PanduanBs
Home » Simak! Cara Mengetahui WA Disadap Pakai Whatsapp Web

Simak! Cara Mengetahui WA Disadap Pakai Whatsapp Web

Cara Mengetahui WA Disadap Pakai Whatsapp Web

Aplikasi Whatsapp adalah aplikasi chatting paling populer di dunia. Tentunya, dengan beragam fitur yang ada, Whatsapp sangat menunjang keperluan penggunanya. Seperti yang sudah kita ketahui, aplikasi yang dimiliki oleh Facebook ini juga rentan untuk disadap. Meski developer terus melakukan pembaruan-pembaruan untuk meningkatkan sistem keamanannya, celah kejahatan masih bisa terjadi. Nah, di pembahasan kali ini, tim PANDUANBS akan membahas lebih jauh tentang bagaimana cara mengetahui WA disadap atau tidak. langsung saja berikut cara mengetahui WA disadap orang atau tidak

1. Cara Mengetahui WA Disadap

Whatsapp sebenarnya memiliki fitur keamanan yang cukup baik. Melalui fitur enksripsi end-to-end yang digunakan oleh Whatsapp. Pengguna (pengirim dan penerima pesan) Whatsapp dapat saling berkomunikasi dengan aman, tanpa perlu mengkhawatirkan pihak ketiga. Namun meski begitu, peluang untuk celah penyadapan atau kejahatan privasi masih bisa terjadi. Maka untuk itu kamu perlu mengetahui cara mendeteksi Whatsapp sedang disadap atau tidak.

A. Cek Riwayat Whatsapp Web

Tampilan halaman Whatsapp Web
Tampilan halaman Whatsapp Web

Salah satu fitur dari Whatsapp adalah Whatsapp web. Melalui fitur ini, pengguna dapat mengakses akun Whatsappnya melalui browser di PC atau desktop. Cukup membuka browser dan masuk ke halaman https://web.whatsapp.com/ kamu bisa mengakses akunmu dengan melakukan scan QR code. Untuk mengetahui WA mu sedang disadap atau tidak, kamu bisa mengecek riwayat Whatsapp Web mu di HP. Jika kamu pernah login melalui perangkat (PC atau desktop) dan belum di logout, maka riwayat Whatsaap Web akan aktif. Sebaliknya, jika kamu merasa tidak pernah menggunakan fitur Whatsapp web namun tiba-tiba di riwayat tersebut aktif, maka besar kemungkinan Whatsappmu tengah menjadi objek penyadapan oleh orang lain.

Sebaiknya, selalu lakukan logout setelah menggunakan perangkat atau device lain yang bukan milik pribadimu. Jika ada indikasi atau kecurigaan Whatsappmu disadap melalui Whatsapp Web. Maka, segera logout device melalui HPmu. Selalu cek riwayat Whatsapp Webmu, agar akunmu tetap aman dan kamu tidak menjadi korban penyadapan oleh orang lain.

B. Pesan Terbaca Secara Otomatis

Tanda centang pada WA
Tanda centang pada WA

Indikasi selanjutnya untuk mengetahui Whatsappmu sedang disadap atau tidak adalah melalui pesan yang terbaca secara otomatis. Umumnya secara default dari aplikasi Whatsapp, jika kamu sedang menerima pesan dan belum terbaca, maka centang biru tidak aktif. Namun, setelah pesan tersebut di buka maka akan otomatis muncul centang biru di pesan tersebut.

Jika kamu merasa tidak pernah membaca pesan yang baru masuk, namun pesan tersebut sudah memiliki centang biru. Maka, kemungkinan besar akun Whatsappmu sedang menjadi objek penyadapan orang lain. Indikasi ini bisa terlihat hanya bila kamu memakai pengaturan default dari Whatsaap. Jika kamu menonaktifkan fitur centang biru otomatis, maka baik itu pesan masuk yang sudah terbaca atau belum, tidak akan muncul centang biru.

C. Mengirim Pesan Otomatis ke Orang Lain

Indikasi ketiga untuk mengetahu Whatsappmu sedang aman atau tidak adalah melalui riwayat pesan. Jika kamu merasa tidak pernah mengirim pesan ke orang lain, namun di riwayat percakapan tersebut tertulis pesanmu dan telah terkirim, maka kemungkinan besar akun Whatsappmu tidak aman.

Salah satu kemungkinan penyadapan, adalah melakukan kejahatan berupa penipuan. Penipuan dapat berupa mengirim pesan atas nama orang lain untuk mengirim sejumlah uang, biasanya penipuan model ini menyasar pada orang-orang tertentu yang nomornya tersebar secara publik. Penyadap akan memerankan seolah-olah sebagai sosok asli dengan berpura-pura mengirim pesan agar mengirim uang sejumlah tertentu ke rekening penipu. Jika korban percaya maka ia akan mengirim uang ke rekening tersebut. Maka untuk mencegah aksi kejahatan semacam ini, jangan malas untuk melakukan cek pada akun Whatsappmu ya.

D. Akun Whatsapp Otomatis Logout Sendiri

WA logout sendiri indikasi penyadapan
WA logout sendiri indikasi penyadapan

Indikasi ke empat bahwa akun Whatsappmu sedang tidak aman adalah jika akunmu tiba-tiba logout sendiri. Kamu patut mencurigai hal tersebut, pasalnya Whatsapp akan otomatis melakukan logout jika ada ponsel baru yang masuk dengan akun yang sama. Jika Whatsapp di ponselmu otomatis logout, maka kemungkinan besar ada device smartphone lain yang login menggunakan akun Whatsappmu.

Whatsapp sebenarnya telah membuat sistem keamanan yang sudah baik. Untuk melakukan login di perangkat baru, maka perangkat baru tersebut wajib untuk memasukkan kode OTP. Kode OTP ini akan terkirim ke nomor telepon yang terdaftar oleh setiap akun pengguna. Maka untuk keamananmu jangan pernah mengirim kode OTP kepada siapapun.

2. Cara Cegah Penyadapan WA

Ada beberapa cara untuk mencegah penyadapan Whatsapp. Langkah-langkah berikut ini bisa mencegah atau meningkatakan keamanan akunmu, agar kamu tidak menjadi korban penyadapan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Namun sebelum itu, kamu bisa juga membaca artikel artikel kami yang lain, yang berkaitan dengan tips dan trik Whatsapp. Klik di sini ya untuk membaca semua artikel kami yang berkaitan dengan tips dan trik Whatsapp. Oke langsung aja, berikut cara mencegah penyadapan Whatsapp.

A. Gunakan Whatsapp versi resmi

cara mengetahui wa disadap
Selalu gunakan aplikasi resmi

Aplikasi Whatsapp yang resmi tersedia di Playstore untuk Android dan Appstore untuk Iphone. Sebaiknya kamu harus mendownload versi resmi di kedua platform tersebut. Jangan pernah menggunakan Whatsapp versi di luar dua platform tersebut, sekalipun menawarkan fitur-fitur yang terlihat lebih menggoda. Aplikasi tidak resmi rawan untuk disusupi kode-kode berisi malware atau spyware.

B. Aktifkan two factor autentification

Aktifkan fitur two factor authentification di Whatsappmu. Fitur ini sangat mudah dan cukup membantu untuk mengamankan akunmu. Cara mengaktifkannya cukup mudah, setelah kamu login ke akun Whatsappmu pilih setting atau klik icon titik tiga. kemudian pilih akun, lalu klik two step verification. Jika fitur tersebut masih kurang, kamu bisa menambahkan fitur Google authenticator sebelum masuk.

C. Selalu cek device yang terhubung

Usahakan untuk selalu mengecek secara berkala riwayat loginmu. Cek riwayat login di fitur Whatsapp web. Jika kamu merasa tidak pernah login melalui device lain namun tiba-tiba fitur tersebut aktif, kemungkinan besar ada orang lain yang login ke akunmu.

D. Amankan HP dengan PIN atau biometric security

Keamanan aplikasi
Security | Photo by Pixabay from Pexels

HP adalah perangkat pribadi, penting untuk mengamankan perangkat kamu dari segala kemungkinan terburuk. Kamu bisa mengaktifkan fitur-fitur keamanan yang tersedia, baik untuk HP Android ataupun Iphone. Kamu bisa menyalakan fitur security sebelum membuka HP, bisa menggunakan fitur PIN berupa kombinasi angka atau pola dan juga fitur keamanan biometric menggunakan sidik jari atau scan wajah.

E. Selalu logout setelah login di Whatsapp web

Jika kamu tipe orang yang sering menggunakan Whatsapp web di perangkat lain seperti desktop kantor, warnet atau PC milik teman, jangan lupa untuk logout setelah memakainya. Kamu juga bisa logout lewat HPmu, caranya klik fitur Whatsapp Web, lalu klik logout from all device, lalu klik logout.

Kesimpulan

Itulah cara mengetahui akun Whatsapp kamu sedang disadap atau tidak. Kami juga telah memberikan beberapa tips sederhana untuk mencegah dan mengamankan akunmu dari penyadapan. Semakin canggih teknologi, semakin canggih pula celah kejahatan ada. Maka untuk itu, kamu perlu untuk terus update seputar teknologi. Manfaatkan internet untuk mencari informasi terbaru, salah satunya dengan update semua informasi di PANDUANBS. Kalau ada pertanyaan atau kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar ya.

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.