PanduanBs
Home » News » Cara Scan Dokumen di Hp dengan Aplikasi Notebloc

Cara Scan Dokumen di Hp dengan Aplikasi Notebloc

Apa pengertian scan dokumen? Scan dokumen adalah proses pemindaian file cetak asli ke dalam file dokumen dalam bentuk digital. Nah, kalau begitu bagaimana cara scan dokumen? Banyak cara yang dapat kamu gunakan untuk scan dokumen. Misalnya scan dokumen dengan aplikasi di hp. Atau scan dokumen secara online. Kamu juga bisa loh scan dokumen ke pdf. Jadi, baca artikel ini sampai akhir ya.

Halo Semuanya, kembali lagi di blog PANDUANBS. Di daerah kalian sudah mulai nerapin new normal belum? Sudah atau belum semoga kalian tetap sehat ya. Meski situasinya masih kurang stabil seperti ini, kalian harus sering-sering ya mampir di blog ini. Nanti akan ada informasi menarik yang selalu uptodate. Oh iya, aku mau tanya sama kalian.

Baca juga: Cara memisahkan file PDF menjadi beberapa bagian.

Latar Belakang Scan Dokumen di Hp

Kalian pernah diberi tugas tulis tangan tapi harus dikumpulin dalam bentuk file? Mau scan tapi ngga punya alatnya? Mau ke warnet atau ke fotocopyan tapi mager? Tenang, sekarang kalian bisa melakukan scan dengan mudah hanya dengan menggunakan handphone atau smartphone kalian. Kalian Cuma perlu mendownload aplikasi scanner “Noteblock” di handphone kalian masing-masing. Kalian bisa mendownloadnya melalui aplikasi Playstore yang ada pada hp android kalian.

Aplikasi ini tentunya akan memudahkan kalian tidak hanya untuk mengubah tugas yang kalian tulis tangan menjadi sebuah file dokumen, namun juga dapat kalian gunakan untuk mengambil gambar dari suatu dokumen atau surat-surat penting yang nantinya akan dijadikan sebuah file foto atau image.

Baca juga: Cara menggabungkan file PDF menjadi satu bagian

Cara Scan Dokumen lewat aplikai Notebloc

Berikut kami berikan langkah-langkah penggunaan Noteblock beserta video tutorial meng-scan dokumen hingga membuatnya menjadi file pdf.

Video Tutorial Penggunaan Aplikasi Scan Dokumen Notebloc

Cara Scan dokumen di hp dengan aplikasi notebloc

Langkah-langkah Scan Dokumen ke PDF dengan Notebloc:

Nah untuk tutorial cara menggunakan aplikasi ini langsung saja kita simak beberapa langkah mudah di bawah ini:

1. Install Aplikasi Notebloc di Playstore atau Appstore

Pastikan aplikasi Noteblock ini sudah terinstall dengan benar pada handphone anda.

2. Buka Aplikasi Notebloc

Jika sudah terinstall maka buka aplikasi tersebut. Tampilan awal aplikasi notebloc akan disuguhi menu tempat penyimpanan hasil dokumen yang telah di scan.

Noteblock aplikasi scan dokumen di hp
Splash Screen Notebloc
Halaman home aplikasi notebloc
Halaman Utama

3. Pilih pemgambilan gambar dari Galeri atau Kamera

Pada bagian bawah terdapat button kamera dan galeri. Apabila dokumen yang ingin anda scan sudah anda ambil fotonya sebelumnya maka anda dapat memilih button galeri. Namun jika anda belum mengambil fotonya maka anda dapat memilih button kamera.

Tombo; galeri dan kamera aplikasi notebloc
Tombo;
a. Jika memilih Galeri

Jika anda memilih galeri, anda dapat langsung memilih file yang ingin anda scan atau ubah bentuk ke dalam pdf.

b. Jika memilih dari Kamera

Jika anda ingin memfotonya terlebih dahulu dan memilih kamera, pastikan dokumen yang akan anda foto telah siap.

4. Pilih dari Kamera

Sesuaikan agar kamera dapat terfokus sehingga seluruh informasi yang terdapat pada dokumen tersebut dapat terbaca. Pastikan pula bahwa tidak terdapat bayangan di atas dokumen anda ketika anda sedang memfoto dokumen tersebut, karena hal tersebut akan mempengaruhi hasil scanning.

Memfoto objek untuk Scan Dokumen di hp dengan aplikasi notebloc
Memfoto objek

5. Sesuaikan ukuran dengan Dokumen

Setelah anda mengambil foto, anda dapat memotong foto tersebut atau menyesuaikan ukurannya sesuai dengan dokumen milik anda.

Menyesuaikan area objek untuk Scan Dokumen di hp dengan aplikasi notebloc
Menyesuaikan area objek

6. Menu Edit

Setelah selesai memotong gambar, anda akan langsung diarahkan ke menu edit. Disana anda dapat memilih filter yang sesuai untuk dokumen anda.

Contoh hasil scan dokumen di hp dengan aplikasi notebloc
Contoh hasil scan dokumen

Pada halaman edit tersebut, kita juga dapat melakukan rotate terhadap gambar.

7. Ceklist Setelah Sesuai

Setelah selesai mengedit maka anda dapat menekan tombol ceklis pada kanan bawah. Anda juga dapat menambahkan beberapa dokumen kembali dalam satu file dengan cara mengambil gambar dokumen yang ingin anda scan sama seperti cara sebelumnya.

8. Urutkan jika diperlukan (Optional)

Urutan file juga dapat diubah-ubah, anda hanya perlu menekan lama file yang ingin anda pinah posisinya, kemudian anda drag file tersebut ke posisi yang anda inginkan.

Scan dokumen lewat hp
Hasil halaman yang telah di secan
Cara scan dokumen dengan hp
Pengurutan halaman yang sudah di scan

9. Share atau Simpan

Proses selanjutnya adalah share. Pada menu share ini kita dapat memilih format dokumen apa yang kita inginkan, apakah kita ingin dalam bentuk pdf atau jpg. Pada menu ini kita juga dapat menentukan besaran kualitas dokumen yang kita inginkan. Setelah itu kita pilih aplikasi mana yang ingin kita gunakan untuk mengeshare dokumen tersebut.

Eksport dokumen menjadi yang kamu inginkan. Bisa berupa gambar atau pdf
Eksport Dokumen
Share hasil scan dokumen di hp ke sosial media chaatting
Share Dokumen

Semisal kita memilih telegram, setelah memilih aplikasi telegram maka selanjutnya kita memilih kontak. Bisa menggunakan kontak sendiri, lalu selanjutnya kita download dokumen tersebut sebagai arsip di handphone kita.

10 Selesai

Selamat kamu berhasil. Yeeeee.

Kesimpulan

Nah gimana ? mudah, simple, dan efektif banget kan buat kalian yang harus mengerjakan tugas dengan tulis tangan tapi mengumpulkan dalam bentuk file? Ngga perlu ribet-ribet lagi harus keluar rumah. Cukup buka hp, buka aplikasi noteblock, tinggal foto kalian udah bisa ngescan dokumen-dokumen kalian. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengarsipkan dokumen-dokumen penting, tinggal discan lalu disimpan dalam bentuk gambar atau jpg.

Nah sekian tutorial cara mudah scan foto dan dokumen menggunakan noteblock ini. Semoga membantu, dan jangan lupa untuk kalian coba sendiri ya. Sampai jumpa di tutorial lainnya. Stay safe, stay healthy, stay happy. 😊

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.