PanduanBs
Home » News » Cara Mudah Mengecilkan Ukuran File Pdf secara Online dan Gratis

Cara Mudah Mengecilkan Ukuran File Pdf secara Online dan Gratis

Cara Mudah Mengecilkan Ukuran File Pdf secara Online dan Gratis

Pernahkan kamu merasa jengkel karena ketika ingin mengupload tugas, namun file yang kamu miliki melebihi batas maksimal upload? Aku sering banget mengalami hal seperti ini. Biasanya limit form tempat upload file dibatasi hanya 2Mb atau bahkan mungkin hanya 1Mb. Namun file yang akan kita upload 2,1Mb misalnya. Menjengkelkan sekali bukan.

Namun tenang, jangan fustrasi dulu bro and sis. Setiap masalah pasti ada solusinya kok. Tinggal komentar saja di halaman PANDUANBS, nanti insyaallah akan mimin bagikan solusinya. Tapi sebelum itu intro dulu bentar .

Halo sobat PANDUANBS (Panduan Bisa). Bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu ditengah pandemi corona (covid-19) ini. Oiya bagi kamu yang baru pertama datang kemari dan penasaran apa itu panduanbs. silahkan cek di halaman tentang PANDUANBS.

Mengecilkan Ukuran File PDF secara Online

Sebenarnya banyak banget cara untuk mengecilkan ukuran file PDF secara online. Jadi disini mungkin akan aku berikan beberapa contoh atau jalan untuk mengecilkan ukuran file pdf kamu. Oke bro and sis, ini saatnya kita praktek mengecilkan file pdf yang kita punya.

1. Melalui SmallPdf

Langsung saja caranya cukup mudah banget. Pertama silahkan kamu kunjungi website smallpdf. Nanti tampilan websitenya akan seperti gambar dibawah ini.

website smallpdf – mengecilkan ukuran file pdf

Setelah itu silahkan pilih file atau bisa dengan drag and drop (ke warna merah) file pdf yang akan kamu compress. disini saya pilih file berukuran 10Mb.

Contoh file yang akan di comress – mengecilkan ukuran file pdf

Kemudian tunggu proses upload file. Perlu diperhatikan bahwa kecepatan upload file tergantung pada kecepatan internet kamu. hehe

Preoses upload file – mengecilkan ukuran file pdf

Setelah ter-upload makn akan di suguhkan tampilan user interface seperti pada gambar dibawah ini. kamu diminta untuk memilih satu diantara 2 opsi.

hasil upload file

Kemudian pilih saja yang mengkompresi dasar. Setelah itu akan meakukan prosen peng-kompresan file pdf.

Preses peng-kompres-an file pdf
Hasil kompres file pdf

Jika kamu beruntung kamu bisa unduh untuk yang pro. sehingga hasinya bisa lebih kecil. Kemudian klik saja tombol merah bertuliskan ‘Unduh’ atau download.

Unduh file dikompresi

Taraaaaa, file pdf kamu sudah terunduh dan telah dikompres menjadi 3Mb.

bukti perbedan file asli dan yang telah dikompresi

Ini bukti dari perbedaan ukuran file asli dan file yang sudah dikompresi. Lumayan bukan. Selamat Mencoba ☺

2. Melalui Soda PDF Online

halaman website sodapdfonline

Kurang lebih cara untuk mengkompresi file melaui soda pdf online sama dengan cara di smallpdf. Caranya yaitu:

  1. Siapkan File yang akan di kompres
  2. Kunjungi laman website soda pdf online
  3. Pilih file yang akan kamu kompresi, bisa dengan klik tombol ‘pilih file’ atau dengan cara drag and drop pada form upload file.
  4. Tunggu proses compresi selesai
  5. Unduh hasil file yang telah dikompresi
  6. Selesai

Nah sangat mudah sekali bukan. Masih terdapat banyak lagi yang bisa kamu gunakan untuk mengkompresi file pdf kamu supaya lebih kecil sizenya. Beberapa diantara web yang lain yaitu melalui pdfcompressor, i love pdf, pdf 2 go, dan masih banyak yang lainnya. Yang kurang lebih bahwa flow alur caranya adalah sama dengan yang sudah mimin jelaskan diatas.

Terimakasih buat kamu yang telah berkunjung di PANDUANBS, Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, atau Kamu memiliki ide untuk kami memberikan tutorial yang lain silahkan tulis pada kolom komentar. Dan yang terakhir Ayo support website ini dengan cara berdonasi melalui klik atau sentuh sponsor yang ada pada website PANDUANBS. Terimakasih dan selamat Mencoba. ☺

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.