PanduanBs
Home » News » Cara Memanfaatkan Waktu Menjadi Lebih Produktif dan Disiplin

Cara Memanfaatkan Waktu Menjadi Lebih Produktif dan Disiplin

Cara Memanfaatkan Waktu Menjadi Lebih Produktif dan Disiplin

Halo sahabat bs! Berjumpa lagi bersama kami. Bagi kalian yang sering gabut dan sudah mulai bosan dengan kegabutan kalian. Kini saatnya untuk menjadi produktif!. Bagi kalian yang bingung gimana sih caranya jadi produktif? Berikut kami ulas langkah-langkah menjadi produktif.

1. Mengatur diri sendiri.

a. Membuat to do list atau daftar tugas

Daftar tugas atau to do list bisa berskala harian, minguan, ataupun bulanan. Ketika membuat daftar tugas ini sesuaikanlah tugas-tugas yang ingin kamu kerjakan semaksimal dan serinci mungkin. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi di handphone atau membuatnya secara manual di kertas atau media tulis lainnya. Berusahalah untuk menjalani dan menyelesaikan tugas-tugas dalam daftar secara maksimal.

b. Membuat urutan prioritas

Dalam membuat daftar tugas kamu bisa mengurutkannya sesuai skala prioritas mana yang paing penting dan mendesak untuk segera diselesaikan.

c. Menentukan target

Memasang target menjadi penting jika kamu ingin hasil yang maksimal. Target dalam hal ini adalah sesuai dengan keinginan kita, dalam artian kita bisa mematok target dengan orientasi hasil atau target dengan orientasi waktu. Target berorientasi hasil yaitu semakin besar atau tinggi hasilnya semakin baik. Target berorientasi waktu bisa dimaknai semakin cepat waktu yang digunakan semakin efisien.

d. Menjaga peralatan tetap rapi

Ketika kita bekerja atau mengerjakan sebuah tugas peralatan yang kita gunakan pasti akan tersebar dan terkesan tidak rapi. Untuk memaksimalkan waktu agar tetap produktif, ada baiknya kita selalu berusaha bekerja atau nugas secara rapi dan tertata. Menjaga agar tetap rapi juga berlaku untuk folder-folder yang ada di dalam pc dan laptop. Buatlah sebuah system yang terorganisir agar memudahkan pekerjaan dan tugas kita.

2. Berusahalah untuk fokus

a. Menyingkirkan hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi

Mungkin bagi mereka yang mampu multi tasking, atau melakukan lebih dari satu tugas dalam satu waktu tidak memiliki masalah atau gangguan dalam hal konsentrasi. Namun bagi mereka yang hanya bisa focus dalam satu hal atau tugas penting untuk menyingkirkan gangguan atau barang yang mungkin memicu untuk memecah konsentrasi. Sebagai contoh ketika kita belajar ada handphone di dekat kita. sekiranya itu mampu memecah konsentrasi lebih baik kita singkirkan dulu sementara atau kita silent untuk beberapa waktu sampai tugas kita selesai.

b. Menyelesaikan tugas secara bertahap satu per satu

banyak dari kita ingin hasil yang instan dan cepat selesai sehingga mengerjakan tugas secara sembarangan dan ingin dikerjakan semua sekaligus. Padahal akan lebih baik bila dikerjakan secara bertahap untuk hasil yang maksimal. Daripada mengerjakan semua namun hasilnya pekerjaan tidak maksimal dan tidak selesai karena kita menjadi tidak fokus.

3. Menjaga diri

a. Istirahat yang cukup

Untuk menjaga badan tetap sehat dan segar istirahatlah yang cukup. Sebab jika badan kita tidak fit, melakukan aktifitas apapun rasanya kurang maksimal. Terlebih jika kita sakit rasanya justru menghambat segala aktifitas kta. Untuk itu jika dirasa mulai lelah tidak usah memaksa memforsir tubuh terlalu berlebih.

b. Berolahraga

Aturlah jadwal berolahraga disela-sela kesibukan. Selain istirahat yang cukup minimal dalam seminggu sekali kita meluangkan sedikit waktu untuk berolahraga. Tidak perlu olahraga yang berat, lari kecil atau jogging bisa menjadi alternatif.

c. Makan makanan yang sehat

Asupan energi yang baik yaitu makanan yang sehat juga sangat dibutuhkan tubuh. Makanan yang sehat tidak perlu mahal, yang terpenting mampu memenuhi kebutuhan energi dan gizi bagi tubuh.

4. Menganalisa kinerja dan meningkatkannya

Kita dapat mencatat kegiatan kita pada aplikasi smartphone atau mencatat secara manual. Kita juga bisa memantau statistiknya apakah naik atau turun. Sebaiknya selalu berusahalah sebaik mungkin untuk terus meningkatkan performa dan produktifitas kita. motivasi terbaik lahir dari kesadaran diri sendiri.

baca juga : Cara Menjadi Seorang Freelancer dan Tips Mengembangkannya.

Itulah beberapa tips dan langkah-langkah untuk menjadi produktif. Semua langkah tersebut juga harus diiringi dengan niat dan tekad yang kuat. Kita harus mampu untuk menaklukkan rasa malas dalam diri kita sendiri. dan yang terpenting ketika sudah menemukan passion dalam satu bidang kita harus tekun dan konsisten untuk terus bekerja dan berkarya. Semangat !

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.