PanduanBs
Home » News » 8 Aplikasi Video Call Gratis untuk Pendidikan hingga Bisnis

8 Aplikasi Video Call Gratis untuk Pendidikan hingga Bisnis

8 Aplikasi Video Call Conference yang Cocok Digunakan untuk Proses Pembelajaran hingga Bisnis

Kegiatan new normal dirumah saja memang menuntut segala hal dilakukan secara online. Oleh dari itu perlu adanya Aplikasi video call gratis.. Halo sobat PANDUANBS. Bagaimana kabarnya? Semoga selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Sudah kita rasakan meningkatnya penyebaran virus Covid-19 yang terjadi tahun 2020 ini menjadikan perubahan hidup yang drastis. Dimulai dari ramainya sosialisasi #dirumahaja, pembelajaran tatap muka pada berbagai jenjang menjadi pembelajaran daring, pekerja kantoran menjadi WFH (Work From Home) hingga pekerja pabrik diPHK.

Baca Juga: Cara membuat sertifikat di word dengan data dinamis

Seiring dengan anjuran pemerintah untuk melakukan kegiatan di rumah saja menjadikan masyarakat butuh akan aplikasi video call gratis sebagai media pendukung kegiatan pembelajaraan hingga bisnis. Berbagai aplikasi dapat dimanfaatkan sebagai sarana berinteraksi tatap muka meski terpisah oleh jarak. Pembelajaran hingga koordinasi antar tim pekerja pun menjadi semakin mudah. Namun, tak semua aplikasi video conference cocok dan aman digunakan. Oleh sebab itu, yuk simak 8 Aplikasi Video Call Gratis Terbaik yang cocok digunakan untuk proses Pembelajaran hingga Bisnis.

Baca Juga: Cara menggabungkan file di word menjadi satu

Berbagai aplikasi dapat dimanfaatkan sebagai sarana berinteraksi tatap muka meski terpisah oleh jarak. Pembelajaran hingga koordinasi antar tim pekerja pun menjadi semakin mudah. Namun, tak semua aplikasi video call yang gratis cocok dan aman digunakan. Oleh sebab itu, yuk simak 8 Aplikasi Video Call Gratis yang cocok digunakan untuk proses Pembelajaran hingga Bisnis.

1. Google meet dan Google Hangout

Google Meet Aplikasi Video Call Terbaik
Google Meet

Mengapa Google meet dan Google Hangout? Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi layanan yang diberikan G Suite dari Google yang disediakan untuk sarana video conference yang dapat digunakan melalui smartphone, laptop atau komputer. Aplikasi ini sudah terhubung dengan layanan Google lainnya sehingga dapat dengan mudah menggundang tim untuk melakukan video conference melalui email atau nomor telepon. Layanan yang diberikan Google ini mudah dipahami dan digunakan karena memiliki desain user interface yang sederhana. Tak hanya itu saja, aplikasi Google meet ini dapat mengundang hingga 100 peserta per panggilan untuk pengguna G Basic Suite, 150 peserta bagi pengguna G Suite Business dan 260 peserta untuk pengguna G Suite Enterprise. Dalam keadaan tertentu yang mengakibatkan koneksi internet kurang stabil untuk melakukan video conference secara langsung, fitur chat dapat tetap digunakan. Tak perlu khawatir akan keamanan dari aplikasi ini, karena Google meet dan Google Hangout memiliki enkripsi end-to-end untuk memastikan keamanan komunikasimu.

2. Zoom Meeting

Zoom Meeting Aplikasi Video Call Terbaik
Zoom Meeting

Sejak maraknya wabah virus Covid-19, aplikai Zoom Meeting menjadi banyak dikenal dan digunakan oleh masyarakat. Kenapa?? Karena aplikasi ini mampu menyelenggarakan video conference hingga 1.000 peserta meeting. Layanan yang diberikan juga sangat bermanfaat yaitu selain dapat melakukan interaksi melalui video conference, live chat dan audio conference, juga dapat melakukan recording selama proses meeting. Untuk melakukan meeting di aplikasi ini secara gratis, Zoom meeting hanya menyediakan waktu selama 40 menit dalam satu pertemuan. Namun, kamu tak perlu khawatir jika ingin melakukan lebih dari 40 menit dalam satu pertemuan, Zoom meeting menyediakan fasilitas berbayar dengan beragam pilihan yaitu Zoom Pro yang dibandrol dengan harga USD 14,99 per bulan per meeting host, Zoom Business dengan harga USD 19,99 per bulan per meeting host yang memberi tambahan fitur branding perusahaan, dukungan layanan spesial, dan transkip meeting, Zoom Enterprise dengan harga USD 19,99 per bulan per host.

Baca juga: Cara membuat kolom di word dalam satu halaman

Jika kamu ingin menggunakannya tanpa berbayar dan dalam waktu lebih dari 40 menit, kamu dapat melakukannya lebih dari satu kali meeting hehe.

3. Microsoft Teams

Microsoft Team Aplikasi Video Call Terbaik
Microsoft Team

Aplikasi Microsoft Teams ini juga merupakan salah satu aplikasi video conference, tak banyak yang tahu bahwa aplikasi ini dapat melakukan video conference dengan pesan instan, telepon biasa, dan kolaborasi dokumen sehingga dapat memudahkan peserta atau tim melakukan kolaborasi pekerjaan baik pembelajaran maupun bisnis tanpa harus bertemu secara langsung. Kelebihan aplikasi ini dapat melakukan webinars, presentasi, rapat, ataupun promosi dalam skala besar hingga 10.000 peserta. Wahh super keren sih ini!! Dari namanya sendiri aplikasi ini telah terkoneksi dengan layanan Microsoft Office 365 yang tak perlu khawatir jika aplikasi ini hanya dapat digunakan pada komputer, Microsoft Teams dapat digunakan pada smartphone dan tablet Kamu lhooo.

4. Skype

Skype Aplikasi Video Call PC
Skype

Skype yang dikenal sebagai aplikasi Video Call ini juga dapat dimanfaatkan untuk video conference pembelajaran hingga bisnis, bahkan kualitas video di Skype ini dianggap baik. Tak hanya memberikan fitur melakukan video call, aplikasi ini juga memfasilitasimu dalam melakukan percakapan pribadi maupun grup serta berkirim pesan. Namun, aplikasi ini hanya dapat melakukan video grup hingga 50 peserta saja. Tapi tenang, satu Skype dapat dilakukan dalam berbagai perangkat yaitu pada smartphone, PC, tablet, Web, Alexa, dan Xbox. Dengan Skype, kegiatan di rumah Kamu akan tetap produktif, karena Skype dapat melakukan rekam panggilan, mengaktifkan keterangan langsung dan subtitle atau cukup berkomunikasi saja.

5. Cisco WebEx

Cisco WebEx Aplikasi Video Call PC Terbaik
Cisco WebEx

Jika Kamu menginginkan kegiatan video conference berskala besar, pilihan aplikasi Cisco WebEx sangat tepat, terutama untuk melakukan rapat dengan keryawan yang banyak. Tak mau kalah dengan Skype, aplikasi Cisco WebEx juga memberikan kualitas video yang sangat baik. Cisco WebEx memastikan suara latar pada saat melakukan video conference terminimalisir dengan baik, sehingga Kamu dapat melakukan rapat atau menyelesaikan video conference dengan baik. Cisco WebEx dapat melakukan jumlah meeting yang tidak terbatas dengan kapasutas 100 peserta dalam setiap pertemuan, tidak terdapat limit durasi selama meeting dengan unlimited messages. Keren bukan aplikasi keluaran Cisco ini? Faktor keamanan? Kamu tak perlu khawatir karna Cisco WebEx ini memberikan secara gratis lisensi keamanan selama 90 hari layanan sebagai pertahanan pertama terhadap ancaman internet kemanapun Kamu pergi, diperpanjang, dan penggunaan diperluas. Namun setelah itu, Kamu perlu membayar guna keamanan selanjutnya.

6. Jitsi

Jitsi Aplikasi Video Call Terbaik Gratis untuk PC
Jitsi

Ada yang menarik dari aplikasi Jitsi ini, aplikasi Jitsi yang digunakan untuk video conference ini memberikan layanan yang gratis dan peserta yang hampir tak terbatas. Menarik bukan? Selain gratis, layanan Jitsi ini sepenuhnya terenkripsi sehingga semua pembicaraan dalam Jitsi meet bersifat rahasia dan tidak dapat didengar atau dilihat peserta yang bukan berkepentingan. Namun, sayangnya layanan obrolan teks pada Jitsi hanya dapat digunakan pada web saja. Fitur Jitsi yang lain dapat digunakan dalam smartphone atau tablet Kamu seperti screen sharing, mengedit dokumen bersama dengan menggunakan Etherpad, bertukar pesan dan lain sebagainya. Bahkan, Jitsi juga bisa dihubungkam dengan layanan live streaming YouTube yang bisa diakses oleh siapapun.

7. WhatsApp

WhatsApp Aplikasi Video Call Chat Terbaik HP
WhatsApp

Sudah taka sing lagi dengan aplikasi yang satu ini, hampir semua pengguna smartphone memanfaatkan aplikasi WhatsApp untuk berkomunikasi. Taukah Kamu bahwa WhatApps sebenarnya juga dapat digunakan untuk melakukan video conference lhoo. Melakukan video conference menggunakan WhatsApp mempermudah peserta yang tidak memiliki PC, sehingga hanya dengan smartphone saja bisa melakukannya, serta mudah digunakan dan dilakukan dimana saja. Tentu saja dengan perbaharuan dari WhatsApp yang dapat melakukan video conference dengan maksimal 16 peserta dan group voice calls dengan maksimal 32 peserta. Aplikasi ini cocok untuk meeting skala kecil.

8. Line

Line Aplikasi Video Call Hp Gratis Terbaik
Line

Aplikasi Line yang telah melakukan upgrade dapat digunakan untuk video conference hingga 200 peserta. Menarik bukan? video conference cukup dengan mudah hanya dengan melakukannya langsung melalui aplikasi Line. Line menyediakan layanan ini dengan gratis. Layanan ini hanya dapat dilakukan dengan semua peserta grup saja, tidak dapat melakukan panggilan video maupun suara secara konvensional atau banyak dengan peserta di luar grup. Namun, Line tidak dapat melakukan obrolan teks secara langsung pada saat video conference dilakukan.

Itulah 8 Aplikasi Video Call Conference yang cocok digunakan untuk proses Pembelajaran hingga Bisnis yang bisa Kamu gunakan. Masing-masing aplikasi memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhamu, selamat mencoba 😊

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.