PanduanBs
Home » News » Cara Membuat Kolom di Word dalam Satu Halaman

Cara Membuat Kolom di Word dalam Satu Halaman

Cara Membagi Layout Kolom dalam Satu Halaman di Microsoft Word

Bagaimana cara membuat kolom di word dengan berbagai ukuran dan atas bawah? Ikuti tutorial berikut ini cocok untuk word 2010, 2013, 2016, 2019, serta versi word terbaru.

Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi pengolah kata yang digunakan di setiap komputer atau PC. Dalam menjalankan fungsinya, Microsoft Word banyak digunakan dalam membuat naskah, makalah, majalah, artikel, jurnal, dan lainnya. Penempatan kata yang menarik dan rapipun menjadi daya tarik pembaca supaya tidak jenuh. Atau bahkan kita diminta untuk menyelesaikan tugas dengan format tertentu dalam pembagian layout kolom di satu halaman.

Baca juga: 8 Aplikasi Video Call Conference yang Cocok Digunakan untuk Proses Pembelajaran hingga Bisnis

Dengan adanya hal seperti itu, Microsoft Word menyediakan berbagai fitur untuk membantunya. Secara umum yang kita ketahui Microsoft Word hanya dapat mengganti jenis font, ukuran font, ukuran kertas, menjadikan teks miring, tebal dan garis bawah. Namun, ternyata Microsoft Word memiliki berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan, bahkan banyak sekali lohh fitur yang dimiliki Microsoft Word ini. Sehingga kita dapat berkreasi atau menyelesaikan tugas dengan baik.

Pada tips yang diberikan PANDUANBS sebelumnya yaitu Cara Membuat Data Dinamis di Word Menggunakan Data Excel dimana kita dengan mudah dapat melakukan pembuatan sertifikat atau sejenisnya tanpa ribet. Kali ini, PANDUANBS bakalan ngasih tau kamu gimana cara membagi layout kolom dalam satu halaman di Microsoft Word. Buat kamu yang masih bingung gimana caranya membuat kolom yang berbeda namun masih tetap dalam satu halaman. Yuk simak tutorial dan penjelasannya sampai habis yaa.

Baca juga: Cara Membuat Data Dinamis di Word Menggunakan Data Excel

Langkah – Langkah Membuat Kolom di Word

Langkah 1 : Cara Membuat Kolom di Word

  • Pertama, kita harus memiliki file .docx kemudian buka file tersebut
Siapkan file yang akan dibagi kolomnya
Siapkan file
  • Seleksi kumpulan teks yang diinginkan seperti berikut
Seleksi text yang akan dibagi kolomnya
Seleksi teks
  • Kemudian klik tab Page Layout > Pada Page Setup pilih Columns > Pilih bagian kolom yang diinginkan (contoh: two) seperti gambar berikut. Atau jika ingin yang lainnya kita cukup dengan memilih saja.
cara membuat 2 kolom di word
Edit two columns
Hasil membuat 2 kolom di word
Hasil two columns

Sehingga pada tutorial ini memberikan hasil yaitu PANDUANBS sebagai Judul yang berstatus satu kolom dan Text sebagai Isi yang berstatus dua kolom. Kita sudah memberikan editing pada lembar kerja kita berupa satu dan dua kolom. Pada keadaan seperti ini, jika kita menambahkan teks, maka teks akan mengalir sampai batas halaman kemudian berpindah ke kolom di sampingnya. Jika kita tidak ingin teks sampai batas halaman, dapat menggunakan Column Break.

Caranya sebagai berikut:

  • Letakkan kursor di depan teks yang akan dipindahkan
  • Kemudian klik tab Page Layout > pada grup Page Setup > lalu klik Breaks
  • Setelah itu pada bagian Page Breaks > pilih Column
Pilih text break colum
Pilih breaks column
  • Maka, teks di lembar kerja ada pada Microfoft Word akan berpindah ke kolom berikutnya seperti gambar berikut
Hasil dari break column
Hasil Break Column

Langkah 2: Cara Memberi Garis Pemisah Pada Kolom

Jika kita ingin tampilan lebih menarik lagi dapat menambahkan garis pemisah pada kolom tersebut. Hal ini biasa digunakan untuk keperluan majalah atau koran. Caranya sebagai berikut:

  • Seleksi teks yang ingin diberi garis pemisah
  • Kemudian klik tab Page Layout > pada grup Page Setup > pilih Columns > klik More Columns untuk menampilkan kotak dialog Columns
Cara menambah garis kolom di word
Menambah garis kolom
Beri centang pada line between
Beri centang pada line between
  • Lalu centang kotak Line between > klik OK dan hasilnya akan nampak seperti gambar berikut
Cara menambahkan garis kolom
Menambah garis kolom

Langkah 3: Cara Mengganti Jumlah Kolom

Kita dapat tetap mengedit kolom yang sudah ada dengan mengganti jumlah kolom sesuai keinginan kita. Caranya sebagai berikut:

  • Seleksi kolom yang ingin diganti jumlah kolomnya
  • Pada tab Page Layout > pilih grup Page Setup > klik Columns
  • Pilih jumlah kolom yang diinginkan (One, Two, Three, Left, Right)
cara membuat 3 kolom di word
Three Columns
cara membuat kolom kiri di word
Left Columns
cara membuat kolom kanan di word
Right Columns
  • Jika kita ingin membuat lebih dari 3 kolom, pada tab Page Layout > pilih grup Page Setup > klik More Columns untuk menampilkan kotak dialog Columns > ganti jumlah kolom pada kotak Number of columns
  • Terakhir klik OK

Itulah tutorial membagi kolom dalam beberapa jenis yang dapat menjadikan lembar kerja kamu semakin rapi dan menarik. Tetap ikuti terus tutorial dari PANDUANBS yaaa. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. SEMANGAT!!!

Kesimpulan Membuat Kolom di Word

Sungguh sangat mudah bukan? Kamu dapat membuat kolom di word dengan berbagai ukuran sesuai yang kamu inginkan. Tutorial ini juga dapat kamu gunakan untuk microsoft word 2010, word 2013, word 2016, word 2019, dan word keatasnya. Gunakan juga cara menggabungkan file word menjadi satu untuk mempermudahkanmu untuk menggabungkan banyak file di microsoft word.

Jangan lupa bagikan tutorial ini ke teman, keluarga sampai tetangga kamu yaa… Supaya kita semua dapat mengoperasikan Microsoft Word dengan mudah. Subscribe juga YouTube Chanel PANDUANBS untuk tutorial lainnya dengan lebih jelas dan menarik! See u!

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.