PanduanBs
Home » Blogging » Cara Meningkatkan SEO pada Artikel yang Pendek

Cara Meningkatkan SEO pada Artikel yang Pendek

Cara Meningkatkan SEO pada Artikel yang Pendek

SEO Friendly masih menjadi dambaan bagi para content writer. Selain mengundang banyak pengunjung dan berada di halaman pertama mesin pencari, ada kesenangan sendiri di dalamnya. Ya, pastinya kita bangga dengan kerja keras kita, kita bisa membuat artikel yang SEO. Namun, apakah artikel SEO harus memiliki banyak kata?

Jawabannya adalah tidak. Artikel SEO tidak bergantung pada banyaknya kata, tetapi isi dan konten di dalamnya yang berpengaruh. Ketika artikel panjang pun, jika di dalamnya tidak menarik, orang-orang enggan membacanya. Disini panduanbs akan sedikit memberikan sebuah gambaran dan penjelasan seputar artikel SEO lagi. Pembahasan kali adalah “Bagaimana membuat artikel yang singkat tapi SEO friendly”.

Berikut ini cara membuat artikel yang singkat tapi SEO Friendly.

Baca juga: Cara Pasang Iklan di Google Mudah dan Cepat

Judul Postingan
Judul postingan dari pixabay.com

Bagian Judul

Seperti yang sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya, judul salah satu hal terpenting dalam SEO. Pemilihan judul yang pas dan tepat mampun mendongkrak peluang menjadi yang teratas di mesin pencari. Perhatikan isi judul, minimal memuat 4 kata dengan 60-71 karakter di dalamnya. Lebih pun tidak apa-apa, jika judul itu menarik dan mengundang pengunjung untuk mengunjunginya.

Selalu selipkan kata kunci utama di bagian judul. Dalam peletakannya, lebih depan lebih baik. Pilihlah kata kunci yang memang benar-benar dicari orang, jangan hanya sekedar memilih kata kunci. Kata kunci ini yang akan kita bahas dan kita tekankan pada isi postingan kita nantinya.

Tulisan SEO
tulisan SEO dari beberapa pecahan dari pixabay.com

Bagian Artikel

Judul sudah, selanjutnya artikel. Panjang artikel yang pendek setidaknya memuat sekitar 400 lebih kata di dalamnya. Kurangi basa-basi yang tidak perlu dan tidak ada hubungannya dengan isi postingan. Mengapa demikian? karena kita berbicara masalah artikel yang pendek, sehingga tidak terlalu memikirkan banyak kata.

Artikel pendek sangat berguna bagi content writer jika tidak terdapat inspirasi banyak dan tidak ada hal yang perlu dijelaskan secara rinci. Artikel pendek juga bisa dimanfaatkan sebagai pengisi blog yang kosong. Namun  demikian, tetap harus menjaga konteks di dalamnya jangan hanya sekedar memuat postingan singkat.

Selipkan kata kunci utama di beberapa paragraf postingan. Jangan terlalu sering tapi jangan terlalu sedikit juga. Postingan yang SEO dan singkat adalah postingan yang ditekankan pada isi kontennya. Padatkan isi kontennya, buat seringkas mungkin, tapi tetap menarik untuk dibaca.

Baca juga: Cara Mudah Meningkatkan SEO pada Artikel

Masukkan Gambar pada postingan
Masukkan Gambar pada postingan

Selipkan minimal satu gambar

Walaupun artikelnya sedikit, selipkan minimal satu gambar di dalamnya. Tentu gambar yang sesuai dengan isi postingan tersebut. Perhatikan juga penggunaan gambar dalam postingan. Selalu isi ‘alt’ atau deskripsi dari gambar tersebut. Minimimalisasi mencuri gambar dari internet, gunakan penyedia layanan gambar gratis seperti pixabay.com misalnya.

Google search engine
Google search engine

Link Internal dan Eksternal

Tambahkan juga link eksternal dan internal setidaknya satu hingga dua link. Link internal adalah link yang berhubungan dengan postingan lain di blog atau web kita. Hal ini akan membuat postingan yang menarik. Tambahkan link-link artikel dari blog atau web kita yang memiliki potensi baik.

Sedangkan link eksternal adalah link yang mengarah ke luar. Pilihlah link-link yang memiliki tingkat optimasi SEO yang tinggi misalnya google, facebook, dan semacamnya. Ada peluang jika kita memasukkan link eksternal yang lebih populer.

Baca juga: Freelancer dan Bagaimana Mengembangkan Bisnis Sebagai Seorang Freelancer

Kesimpulan

Dalam menulis artikel pendek yang SEO, setidaknya ada empat hal yang harus dipahami yakni Judul, Artikel, gambar, dan link. Untuk judul aturannya sama seperti postingan sebelumnya. Artikel setidaknya mengandung 400 kata di dalamnya, disertai gambar, dan link eksternal maupun internal. Dengan terus melakukan optimasi, blog perlahan akan muncul di halaman pertama google.

Itulah artikel singkat tentang bagaimana membuat artikel singkat tapi SEO Friendly. Jangan lupa kunjungi postingan menarik lainnya. Sampai ketemu lagi di panduanbs.

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.