PanduanBs
Home » News » 10 Add on Google Docs yang Wajib Kamu Coba

10 Add on Google Docs yang Wajib Kamu Coba

Ekstensi yang wajib dimiliki saat menggunakan google docs

Sudahkah kamu tahu dengan menggunakan Add On di Google kita bisa memiliki fitur kostum layaknya Ms Word. Kita pasti sudah pernah menggunakan dan memanfaatkan beberapa fitur yang ada di dalam Google Docs. Google Dokumen merupakan salah satu aplikasi keluaran Google untuk membantu kita dalam mengolah kata. Tetapi kebanyakan kita masih tetap menggunakan Microsoft Office Word dalam mengolah kata.

Baca juga: 8 Cara cek spesifikasi hp paling akurat

Namun, dalam Google Docs sebenarnya kita dapat memanfaatkan banyak kelebihan yang tidak ada dalam Microsoft Office Word. Dengan menambahakan beberapa ekstensi Add on yang tersedia di Google docs, pekerjaan kita akan lebih cepat terselesaikan. Banyak sekali Add on yang dapat kamu pilih di Google untuk membantu pekerjaan kita. Perlu kamu tau, Add on sama sekali tidak berkaitan dengan browser, sehingga kita perlu menginstalnya terlebih dahulu jika ingin menggunakan.

Pada kesempatan yang lalu, kita telah mengetahui Cara Mudah Membuat Daftar Isi Otomatis di Google Docs. Sekarang waktunya kita mengetahui apa saja Add on yang perlu kita instal di google docs untuk mempermudah pekerjaan. Jangan sampai terlewatkan yaa, PANDUANBS bakalan kasih tau kita semua. Berikut ulasannya….

Dimana sih kita dapat menemukan Add-on?

Add on
Add-on

Pertama yang harus kita lakukan yaitu membuka Google Docs, kemudian klik menu Add-on dan pilih Dapatkan Add-on atau Get Add-on. Selanjutnya akan muncul kotak dialog yang mana kita dapat mencari Add-on yang kita inginkan sesuai nama atau ketegori. Kita dapat mencarinya di kotak pecarian Telusuri apps.

Daftar Ekstensi Chrome
Pilih Add-on

10 Ekstensi Add-on yang Wajib Kamu Install

1 PaperPile

Ekstensi Chrome Paper Pile
Contoh PaperPile

PaperPile merupakan salah satu Add-on yang dapat membantu kita dalam membuat daftar kutipan yang tepat dan sangat mudah. Terlebih jika kita akan menulis makalah akademis, penelitian, skripsi ataupun penulisan lain yang bersifat formal. PaperPile menjadi pilihan yang tepat untuk kita gunakan dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut. 

2 Better Word Count

Ekstensi Chrome Better Word Count
Hasil dari better word count

Better Word Count adalah penyedia akses yang cepat dan handal dalam perhitungan jumlah kata, karakter, dan karakter tanpa menghitung spasi. Hal ini dapat kita gunakan dalam penulisan dengan format tertentu yang mengharuskan kita menulis sekian kata yang sudah di tentukan. Biasanya syarat tersebut digunakan dalam perlombaan essay, karya tulis ilmiah dan sebagainya. Dengan adanya Add-on ini kita tak perlu repot repot menghitung kata secara manual. Better Word Count akan membantu kita menghitungnya.

3 Table of Contents

Table of Content Ekstensi chrome
Hasil Table of Contents

Table of Contents merupakan add-ons yang dapat membuat navigasi dokumen menjadi lebih mudah dan ideal untuk dokumen yang lebih panjang karena memberi kemudahan untuk membuat daftar isi secara otomatis. Table of Contents pada umumnya masih dapat berfungsi walau tanpa adanya Table of Contents yang diintegrasikan ke dalam Dokumen. Sehingga seperti pembahasan seelumnya mengenai cara membuat daftar isi secara otomatis, Table of Contents memberikan fungsi yang sama.

Baca juga: Cara Lengkap membuat daftar isi di Google Documents.

4 Translate

Ekstensi Google Translate
Google Translate

Translate adalah add-ons yang membantu kita untuk mengubah kata, kalimat ataupun paragraf dari satu bahasa ke bahasa yang lainnya. Translate ini sebenarnya sama dengan Google Translate yang mana memberikan kita hasil translate suatu bahasa ke bahasa lain. Hal ini akan memudahkan kita untuk menerjemahkan bahasa tanpa harus bolak balik copy paste ke Google Translate.

5 Lucidchart Diagrams

Lucindchart diagrams ekstensi chrome
Penggunaan Lucidchart diagrams

Lucidchart Diagrams merupakan solusi suatu masalah terkait desain dan visualisasi. Add On google docs ini akan memungkinkan kita menambahkan diagram alur, bingkai gambar, diagram, dan banyak lagi yang lainnya ke dalam Google Documents. Lucidchart Diagrams menjadi menarik karena kita dapat mengimpor dan mengekspor data dari hampir semua aplikasi desain grafis tanpa kesulitan. Selanjutnya, kita dapat mengintegrasikan Lucidchart dengan perangkat lunak manajemen seperti JIRA, HipChat, dan lain sebagainya. Dengan ini, kita dapat menggunakan sekitar 60 item tanpa biaya apa pun atau free.

6 SAS Writing Reviser

SAS Writing Reviser Ekstensi Chrome
Contoh Hasil SAS Writing Reviser

SAS Writing Reviser adalah aplikasi yang dapat membantu kita mengoreksi dokumen dan meningkatkan kemampuan menulis pada saat yang sama. Hal ini sangat berguna untuk mengurangi tingkat kesalahan penulisan loh, jadi ngga khawatir typo deh. SAS Writing Reviser juga akan membantumu menemukan kata dan frase yang dapat kita gunakan dalam tulisan untuk membuatnya lebih baik. Selain itu, SAS Writing Reviser dapat dengan mudah mengidentifikasi kata-kata yang dapat diubah atau sepenuhnya dikesampingkan seperti kata kerja yang lemah, kata-kata yang diulang atau tidak perlu. SAS Writing Reviser akan menyarankan kata-kata yang dapat ditambahkan sebagai gantinya. Tambah lagi, SAS Writing Reviser juga memiliki fitur pelaporan yang memberi kita wawasan tentang seberapa baik dokumen tersebut kamu tulis.

7 Table Formatter

Table Formatter Ekstensi Google Dockument
Contoh Table Formatter

Table Formatter merupakan aplikasi add-on yang digunakan untuk memodifikasi jenis tabel yang digunakan supata terlihat lebih menarik. Table Formatter memungkinkan kita untuk menggunakan lebih dari 60 tabel pra-desain, bersama dengan warna khusus untuk desain baris dan kolom. Sehingga dengan adanya fitur ini kita dapat membuat tabel yang menarik dan beragam.

8 Easybib

Easybib Ekstensi Google Dockument
Sitasi dengan Easybib

Easybib adalah generator kutipan bibliografi yang mengutip jurnal, artikel, dan buku-buku secara otomatis tepat di file Doc milik kita. Untuk memulainya, kita hanya perlu memilih jenis format kutipan apa yang dibutuhkan. Dengan bantuan Easybib ini kita semakin mudah dalam menulis kutipan. Biasanya, dibutuhkan untuk penulisan penelitian, kerya ilmiah hingga skripsi. Hal ini menjadikan kita terhindar dari plagiarisme penulisan lohh. Kamu juga dapat gunakan cara lain untuk membuat bibliografi di google docs.

Baca juga: Membuat Daftar Pustaka dan Sitasi secara Otomatis.

9 Image Extractor

Image Ekstractor Addons Google Dokumen
Contoh Image Extractor

Image Extractor membantu kita untuk mengunduh gambar dari Google Documents secara mandiri hanya dengan beberapa klik. Cukup buka dokumen, muat add-on, jalankan, pilih gambar dan kemudian klik untuk mengunduhnya di hard drive milik kita. Hal ini dapat berguna dalam menjaga cadangan gambar kita lohh.

10 Extensis Fonts

Extensis Fonts Ekstensi Addons Google Document Chrome
Hasil Extensis Fonts

Extensis Fonts memberikan akses ke lebih dari 1200 font yang berbeda untuk memberikan kesan menarik pada file kita. Kita juga dapat mempersempit jenis font sesuai dengan popularitas, usia, dan namanya. Dengan adanya add-on ini kita tidak perlu khawatir lagi jika kehabisan jenis font yang telah digunakan, kita akan mendapat jenis font yang lain disini.

Kesimpulan

Nahh, itulah 10 Add on yang harus kita miliki di Google Docs supaya lebih mudah dalam mengerjakan file dokumen. Selain itu dengan penambahan add on ini, kita jadi cepat menyelesaikan tugas loh. Mau mencoba? Yuk coba bandingkan pengerjaan lewat Word biasa dan Google Docs. Ingat perlu koneksi internet yaaa… Selamat mencoba! Semoga bermanfaat, dan Terima kasih 🙂

Yuk Subscribe YouTube Channel PANDUANBS supaya kita dapat mencoba tutorial yang lain dan pastinya lebih menarik. Klik tombol di bawah yaaa….

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.