PanduanBs
Home » Android » Tips Jitu! Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh di Hp

Tips Jitu! Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh di Hp

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh di hp

Bagaimana cara mengatasi ruang penyimpanan penuh? hal ini sering kita jumpai di berbagai merek hp seperti di hp xiomi, pada advan, padahal aplikasi sedikit. Saat ini semua orang pasti sudah memiliki gadget masing-masing. Ada banyak sekali jenis gadget yang tersedia, salah satunya yaitu smartphone.

Smartphone kini menjadi kebutuhan wajib buat tiap orang. Apalagi di masa pandemi saat ini, smartphone sangat penting buat pelajar guna menunjang belajar online. Salah satu fitur penting dari smartphone yaitu penyimpanan atau memori. Smartphone yang memadai pastinya punya memori yang lega atau banyak, tapi kamu pernah ngalamin nggak sih penyimpanan memorimu penuh? Atau tidak bisa mendownload aplikasi karena memori hp penuh? Nah bagaimana cara menghapus ruang hp yang penuh? Jika kamu belum mengetahui spesifikasi hp yang kamu miliki. Sebaiknya kamu cek spesifikasi hp sendiri.

baca juga: Cara buat daftar isi otomatis di google document

Tebang sob, di postingan kali ini, tim PANDUANBS akan membahas mengenai trik atau cara mengatasi ruang penyimpanan penuh. Langsung aja berikut adalah tips dan triknya:

1. Uninstall Aplikasi Bloatware

cara mengatasi ruang penyimpanan penuh
Photo by PhotoMIX Company from Pexels

Bloatware adalah aplikasi di smartphone yang merupakan instalasi dari pabrikan masing-masing brand. Biasanya aplikasi bloatware telah terinstal ketika kamu pertama kali menyalakan smartphone. Terkadang aplikasi bloatware ini tidak benar-benar kamu butuhkan, sehingga jarang sekali digunakan dan hanya memenuhi penyimpanan internal atau memori internal smartphone-mu.

Untuk mengatasi ruang penyimpanan smartphone yang hampir habis, ada baiknya kamu uninstall saja bloatware yang ada di smartphone-mu. Untuk menghapus atau uninstall aplikasi bloatware kamu bisa melakukannya dengan masuk ke fitur settings > aplikasi > lalu hapus aplikasi bloatware yang sekiranya tidak digunakan. Namun terkadang ada beberapa aplikasi bloatware yang tidak bisa dihapus secara langsung. Untuk mengatasinya biasanya kamu cukup untuk menghapus cache atau datanya, serta menonaktifkannya.

2. Pindahkan Aplikasi ke SD Card

pindahkan aplikasi ke sd card
Photo by Silvie Lindemann from Pexels

Saat menginstall suatu aplikasi tertentu, pengaturan default smartphone biasanya akan menyimpan instalasi aplikasi tersebut di memori internal smartphone. Kamu bisa memindahkan instalasi aplikasi ke memori eksternal atau SD Card. Caranya yaitu setelah instalasi aplikasi selesai kamu bisa masuk ke settings > aplikasi > lalu pindahkan aplikasi yang diinginkan.

Cara ini bisa digunakan jika memang format aplikasi yang kamu install, mendukung untuk memindahkan file instalasinya ke memori eksternal. Biasanya ada beberapa jenis file instalasi aplikasi yang tidak bisa dipindahkan karena memang harus diinstal di memori internal.

3. Atur Default Penyimpanan ke SD Card

Salah satu penyebab utama ruang penyimpanan smartphone jadi cepat penuh adalah karena kamu belum mengatur default penyimpanan smartphonemu. Perlu kamu tahu, penyimpanan smartphone umumnya terdiri atas tiga bagian berbeda. Pertama yaitu memori internal smartphone umumnya berukuran 32/64/128 GB dan seterusnya. Nah file penyimpanan internal inilah yang biasanya cepat penuh. Selanjutnya yaitu penyimpanan cloud, penyimpanan ini biasanya tersedia di aplikasi seperti Onedrive, Google drive, Dropbox dan sejenisnya. Terakhir yaitu penyimpanan eksternal, biasanya menggunakan format SD Card yang bisa kamu upgrade hingga batasan tertentu tergantung spesifikasi smartphone-mu.

A. Foto dan Video

File foto dan video umumnya ketika kamu belum melakukan pengaturan lebih jauh, default penyimpanannya akan berada di memori internal smartphonemu. Untuk itu, untuk mengatasi atau bahkan mencegah agar smartphonemu tidak cepat kehabisan memori internal, kamu perlu memasang memori eksternal lebih dulu. Setelah memasang memri eksternal, kamu bisa buka setting aplikasi kamera lalu ubah konfigurasi penyimpanan ke SD Card atau memori eksternal. Dengan cara ini setiap kali kamu merekam atau mengambil gambar, file hasilnya akan otomatis tersimpan di memori eksternal.

B. File Hasil Download

File hasil unduhan defaultnya juga akan tersimpan di memori internal. Kamu perlu melakukan setting di bagian penyimpanan, sehingga setiap kali file hasil downloadmu selesai diunduh akan tersimpan di memori eksternal. Kamu perlu melakukan pengaturan di bagian penyimpananmu, caranya masuk ke menu settings > penyimpanan > lalu ubah konfigurasi file download ke memori eksternal. Dengan cara ini, setiap kali file hasil downloadmu selesai akan otomatis tersimpan di memori eksternal dan tidak lagi memenuhi memori internalmu.

C. File Download di Aplikasi Chatting

di aplikasi chatting seperti Whatsapp, Telegram, Line, dan lainnya, kita biasa juga untuk berkirim file baik berupa format gambar, video, document, dan lainnnya. Tapi tahukah kamu ke mana setiap file tersebut disimpan?. Umumnya file hasil download di aplikasi chatting juga tersimpan di memori internal, maka untuk itu kamu perlu melakukan setting terlebih dahulu di dalam aplikasi agar file hasil download tersimpan di memori eksternal.

baca juga : cara mengetahui pesan whatsapp dihapus sebelum dibaca

4. Hapus Cache dan Temporary Files Secara Berkala

Setiap kali kamu melakukan aktifitas di smartphonemu, maka akan otomatis terbentuk suatu cache file di dalam memori internal smartphonemu. Cache atau Temporary file ini sbenarnya bermanfaat dalam kaitannya dengan kecepatan smartphone-mu ketika melakukan suatu task atau perintah. Namun, cache file atau temporary file yang terlalu banyak dan menumpuk juga akan mengurangi penyimpanan internal smartphone-mu. Maka untuk itu, penting bagimu untuk membersihkanya secara berkala.

Untuk menghapus cache file atau temporary file ini, kamu bisa memanfaatkan aplikasi bawaan yang ada di ponselmu. Biasanya tiap brand telah memasang bloatware untuk menghapus dan mengoptimalkan kinerja smartphone. Dan juga aplikasi bloatware ini umumnya berfungsi sebagai cleaner yang menghapus file temporary yang tidak lagi terpakai. Sehingga dengan memanfaatkan aplikasi cleaner adalah salah satu cara mengatasi ruang penyimpanan penuh.

5. Gunakan Layanan Penyimpanan Cloud

cara mengatasi ruang penyimpanan penuh gunakan penyimpanan awan
manfaatkan penyimpanan cloud

Terkadang ada juga smartphone yang tidak memiliki fitur dukunagn untuk menambah memori eksternal. Namun, biasanya karena menghilangkan fitur ini smartphone tersebut memiliki memori internal yang cukup besar dari biasanya. Untuk mencegah agar memori internalmu tidak cepat habis, kamu bisa memanfaatkan fitur penyimpanan cloud. Kamu bisa memindahkan atau melakukan backup file dan menyimpannnya di cloud.

Untuk menggunakan penyimpanan cloud, tentunya kamu perlu menggunakan koneksi internet untuk melakukan pengunggahan. Aplikasi cloud yang bisa kamu gunakan contohnya yaitu, Google drive, Dropbox, Onedrive, dan lainnya. Untuk memanfaatkan fitur ini, kamu bisa menggunakan layanan gratis ataupun berbayar. Umumnya untuk layanan gratis, akan terbatas jumlah penyimpanannya. Namun tenang, kamu bisa menambah ruang penyimpanan aplikasi cloud dengan memanfaatkan layanan penyimpanan berbayar.

6. Hapus File Chatting dan SMS Secara Berkala

Aplikasi yang sering kita buka di smartphone umumnya adalah aplikasi chatting. Dalam aplikasi chatting akan banyak sekali fiel baik berupa teks dan gambar-gambar yang lama kelamaan jika tidak kita hapus akan memenuhi memori internal smartphone. Untuk itu, kamu jangan lupa untuk melakukan backup file di aplikasi chatting. Setelah melakukan backup, jika memang file tersebut tidak lagi penting sebaiknya kamu hapus saja. Ingat ya backup dulu baru hapus, untuk berjaga-jaga agar jika file-nya penting masih ada cadangannya. Selain aplikasi chatting, kamu juga perlu untuk menghapus pesan atau sms yang nggak lagi penting. Meski nggak berpengaruh banyak, namun cara ini bisa juga untuk membuat memori internalmu jadi lebih lega.

Kesimpulan

Itulah Tips Jitu Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh di Smartphone. Agar ruang penyimpanan smartphone mu tetap lega, kamu bisa gunakan cara-cara di atas ya. Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada saran atau kritik silahkan tulis di kolom komentar ya.

Oh iya, buat kamu yang ingin berkreasi ada beberapa artikel menarik nih. Jangan lupa baca Cara Menggunakan Sonic Candle Audio Spectrum dan Download Video dari Twitter Tanpa Aplikasi, Sangat Praktis!!.

Jangan lupa juga untuk subscribe supaya tidak ketinggalan informasi terbaru dan menarik dari PANDUANBS. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.