PanduanBs
Home » News » 10 Tips Sebelum Membeli Laptop Baru bagi Pemula

10 Tips Sebelum Membeli Laptop Baru bagi Pemula

Tips membeli laptop baru bagi pemula

Mau beli laptop baru? Ketahui dulu tips membeli laptop baru bagi pemula. Di era teknologi yang semakin berkembang saat ini. Penggunaan alat elektronik menjadi kebutuhan yang nggak bisa terhindarkan bagi kehidupan manusia modern. Baik untuk dunia kerja, ekonomi, pendidikan, dan lainnya, semua bergantung pada teknologi. Salah satu perangkat teknologi atau alat elektronik yang menjadi kebutuhan banyak orang saat ini adalah laptop. Namun, terkadang masih banyak orang yang masih bingung gimana caranya beli laptop yang tepat? Buat kamu khususnya pemula, kali ini tim PanduanBS menyajikan 10 Tips Sebelum Membeli Laptop Baru bagi Pemula. Tanpa berlama-lama lagi berikut rangkumannya.

1. Ketahui kebutuhan, sesuaikan dengan tujuan penggunaan

Tips membeli laptop baru bagi pemula pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tujuan penggunaan. Pastikan tujuan kamu membeli laptop baru itu nantinya mau dipakai buat apa?. Apakah untuk melakukan pekerjaan yang ringan-ringan saja, seperti mengetik, mendengarkan lagu, atau streaming film?. Atau untuk penggunaan berat seperti render file-file besar dan bermain game dengan grafis tinggi. Menentukan tujuan penggunaan atau mengetahui kebutuhan ini sangat penting, agar nantinya kamu bisa menentukan kira-kira spesifikasi laptop dan juga budget atau anggarannya. Jika kebutuhan penggunaan laptop untuk pekerjaan ringan saja, tentu tidak perlu spesifikasi tinggi dan juga budget yang mahal. Sebaliknya, jika kamu butuh laptop dengan performa yang tinggi maka kamu perlu mencari laptop dengan spesifikasi yang mumpuni dan tentunya harga yang sesuai.

2. Tentukan spesifikasi laptop yang diinginkan

Setelah menentukan kebutuhan atau tujuan penggunaan, selanjutnya kamu bisa menyesuaikan spesifikasi yang kamu perlukan. Usahakan menentukan spesifikasi ini secara detail ya, supaya laptop baru yang kamu beli benar-benar sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Kamu bisa memilih buat beli laptop hybrid atau non-hybrid. Kamu juga bisa tentukan laptop dengan ukuran dan berat berapa yang kamu inginkan. Jika kamu perlu laptop untuk pekerjaan ringan, mungkin ukuran RAM, processsor, VGA tidak perlu yang terlalu tinggi. Tapi jika kamu perlu laptop dengan kinerja yang sangat tinggi, RAM, processor, VGA menjadi komponen yang sangat perlu kamu pertimbangkan. Pertimbangan lain yangg nggak kalah penting adalah penyimpanan, apakah kamu nyari yang HDD atau SSD?. Model atau desain dari laptop juga menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli laptop baru.

3. Sesuaikan jumlah budget/anggaran

Tahap selanjutnya adalah menentukan budget atau anggaran. Setelah kamu tau tujuan penggunaan dan spesifikasi yang kamu inginkan, kamu bisa menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Misalnya, kamu perlu laptop dengan tujuan penggunaan buat nge-game berat, maka kamu perlu laptop dengan spesifikasi yang sesuai, yaitu laptop gaming. Laptop dengan spesifikasi untuk game biasanya memiliki RAM, VGA, dan processor yang mumpuni dan sudah dirancang dengan kebutuhan game. Untuk harganya cukup bersaing, tiap brand akan menyediakan harga yang berbeda-beda. Tapi umumnya, laptop gaming memiliki harga di kisaran 15-20 juta. Jika kebutuhanmu adalah laptop untuk aktivitas ringan seperti mengetik, memutar musik dan streaming film, laptop seharga 3-5 juta sudah cukup untuk kebutuhan ini.

Penentuan budget ini memang terasa sedikit mahal di awal, tapi jika kamu bisa menghitung cost per use-nya akan jadi terlihat lebih murah. Misalkan budget yang kamu tentukan adalah 8 Juta, estimasi penggunaan laptopmu adalah hingga 4 tahun. Maka bisa kamu hitung cost per use-nya sebagai berikut 8.000.000/(365×4) hasilnya = 87.671. Jadi berdasarkan cost per use tersebut, penggunaan per hari estimasinya adalah 87.671. Oh iya, penentuan cost per use tersebut belum termasuk biaya service jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan. Rumus cost per use adalah berikut: harga/(365 x estimasi pemakaian berapa tahun).

4. Riset produk dan harga

Setelah menentukan kebutuhan, spesifikasi, dan budget, selanjutnya kamu bisa melakukan riset produk dan harga. Untuk laptop, banyak sekali brand dan model laptop yang bisa kamu list dengan rentang harga dan kriteria yang telah kamu tentukan. Kamu bisa menyusun list tersebut menggunakan Micrososft Excel atau Spreadsheet. Setelah mengerucut pada satu produk, kamu bisa menentukan untuk membelinya.

5. Beli Online atau Offline

Selanjutnya kamu bisa menentukan untuk beli online atau offline. Kalau kamu ragu beli online, sebaiknya kamu beli langsung dengan mendatangi toko fisiknya. Dengan cara ini relatif lebih aman karena kamu sudah mengetahui barang yang akan kamu beli. Jika kamu mau beli secara online, tim PanduanBS kasih tau beberapa tips yang semoga bisa membantu, langsung aja baca next step-nya ya.

6. Cek kredibilitas toko

Membeli barang elektronik khususnya laptop secara online meman harus berhati-hati, apalagi nominal yang akan kita keluarkan bukanlah jumlah yang sedikit. Kita sebaiknya menjadi pembeli yang cerdas, dengan melakukan riset sebelum membeli. Selain riset terhadap laptop yang akan kita beli, kita juga harus melakukan riset terhadap onlineshop atau lapak toko online yang akan kita beli produknya. Cara sederhana untuk melakukan cek atau melihat kredibilitas toko, adalah melalui review dan rating-nya. Jika rating toko online tersebut bagus dan review yang tersedia juga memuaskan, bisa jadi indikasi bahwa toko tersebut memang kredibel. Selain itu, kita juga perlu melihat jumlah produk terjualnya. Semakin banyak produk terjual, semakin banyak rating dan review-nya, maka bisa menjadi catatan bahwa toko online tersebut memang terpercaya.

7. Tanya kelengkapan barang

Sebagai pembeli, nggak ada salahnya buat kita tanya-tanya seputar produk yang akan kita beli. Jangan ragu buat bertanya, terutama tanyakan kelengkapan barang yang akan kita beli. Kelengkapan yang dimaksud di sini, meliputi isi dari paket yang akan kita terima. Lalu apakah ada garansi resmi dari distributor dan adakah garansi dari toko. Jika membeli secara online, jangan ragu menanyakan bagaimana teknik packing-nya dan kamu juga bisa request ekspedisi yang akan dipakai. Semakin cepat laptop barumu datang tentu kamu pasti senang dong?.

8. Pastikan menggunakan metode pembayaran yang aman

Jika kamu membeli barang secara online, khususnya di marketplace, pastikan menggunakan metode pembayaran yang aman. Gunakanlah platform pembayaran yang disediakan oleh marketplace tersebut, umumnya setiap marketplace sudah menyediakan rekening bersama. Jangan melakukan transfer pembayaran di luar platform marketplace atau atas nama pribadi. Jika kamu masih ragu, gunakan saja fitur pembayaran COD (Cash on Delivery) jika memang tersedia.

9. Cek kondisi barang setelah sampai

Saat paketmu sudah dikirim dan sampai, jangan langsung membuka paketmu tersebut. Banyak toko online menyarankan untuk melakukan unboxing dengan merekam, hal ini supaya ada bukti jika terjadi masalah sama paketmu. Buat bikin video unboxing nggak perlu yang ribet-ribet kok. Cukup gunakan kamera HP mu, rekamlah proses membuka packingnya, dan rekam kondisi barang atau laptop barumu tersebut.

10. Berikan review dan rating

Setelah proses transakasi selesai, jangan lupa buat memberi rating dan juga review singkat. Mungkin hal ini terdengar sangat sepele dan remeh, tapi review dan rating sangat penting bagi toko online dan juga calon pembeli lain. Kalau kamu merasa puas dengan pelayanan dan produk yang kamu beli, jangan ragu buat memberi review dan rating yang bagus. Sebaliknya, jika kamu tidak puas dengan pelayanan toko online, kamu juga bisa memberikan review jujur atas transaksi yang telah kamu lakukan.

Kesimpulan

Buat beli laptop baru, kamu perlu melakukan riset atas tujuan penggunaan, spesifikasi, tentukan budget, dan lakukan perbandingan riset produk dan harga. Setelah itu, kamu juga bisa menentukan mau beli offline atau online?. Jika kamu mau membeli laptop baru secara online, coba cek dulu kredibilitas toko, tanyakan kelengkapan barang yang akan kamu beli, lalu gunakan metode pembayaran yang aman. Setelah barangmu sampai, cek secara detail kondisi barang, setelah itu beri review dan rating terhadap toko online tempatmu membeli laptop baru. Selanjutnya kalau kamu masih bingung juga hal apa yang perlu dicek saat beli laptop baru, berikut tim PanduanBS rangkum dalam 9 Hal yang harus dicek saat beli laptop baru atau bekas. Gimana? sudah yakin mau beli laptop baru?

Add comment

Subscribe

AdBlocker Message

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.