kita pilih Use an Existing List… karena sudah kita buat data sebelumnya di Ms Excel. Kemudian carilah file Excelnya dan tekan Open. Buat kamu yang belum memiliki data, dapat memilih perintah Type a New List… untuk membuat langsung di Ms Word.

Cara membuat sertifikat di word
Menu Mailings
Pilih data peserta sertifikat di word dengan data dinamis
Pilih data peserta

Word akan mendeteksi sheet yang ada dalam Excel kita. Jadi pilih saja sheet yang sesuai dengan data yaa.

Pilih Sheet dan cocokkan datanta dengan peserta
Pilih Sheet

5 Sesuaikan Data

Selanjutnya, kita sesuaikan data yang terdapat di Ms Excel dan template sertfikat dalam Ms Word. Pertama, kita akan ubah no sesuai dengan yang ada di Ms Excel dengan cara blok kolom no pada Ms Word kemudian klik “Insert Merge Field” dan pilih kolom dari Ms Excel yang sesuai.

Sesuaikan data serifikat otomatis di word
Sesuaikan data

Lakukan hal yang sama di setiap kolom yang ingin kita sertakan dalam sertifikat. Jika sudah semua, maka tampilan akan menjadi seperti gambar di bawah ini.

Tampilan etelah data tersesuaikan
Tampilan etelah data tersesuaikan

6 Lihat Hasil Mail Merge

Tahap pembuatan sertifikat sudah selesai dilakukan. Saatnya kita melihat previewnya terlebih dahulu sebelum mencetak. Untuk dapat melihat preview sertifikat yang telah kita buat tadi, kita pilih perintah “Preview Results“. Semua data yang ada di Ms Excel akan otomatis masuk dalam template.

Hasil Mail Merge sertifikat di word
Hasil Mail Merge

Untuk melihat data lainnya, kita dapat mengklik tanda panah kanan atau kiri yang disediakan pada “Preview Results“. Jadi deh sertifikatnya. Gampang dan cepat selesai kan?

Fitur Data

  1. Edit Individual Documents: Disini, kita dapat mengedit satu per satu dokumen hasil dari Mail Merge. Jika data di Excel anda memiliki data mahasiswa sebanyak 100, maka sertifikat untuk 100 orang tersebut akan langsung dibuat dan dapat diubah di Microsoft Word.
  2. Print Documents: Mencetak salah satu dokumen atau keseluruhan dokumen. Pastikan tidak ada yang salah ketika ingin mencetak sertifikatnya yaa.
  3. Send Email Messages: Mengirim dokumen tersebut melalui email.

Kesimpulan Membuat Setifikat di Word Secara Otomatis

Itu dia tata cara dalam mengolah dan membuat data dinamis di Microsoft Office Word dengan menggunakan Microsoft Office Excel. Mudah dan cepat kan? dengan bantuan ini kita dapat mengerjakan banyak data dengan cepat sehingga waktu tetap efisien. Jangan lupa buat bagikan tutorial ini ke temen kamu yaa, supaya ngga usah repot lagi mengedit atau input data satu persatu hehe.

Untuk meningkatkan keterampilan microsoft yang lain silahkan baca juga cara membuat kolom di word dalam satu halaman. Terima kasih. Semoga bermanfaat 🙂

Yuk lihat tutorial-tutorial yang lain di PANDUANBS yang tentunya mudah dipahami. Kunjungi juga YouTube PANDUANBS untuk memudahkan kita melakukan tutorial dari kita hehe. Jangan lupa subscribe yaa 🙂

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.