PanduanBs
Home » News » Cara Mudah Membuat Daftar Isi Otomatis di Google Docs

Cara Mudah Membuat Daftar Isi Otomatis di Google Docs

Daftar isi otomatis di google document PanduanBS

Banyak diantara kita pastinya malas dalam membuat daftar isi dalam tugas makalah, laporan dan lainnya secara manual. Pasti akan ribet kan yaa jika kita terus menggunakan cara manual untuk membuat daftar isi. Padahal laporan atau tugas yang kita buat itu banyak sekali bab dan subab yang ada di dalamnya. Jadi lama deh jika kita tetap terus menggunakan cara manual.

Sebenernya, ada cara mudah nih buat kamu yang ingin membuat daftar isi secara cepat, praktis dan mudah. Cukup dengan ikutin terus tutorial dari PANDUANBS kamu akan dapat tutorial paling mudah dipakai. Makanya, yuk simak terus penjelasan dari PANDUANBS sampai selesai yaaa….

baca juga: Cara keluar grup wa tanpa diketahui anggota lain.

Di tutorial sebelumya, kita telah berkesempatan mencoba AUTO RAPI !! Cara Menggabungkan Beberapa File Ms. Word dengan Cepat. Sekarang, kita akan memberikan bagaimana cara mudah membuat daftar isi otomatis melalui Google Docs. Pemanfaatan Google Docs sebetulnya banyak sekali, namun beberapa orang tidak mengetahuinya dan tidak memanfaatkannya karena penggunaannya memerlukan jaringan internet. Salah satu manfaat dari Google Docs yaitu kita dapat membuat daftar isi secara otomatis lohhh. Berikut caranya….

Langkah – Langkah Membuat Daftar Isi Otomatis

Langkah 1 : Buka Google Docs

Halaman Awal Google Docs
Buka Google Docs

Pertama, yang harus kita lakukan yaitu membuka Google Doc melalui browser kemudian ketik Google Dokumen pada kotak pencarian yang disediakan. Lalu pilih Kosong untuk memulai dokumen baru tanpa format.

Langkah 2 : Masukkan Dokumen Ke Google Docs

Upload atau import dokumen dari komputer
Tambahkan file dokumen

Selanjutnya, kita pindahkan file dokumen yang ingin kita beri daftar isi ke dokumen baru tadi. Caranya yaitu dengan Klik File > Buka > akan muncul kotak dialog Buka File > kemudian pilih Upload > Klik Pilih File dari Perangkat Anda atau kita dapat langsung drag file dokumen ke kotak yang disediakan.

Langkah 3 : Tentukan Heading

File yang sudah kita upload tadi anggap saja masih dalam bentuk file mentah dan belum diisi oleh beberapa heading. Oleh karena itu kita perlu menambahkan heading 1, 2 dan seterusnya. Caranya sebagai berikut:

  • Tambahkan heading JUDUL misalkan disini kita gunakan judul PANDUANBS sebagai JUDUL. Blok judul “PANDUANBS” > pilih Format > Gaya Paragraf > Judul > pilih Terapkan ‘Judul’ seperti berikut
Menerapkan Heading per Sub Judul di Google dokumen
Terapkan Judul
  • Ikuti sesuai format dokumen kita, disini kita gunakan PENDAHULUAN sebagai Tajuk 1 untuk Heading 1 dan subab pada PENDAHULUAN menjadi Tajuk 2. Cara menandai heading masih sama seperti sebelumnya melalui Gaya Paragraf seperti berikut:
Tandai Heading setiap sub judul di file dokumen google docs
Menandai heading
  • Tambahkan tanda pada subab yang ada di bab PENDAHULUAN dengan menggunakan Tajuk 2
  • Jika terdapat subab lagi pada subab Latar belakang atau yang lainnya, kita bisa tambahkan untuk Tajuk 3
  • Ulangi langkah tersebut untuk BAB dan SUBAB selanjutnya dengan ketentuan heading masing-masing sampai selesai

Langkah 4 : Pembuatan Daftar Isi Otomatis

Membuat Daftar Isi Otomatis di Google Docs
Buat daftar isi

Setelah semua bab dan subab kita berikan heading yang sesuai, maka selanjutnya membuat daftar isi otomatis dari heading yang telah kita tandai tadi. Caranya sebagai berikut:

  • Posisikan dimana daftar isi akan ditambahkan
  • Pilih menu Sisipkan atau Insert
  • Klik Daftar isi  (Dengan nomor halaman)
  • Selesai
Cara Mudah Membuat Daftar Isi Otomatis di Google Docs
Selesai

Mudah bukan membuat daftar isi secara otomatis? hehehe. Ketimbang kita ribet membuat daftar isi satu persatu secara manual akan semakin membuat pekerjaan menjadi lama. Jika kita merubah halaman, ngga perlu lagi mulai dari awal membuat daftar isi hehe, dengan ara ini kita dapat mudah merefresh daftar isi kok, otomatis jika halaman berubah, daftar isi ikutan berubah.

Jangan lupa untuk tetap terkoneksi internet yaa jika ingin menggunakan Google Docs. Yuk bagikan tutorial ini ke temen kita yang lagi kesusahan untuk membuat daftar isi. Semoga bermanfaat! Oh iya, karena kita sedang membahas mengenai google dokumen, Kamu juga harus tau 10 Add-On yang wajib kamu install di Google Docs kamu. Supaya dalam menggunakan google docs dapat semakin mudah. Terima kasih 🙂

Subscribe YouTube Chanel PANDUANBS yuk untuk melihat tutorial yang lebih real dicoba. Banyak sekali tutorial yang diberikan dalam bentuk video lohh. Klik tombol di bawah yaaa….

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.